Breaking News

Deskripsi Customer Service Perusahaan

Bagaimana perasaan Anda ketika mendapati customer service yang cuek ketika Anda sedang butuh bantuannya? Sebagai contoh pada saat kartu telepon Anda mengalami masalah, atau menanyakan prosedur layanan rumah sakit ataupun pelayanan hotel di mana Anda menginap.

Customer service ini malah menunjukkan wajah kesal dan tidak memberikan bantuan. Tentu Anda pun menjadi balik kesal dan bahkan marah. Tidak jarang karena ulah customer service tersebut yang menjadi sasarannya adalah pihak perusahaan telekomunikasi ataupun rumah sakit atau hotel. sehingga Anda tidak mau lagi menggunakan jasa mereka.

Deskripsi Customer Service Perusahaan

Dari contoh kasus ini dapat dilihat bahwa seorang customer service merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Maka dari itu, deskripsi pekerjaan customer service bisa mencakup harus punya kecerdasan dan mampu membaca kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Seseorang yang gampang marah, tidak memerhatikan orang lain, gampang emosi dan bersikap memandang rendah pelanggan tentu tidak pantas punya pekerjaan sebagai customer service.

Deskripsi Pekerjaan Customer Service

Oleh karena itu, pekerjaan customer service tidak dapat dipandang sebelah mata. Hal ini dikarenakan mereka bisa dibilang adalah cerminan perusahaan. Untuk itu pula sebuah perusahaan yang bergerak dalam pelayanan jasa atau penjualan wajib membutuhkan pegawai customer service yang berpengalaman dan pintar.

Dalam dunia bisnis pun begitu, customer service sangat dibutuhkan maka dari itu pekerjaan tersebut tidak bisa dianggap remeh. Seorang customer service yang cerdas bahkan bisa meningkatkan omset yang diterima oleh perusahaan.

  • Bagaimana cara menjadi seorang customer service yang baik? Apakah mereka harus berparas cantik dan tampan? Setidaknya beberapa poin berikut akan menjelaskannya:
  • Customer service haruslah pandai bersikap ramah pada para pelanggan dan pengguna layanan jasa perusahaan.
  • Punya kemampuan yang baik dalam meyakinkan pelanggan untuk menggunakan jasa atau produk perusahaan.
  • Mampu membuat para pelanggan nyaman untuk bertanya tentang jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Mampu bersikap supel kepada para pelanggan baru, bukan hanya pelanggan lama.

Dengan punya sikap dan sifat seperti yang disebutkan di atas maka pelanggan pun berkeinginan untuk datang kembali ke tempat perusahaan tersebut. Tidak menutup kemungkinan pula dan bahkan sering kali, mereka yang merasa puas dengan produk atau jasa perusahaan dan merekapun akan mempromosikannya lagi pada teman dan kerabat mereka.

Untuk Anda yang membuka bisnis dan menyediakan customer service untuk melayani pelanggan, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara praktis berikut ini:

  • Customer service diajarkan untuk meminta pelanggan untuk kembali dengan cara ramah.
  • Membuat email dan nomor layanan yang muda diakses oleh pelanggan.
  • Pakai mesin penjawab ataupun voice mail jika Anda tidak ada di tempat.
  • Anda bisa mengirimkan kepada pelanggan apakah bingkisan, tiket nonton gratis, voucher belanja dan sebagainya. Tidak lupa pula membuat catatan kecil tentang produk Anda.
  • Mengadakan gathering bersama pelanggan guna memelihara silaturahmi dan kedekatan antara Anda dan pelanggan.
  • Mengirimkan hadiah menarik pada pelanggan potensial.
  • Menata ulang kantor terutama pada bagian dimana Anda menerima pelanggan yang datang.

Dengan layanan pelanggan yang maksimal maka pelanggan pun merasa puas. Customer satisfaction ini bisa dibilang satu kunci sukses yang paling mutakhir untuk menaikkan pamor perusahaan atau usaha yang Anda punya. Anda bisa yakin para pelanggan akan setia pada layanan Anda jika memperlakukan pelanggan dengan baik.

Sementara itu, jika seorang customer service memperlakukan secara buruk para pelanggannya maka bukan tidak mungkin yang tercemar adalah perusahaan atau usaha Anda. Nah, untuk itu penting untuk memperkerjakan Customer service yang handal yang tahu dan paham dengan deskripsi pekerjaannya sebagai customer service.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close