Cara Mudah Membuat Proposal Lengkap

Ketika ingin membuat suatu usaha atau suatu kegiatan dalam rangkaian acara, tentu Anda harus mendeskripsikan tempat, rincian dana, rangkaian acara, waktu, dan sebagainya ke dalam sebuah proposal.

Cara Mudah Membuat Proposal Lengkap
Cara Mudah Membuat Proposal Lengkap

Tentu Anda harus membuat proposal dengan detail untuk usaha atau kegiatan tersebut, dan ditujukan oleh pihak kunci dalam terwujudnya tujuan Anda tersebut. Nah, cara membuat proposal yang mudah dan lengkap bisa Anda pelajari di bawah ini.

Cara Membuat Proposal

Dalam membuat proposal Anda harus menyajikan berbagai penjabaran detail di antaranya:

  • Tujuan utama kegiatan yang hendak dicapai
  • Proses bagaimana mencapai tujuan tersebut
  • Proses kegiatan yang akan diselenggarakan agar dapat mencapai tujuan tersebut

Agar pihak kunci yakin dengan tujuan Anda, penting penjabaran di atas sebagai cara membuat proposal yang paling mendasar.

Selanjutnya Anda harus mengisi berbagai hal wajib dalam membuat proposal sebagai berikut:

  • Nama proposal
  • Pendahuluan
  • Tujuan Kegiatan
  • Bentuk atau/jenis kegiatan
  • Bagaimana Pelaksanaannya
  • Lampirkan siapa saja panitia pelaksana
  • Lampirkan rincian biaya
  • Harapan dari kegiatan tersebut
  • Lampiran penting lainnya

Umumnya, membuat proposal yang baik dan lengkap harus berisi data-data seperti berikut ini:

1. Pendahuluan

Dalam bab ini Anda harus mendeskripsikan hal-hal penting dan kondisi secara umum atau alasan penting lainnya mengapa Anda hendak melaksanakan kegiatan. Di sini juga Anda harus secara rinci mendeskripsikan bagaimana hubungan dan manfaat kegiatan tersebut berefek pada kehidupan secara nyata. Anda harus menggunakan metode SWOT, yaitu harus menunjukkan Strength dari pihak Anda selaku pembuat acara/kegiatan/usaha, Weakness yang ada, Opportunities atau kesempatan, dan Threats atau ancaman yang mungkin menghambat pelaksanaan.

2. Dasar Pemikiran

Di bagian ini Anda harus mendeskripsikan mengenai berbagai hal dasar yang digunakan dalam pelaksanaannya nantinya. Sama seperti menggunakan dasar teori ketika membuat skripsi atau tesis.

3. Tujuan

    Apa hasil atau tujuan yang hendak diwujudkan dari kegiatan. Cara membuat proposal yang baik adalah dengan penyampaian tujuan yang jelas dan beralasan sesuai faktanya.

4. Tema

    Tema bermanfaat agar lebih memahami isi proposal.

5. Jenis Kegiatan

    Jelaskan bentuk kegiatan yang akan dijalankan dalam bagian ini.

6. Target

Setelah mendeskripsikan tujuan, di sini Anda harus membuat poin-poin apa saja yang menjadi target untuk menjelaskan tercapai atau tidaknya tujuan dari kegiatan yang dibuat. Ini menjadi tolak ukur kegiatan tersebut.

7. Sasaran/Peserta

Siapa saja yang menjadi peserta atau target yang Anda tuju untuk mengikuti rangkaian acara/usaha.

8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

9. Anggaran Dana

10. Susunan Panitia

Uraikan susunan panitia yang sistematis mulai dari ketua hingga staf dari divisi masing-masing.

11. Jadwal Kegiatan

12. Penutup

Isi bagian ini dengan harapan dan permohonan atas dukungan dengan kata-kata yang halus dan sopan, serta alasan yang baik agar pihak kunci mau menerima proposal dan mewujudkan acara/usaha Anda. Tutup dengan lembar pengesahan proposal dan sertakan lampiran.

Itulah cara membuat proposal yang lengkap dan sangat mudah. Yang terpenting dari cara membuat proposal ini adalah Anda harus memiliki alasan dan dasar pemikiran yang baik untuk melaksanakan acara/kegiatan.

Setelah itu Anda dan seluruh panitia dalam acara tersebut harus memiliki persiapan yang matang dengan penentuan jadwal, biaya, dan persiapan teknis lainnya. Semoga cara membuat proposal ini dapat membantu melancarkan berbagai tujuan dalam kegiatan yang akan Anda buat.

0 Komentar