-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Membuat Penyusunan Rencana Bisnis – Awal Menentukan!

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T11:27:26Z

Membuat penyusunan rencana bisnis merupakan satu awal yang menentukan. Langkah ini harus dilakukan oleh seorang pengusaha ketika ingin memulai bisnis. Tentu sangat bijaksana karena dengan menyusun rencana bisnis maka Anda bisa memprediksi apa saja yang dibutuhkan serta apa yang harus dilakukan. Apapun bisnis yang akan dilakoni, semua butuh rencana.

Membuat Penyusunan Rencana Bisnis – Awal Menentukan!

Namun sayang memang sering sekali langkah membuat penyusunan rencana bisnis ini diabaikan. Padahal dengan punya penyusunan rencana bisnis, Anda punya format yang bisa dijadikan sebagai langkah-langkah untuk mencapai tujuan bisnis Anda – sebuah business plan.

Penyusunan rencana bisnis sendiri adalah kumpulan dokumen yang menyatakan keyakinan terhadap kemampuan sebuah bisnis guna menjualkan barang atau jasa. Dengan begitu akhirnya Anda bisa memperoleh profit yang menarik dan tinggi untuk investor. Menarik investor pun memang bisa menjadi bagian dari rencana bisnis Anda untuk mengembangkan lagi perusahaan Anda melalui suntikan modal dari mereka.

Di dalam sebuah konsep penyusunan rencana bisnis tentu butuh perincian-perincian baik untuk jangka waktu pendek atau pun jangka waktu panjang bagi sebuah perusahaan. Ini menjadi semacam bukti yang dapat meyakinkan calon investor atau mitra usaha pada usaha yang sedang Anda jalankan.

Penyusunan rencana bisnis itu sendiri meliputi berbagai hal berikut ini:

  • Manajemen perusahaan, yakni mengenai kejelasan sistem tata kinerja perusahaan.
  • Keadaan fisik dari bangunan yang akan kita tempati sebagai lokasi perusahaan.
  • Produk yang akan dihasilkan oleh perusahaan.
  • Pegawai dan tenaga kerja staff untuk perusahaan.
  • Sistem informasi tentang market perusahaan.
  • Perincian mengenai laba dan kemungkinan rugi.
  • Perhitungan neraca.
  • Prediksi Cash Flow selama 2 tahun ke depan.
  • Strategi yang akan dipakai oleh perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan.

Pentingnya Penyusunan Rencana Bisnis

Mengapa penting sebuah penyusunan rencana bisnis sebelum memulai target bisnis Anda? Ternyata punya rencana memberikan manfaat yang begitu besar sehingga sebaiknya tidak boleh memandang sebelah mata terhadap sebuah perencanaan. Beberapa manfaatnya antara lain adalah:

  • Penyusunan rencana bisnis akan berguna untuk penetapan dan memusatkan tujuan Anda sehingga memanfaatkan keterangan dan analisis yang memang akurat dan sesuai.
  • Rencana bisnis dapat dimanfaatkan sebagai suatu ‘alat penjualan’ yang dapat memulai hubungan dengan para pemberi pinjaman, bank atau pun investor.
  • Rencana bisnis bisa dimanfaatkan juga untuk menghimpun pendapat dan masukan dari orang lain. Nasehat tersebut tentu akan lebih baik lagi berasal dari mereka yang pernah berkecimpung di dalam bisnis yang akan Anda kembangkan ini. Namun masih banyak pengusaha yang tidak memedulikan nasehat dari para ahli dan lebih memilih sikap “suka-suka gue, kan bisnis gue sendiri”. Namun sebaiknya kita tidak berprinsip seperti itu tetapi mau belajar.
  • Dengan punya rencana bisnis, Anda bisa mengungkapkan segala kelemahan atau pun kelalaian di dalam proses perencanaan bisnis Anda tersebut.

Tahukah Anda bahwa ada baiknya jika sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis yang Anda targetkan, Anda bisa bekerja pada orang lain yang sedang bergelut dalam bisnis tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk belajar mengenai bisnis yang prospektif. Di sini Anda akan mengetahui kesenjangan antara konsep Anda dengan kenyataan di lapangan.

Nah, setelah punya pengetahuan mengenai bisnis tersebut, Anda pun tahu apa saja yang akan dimasukkan dalam penyusunan rencana bisnis tersebut. Setidaknya Anda tidak hanya bersandar pada konsep diri sendiri tetapi juga sudah paham mengenai kenyataan di lapangan. Yang pasti dengan punya rencana, semacam ada pegangan kuat yang sudah Anda miliki dalam menjalankan bisnis sehingga meminimalisir kegagalan. Salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update