Breaking News

Bunda Inilah Makanan Sehat Untuk Balita 3 - 5 Tahun

Anak dalam usia balita memang menjadi tanggung jawab besar seorang ibu terutama dalam memikirkan menu makanan balita yang sehat dan semua asupan gizi bisa terpenuhi. Sebenarnya kita tidak usah bingung karena makanan sehat yang bisa memenuhi kebutuhan anak usia balita ada di sekeliling kita dan mudah untuk didapatkan. kita harus jeli dalam memilih berbagai bahan makanan yang sehat yang bisa memberi manfaat untuk perkembangan si buah hati.

Makanan Sehat Untuk Balita 1 Sampai 3 Tahun

Makanan Balita Yang Sehat
Ilustrasi Makanan Sehat Balita

Balita membutuhkan makanan yang sehat untuk tumbuh kembang tubuh dan otak. Lalu apa saja makanan sehat untuk balita? nah di bawah ini ada beberapa makanan yang cocok diberikan untuk balita usia 3 sampai 5 tahun diantaranya sebagai berikut :

1. Buah

Dalam memberikan makanan kepada si buah hati tidak lupa kita berikan buah sebagai makanan pelengkap, meskipun buah sedikit mengandung karbohidrat dan protein namun buah menjadi sumber mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Kandungan air yang ada di dalam buah bisa menjaga kadar cairan di dalam tubuh si kecil.

Kandungan yang terdapat dalam buah merupakan sumber alami antioksidan, kalsium, vitamin, zat besi dan lain-lain. Selain itu juga buah bermanfaat sebagai obat sembelit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil, maka dari itu jadikanlah buah sebagai menu makanan si buah kecil untuk memastikan asupan nutrisi si kecil terpenuhi.   

2. Sayuran

Sayuran hijau-hijauan sangat banyak sekali kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh si buah hati. Biji-bijian juga sangat penting karena biji-bijian berfungsi untuk tumbuh kembangnya si buah hati seperti toge yang mengandung protein yang tinggi yang membantu proses pertumbuhan dan perkembangan si buah hati.

Kita sebagai seorang ibu harus pandai berkreasi dalam menyajikan menu untuk si buah hati untuk menyajikan sayur dan biji-bijian dengan sajian resep yang disukai oleh anak seperti biji-bijian kacang hijau yang dijadikan menu bubur, tumis sayuran hijau dan lain sebagainya. 

3. Jus Lemon dengan Madu 

Nutrisi yang terkandung di dalam minuman lemon dan dicampur dengan madu sangat baik untuk tubuh si buah hati salah satunya madu yang berfungsi untuk kekebalan tubuh yang alami. Cara membuatnya juga mudah dan minuman ini baik untuk dikonsumsi setiap hari sebelum si kecil memulai aktivitas di pagi hari. 

4. Oat atau Oatmeal 

Oat dan gandum memang sudah lama dikenal di kalangan masyarakat khususnya yang punya kebiasaan hidup sehat, tapi oat dengan gandum itu berbeda karena oat ini dikenal dengan nama havermut bisa dimakan langsung dan baik untuk si kecil.

Untuk si kecil oat sangat banyak sekali manfaatnya diantaranya adalah  meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pertumbuhan tulang, membantu menangkal radikal bebas dan menyehatkan sistem pencernaan. Oat ini juga bisa digunakan untuk bahan cemilan si kecil.

Oat merupakan salah satu bahan yang terkandung dalam sereal yang disenangi oleh anak-anak. Oat banyak mengandung karbohidrat, oat juga salah satu makanan yang dapat meningkatkan perkembangan otak si kecil selama proses perkembangan otaknya. Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B dan zinc yang akan membantu perkembangan otak dan tubuh sikecil. 

5. Makanan yang Berasal dari Telur 

Telur mengandung banyak protein yang sangat penting membantu perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Telur juga bisa memberikan energi yang cukup membantu si kecil untuk aktivitas sehari-hari, apalagi kalau si kecil sangat aktif dalam kesehariannya.

Sebagai orang tua anda bisa membuat telur bervariasi dalam penyajiannya seperti telur dadar yang disajikan dengan mencampur sayuran ke dalamnya sehingga si kecil mendapatkan asupan gizi yang sempurna. 

6. Susu 

Susu merupakan asupan gizi yang sangat penting untuk si buah hati karena susu mengandung kalsium tinggi, protein dan beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Susu juga bisa diolah menjadi keju. yang mengandung nutrisi yang baik untuk anak. Susu juga bisa di buat campuran untuk membuat kue untuk camilan si kecil. Peranan susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. 

7. Daging Sapi Bebas lemak 

Daging sapi merupakan makanan sumber zat besi yang dapat membantu membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di setiap aktivitas anak. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber zat besi terbaik karena mudah diserap oleh tubuh dan juga mengandung zinc yang membantu memelihara daya ingat si kecil. 

8. Sayuran Berwarna 

Sayuran berwarna seperti tomat, wortel atau labu adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Makanan ini dipercaya membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel pada tubuh si kecil. Semakin segar dan cerah warna sayuran maka makin tinggi kandungan antioksidannya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan yang sehat untuk balita usia 3 sampai 5 tahun mudah-mudahan bisa memberikan kemudahan pada bunda untuk memilih sajian atau menu si kecil. Dengan memberikan menu sehat yang bervariasi maka si kecil tidak mudah bosan kemudian kebutuhan gizi yang terkandung pada menu tersebut cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close