Cara Cepat Buat Skripsi di Era Digital

Daftar Isi

Cara Cepat Buat Skripsi - Bagi seluruh adik mahasiswa ataupun siapa saja yang sedang melakukan penelitian skripsi, tesis maupun disertasi saya akan menjelaskan 6 (enam) tips yang harus dilakukan. Asal anda tahu saja bahwa semua tips akan mudah dikerjakan yang penting anda bersiap meluangkan waktu untuk melakukannya. Adapun cara cepat buat skripsi adalah :

Cara Cepat Buat Skripsi di Era Digital
Cara Cepat Buat Skripsi di Era Digital

1. Gunakan Textbook Digital

Cara Cepat Pertama adalah gunakan texbook Digital. Dengan menggunakan teks book digital bisa anda bayangkan betapa  mudahnya dari gadget atau notebook anda bisa dengan enjoy membaca texbook yang sangat tebal dan jika anda senang melakukannya maka pengerjaan skripsi anda akan jauh lebih cepat. Anda setiap saat bisa mengintip (daftar pustaka) dan membuka kembali di waktu - waktu senggang. Dari sini anda banyak mendapatkan kutipan atau footnote untuk nantinya dijadikan sebagai sumber pustaka. Namun sekali lagi yang perlu anda tahu ke mana skripsi anda akan mengalir dan berakhir.

2. Gunakan Fasilitas Search

Cara cepat kedua adalah gunakan fasilitas search. Anda perlu tahu bahwa untuk bisa menemukan satu frasa yang mendukung statement anda dalam skripsi atau tesis  haruslah didukung sumber otentik dari tulisan ilmiah. Namun tidak mungkin kita membaca buku di mana 1 buku isinya sampai ratusan halaman. Ide paling sederhana yakni menggunakan search engine mencari kata kunci PDF READER misalnya dengan aplikasi ADOBE READER kemudian cari kata kunci yang anda inginkan. Anda harus mengumpulkan dulu FOOTNOTE dulu dari subyek yang anda baca.

Dan anda tentunya tidak perlu mencari kata kunci pada texbook digital sampai begadang karena, melalui Adobe Reader anda bisa mencari kata kunci di mana kata kunci tidak perlu banyak di search, cukup misalnya RELATIONSHIP, nantinya Kata kunci tersebut akan bergabung dengan kalimat dalam 1 paragraf. Selanjutnya anda tinggal menekan ENTER lalu menyalin paragraf yang mengandung kata kunci pada microsoft word dan Jangan Lupa Catat Halaman dan identitas buku tersebut seperti Pengarang, Judul Buku dan penerbit.

3. Kumpulkan

Setelah anda mendapatkan kata kunci kumpulan kata kunci dari pencarian cata sesuai klasifikasi buku beserta judul buku, halaman, pengarang dan peneribit. Setelah anda menemukan kata kunci perbuku maka anda harus mencatat atau mengkopy langsung di microsoft word sehingga nantinya jika dibutuhkan dengan mudah dapat di buka kembali. (Upayakan ringkasan 1 texbook disimpan dalam 1 file) Berikut contoh mengambil kutipan dan Footote dengan kata kunci GORDON

4. Print dan Baca Ulang

Jadi saatnya yang anda lakukan adalah memprint hasil pencarian dan baca ulang. Namun yang perlu dipahami bahwa anda tidak perlu membaca buku yang terkadang 500 halaman Namun anda hanya akan membaca potongan – potongan tulisan yang sesuai dengan topik skripsi atau tesis anda yang merupakan Intisari dari buku tersebut. Dan hal ini bisa menghemat waktu anda untuk membaca hingga 50%.

5. Mulai Tulis Skripsi

Mulailah menulis skripsi anda, dengan melakukan comotan terhadap teks – teks yang relevan sambil membuat catatan kaki / tinjauan pustaka dan anda bebas berimprovisasi dengan sebaik baiknya. Gunakan waktu 2 jam perhari untuk menulis.

6. Sempurnakan Isi Skripsi

Setelah skripsi dan tesis anda sudah dirasa berbobot dengan siraman footnote maka pastikan kembali ke awal untuk menghindari skripsi anda melebar. Ingat Footnote hanya menguatkan anda bukan malah skripsi dan anda terbawa bawa dengan footnote. 

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar