Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Blogger Sukses [Edisi 2021]

Menjadi blogger memang bukan suatu hal yang mudah, selain butuh kesabaran kita juga harus selalu merawat blog kita dengan rutin dan benar. Karena jika kita merawat blog dengan asal-asalan, hasilnya blog akan turun peringkatnya di mesin pencari dan website tidak kunjung mendapatkan hasil.

Tapi, anda tidak usah bingung karena pada artikel ini kami akan membagikan tips tentang cara menjadi blogger yang sukses. Tips ini dari saudara kami sesama blogger yak!… Jadi sobat gak usah khawatir akan kebenaran informasi dan tips dalam artikel ini.

Cara Menjadi Blogger Sukses


Berikut ini cara menjadi blogger sukses [Edisi ]

1. Gabung ke Komunitas

Komunitas itu penting banget. Gabung ke komunitas blogger bakal ngebantu kamu buat dapet ilmu, tips ngeblog, info job, dan sebagainya. Dulu sebelum aku gabung ke komunitas, aku nggak tahu nih kalau blog itu ternyata perlu topik atau niche spesfik.

Jadi, aku nulis apa aja gitu yang aku mau. Topiknya sesuka aku. Begitu masuk komunitas, aku baru tahu soal niche Soal SEO dan banyak lainnya. cara meningkatkan traffic website gratis

Jadi, gabung ke komunitas itu bakal mempermudah kamu buat dapat ilmu dan update terus dengan perkembangan dunia blogging

2. Terus Belajar Hal Baru

Ketika kamu terjun ke dunia blog, kamu bakal sadar kalau mental “mau terus belajar” itu penting. Soalnya gini, Ngeblog itu bukan cuma soal nulis. Ya kamu memang perlu belajar untuk meningkatkan skill nulis, tapi itu aja nggak cukup.

Ketika ngurus blog, kamu otomatis perlu belajar,

a. Google Analytics.

Ini dipakai biar kamu tahu konten apa yang dibutuhkan pembacamu. Kalo enggak pakai ini, kamu cuma bisa raba-raba aja gitu. Mungkin menurutmu satu topik itu menarik, tetapi ternyata menurut orang lain nggak. Kalau terlanjur nulis, kayak gitu kan sayang ya. Udah ngeluarin tenaga untuk bikin konten tapi ternyata nggak ada yang baca. Nah itu gunanya Google Analytics.

b. foto.

Kamu nggak selamanya bisa mengandalkan photo stock dari internet. Apalagi kalau kamu punya blog beauty & lifestyle. Otomatis, kamu perlu belajar buat ambil foto sendiri. Belajar cara pakai kamera, cara ngatur objek foto dan lighting, edit foto, sampai optimasi.

c. SEO

Biar websitemu dapet banyak pengunjung, kamu perlu melakukan optimasi SEO. Mulai dari yang teknis, on-page, sampai yang off-page. 

d. Skill lainnya

Ada banyak skill yang bagus buat kamu pelajari. Tentu ini sesuai kebutuhan dan sebenernya nggak wajib sih emang. Cuma bakal bantu banget kalau emang kamu serius ngeblog. Aku sendiri jadi belajar soal SEO dan website gara-gara niche blogku.

Aku juga belajar cara bikin backlink Anchor. Jadi blogku nggak cuma bisa dibaca aja, tapi juga bisa didengerin.

Intinya,

sebagai blogger kamu akan belajar banyak hal. Jadi, jangan takut untuk mulai. Jangan sampai merasa intimidated hanya karena belum tahu tentang sesuatu. Karena sebenarnya, kita sebagai blogger bakal terus belajar

3. Berkomunikasi dengan Baik

Kamu ngeblog dan bikin konten itu kan intinya soal komunikasi. Ya kan?

Kamu menyampaikan sesuatu dan orang lain menyimak kadang juga membalas. Kamu pasti mau dong direspons atau diajak ngobrol secara baik-baik?

Jadi ya…

pastikan kamu memulai komunikasi dengan cara yang baik juga.

Gimana caranya?

Yang pertama, Sebisa mungkin hindari menyebarkan hoax, informasi yang belum tentu benar, atau konten apapun yang potensi viral tapi bukan karena manfaatnya.

Mungkin engagement dan traffic ke blogmu bakal besar. Tapi buat apa dong kalo misalnya itu semua bakal membuat reputasimu jelek? Itu tadi pertama.

Nah, yang kedua, pastikan kamu selalu membalas komentar. Entah itu komentar blog, mention atau komen atau DM di Instagram dan juga Twitter atau bisa juga di email. Selain membalas, kamu juga bisa bertanya dulu ke pembaca blog atau followersmu. 

Ketiga, jadi diri sendiri dan tunjukkan sisi personal. Hidupmu bukan cuma soal blog aja kan?

Jadi, kamu punya temen-temen, punya hobi, kerjaan, dan lain sebagainya. Nah tunjukkan sisi personal itu. Karena, kalau kamu berusaha keras menjadi orang lain alias banyak “”pencitraan” orang justru malah merasa aneh, nggak nyaman, dan nggak percaya sama kamu.

4. Konsisten

Ini penting banget kalau kamu mau jadi blogger sukses. Soalnya, baaanyak banget orang mau jadi blogger tapi ujung-ujungnya gagal karena kurang konsisten. Pertanyaannya, gimana caranya untuk konsisten?

Nah, kamu bisa mulai dulu dari membuat target kecil. Misalnya, menulis 500 kata setiap hari atau publish artikel tiap minggu dan sebagainya. yang penting rutin.

Selain pakai target, kamu bisa juga meluangkan waktu khusus untuk ngeblog. Jadi kamu memaksimalkan slot waktu khusus hanya untuk ngurus blog. Lakukan terus sampai jadi kebiasaan.

Kalau aku sendiri, sekarang lebih memilih untuk memanfaatkan waktu setelah jam kerja atau weekend saat nggak ada kerjaan. Jadi ya nggak harus tiap hari gitu.

Tapi selagi ada waktu dan tenaga buat bikin konten aku berusaha untuk konsisten melakukannya.

5. Sabar

Nggak ada sesuatu yang instan. Mie instan aja perlu waktu buat dimasak.

Iya, kan?

Toh, butuh 3-6 bulan buat satu post itu kelihatan performance-nya dan dapat ranking di Google. Jadi, sabar. Semuanya butuh waktu. Semuanya butuh proses. Dan kamu nggak bisa buat blog dan tiba-tiba jadi terkenal gitu aja.

Daripada bingung dan meragukan diri sendiri Mendingan kamu pakai waktumu untuk terus belajar, tetep produktif bikin konten, dan cari temen di komunitas blogger.

Usaha nggak akan mengkhianati hasil kok. Jadi, Itu panduan blogging dan tips menjadi blogger sukses dari Pustakawan Barru.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Blogger Sukses [Edisi 2021]"