Breaking News

Tips Persiapan Wawancara Kerja untuk Kesan Terbaik

Wawancara kerja merupakan salah satu tahap paling penting dan sekaligus menentukan yang wajib Anda lewati. Pada saat perekrutan pegawai baru dan Anda melamar pekerjaan ke perusahaan yang sedang membuka lowongan tersebut maka Anda harus siap menghadapi secara tatap muka dengan pihak perusahaan.

Tips Persiapan Wawancara Kerja untuk Kesan Terbaik
Tips Persiapan Wawancara Kerja untuk Kesan Terbaik

Ini merupakan kesempatan pertama untuk dapat bertemu langsung dengan calon atasan Anda, maka dari itu berilah kesan pertama yang terbaik pada mereka. Nah, untuk mengatasi semua hal tersebut -diperlukan persiapan wawancara kerja yang matang.

Apa-apa saja yang tercakup dalam persiapan wawancara agar Anda menunjukkan penampilan terbaik? Setidaknya beberapa poin berikut akan membantu Anda tampil sempurna dalam wawancara kerja sehingga berpeluang besar diterima dan masuk ke tahap selanjutnya.

Persiapan pakaian

Yang pertama kali berkesan pada orang lain dari kita pastinya adalah penampilan fisik. Hal itu tidak dipungkiri dan tak bisa ditolak. Maka untuk menunjukkan kesan pertama yang baik, kenakanlah pakaian rapi dan sopan. Perhatikan kebersihan dan kerapian pakaian Anda dengan benar-benar. Persiapkan pakaian yang akan Anda kenakan pada hari wawancara beberapa hari sebelumnya, bukan pada saat hari wawancara. Dengan begitu Anda tidak perlu terburu-buru yang akhirnya membuat Anda gugup ketika wawancara.

Makan sebelum berangkat

Kemungkinan besar Anda tidak akan tahu berapa lama wawancara akan berlangsung. Oleh karena itu, persiapan fisik dengan makan sebelum berangkat wawancara sangat penting. Dalam keadaan kenyang tentu Anda lebih bisa berpikir jernih, bukan? Atau yang lucunya karena lapar, Anda jadi terus berpikir apakah perut Anda akan mengeluarkan bunyi-bunyian aneh? Sungguh memalukan ‘kan?

Datang lebih awal

Apalagi jika Anda belum tahu pasti lokasi tempat wawancara, ada baiknya untuk datang lebih awal atau mencari tahu lokasi sehari sebelumnya. Dengan Anda datang lebih awal, Anda tidak harus membuat pihak pewawancara menunggu Anda sehingga mengurangi nilai. Anda pun tidak perlu terburu-buru dan bisa relaks sejenak sebelum saatnya Anda dipanggil masuk untuk wawancara.

Persiapan tutur bahasa

Tutur bahasa merupakan penilaian penting ketika wawancara kerja. Maka dari itu, pakailah tutur bahasa sewajarnya yang tidak di luar etika. Ada baiknya untuk menggunakan istilah-istilah yang bersifat modern dan intelektual agar memberi kesan pada pihak pewawancara -namun jangan berlebihan pula.

Persiapan bahasa tubuh

Lakukan latihan persiapan wawancara kerja mencakup bahasa tubuh Anda ketika wawancara nanti. Beberapa hal yang seharusnya Anda lakukan adalah: menyapa pihak pewawancara pada saat Anda memasuki ruangan dengan senyuman dan salam serta dapat menyebut namanya.

Tidak ketinggalan untuk menjabat tangan mereka dengan erat dan percaya diri. Dengan menjabat tangan pihak pewawancara pada saat sebelum wawancara dimulai akan memberikan efek psikologis yang baik. Anda bisa merasa lebih kenal dan dekat sehingga lebih leluasa menjawab berbagai pertanyaan mereka.

Setelah wawancara

Sikap Anda setelah selesai wawancara pun harus diperhatikan untuk kesan terbaik. Sebelum meninggalkan ruangan wawancara, Anda bisa menanyakan pada pihak pewawancara kapan kira-kira mereka akan menghubungi Anda. Nah, dengan begitu Anda bisa tahu sampai kapan harus menunggu, bukan? Apabila sampai saat yang mereka sampaikan tersebut Anda tidak dihubungi maka Anda tidak perlu berharap berlama-lama menanti hasil.

Semua hal perlu persiapan, termasuk pula persiapan wawancara kerja. Dengan melakukan persiapan yang baik tentu Anda akan memberikan kesan terbaik bagi para pihak pewawancara. Setidaknya Anda sudah memberikan yang terbaik dan tidak ada penyesalan ini-itu -apapun hasilnya nanti.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close