Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Berani Coba? Ini Dia Daftar 5 Kuliner Ekstrem Indonesia Loh!

Senin, 13 Juni 2022 | Juni 13, 2022 WIB Last Updated 2022-06-14T06:32:52Z

Bukan hal yang aneh lagi jika di negara kita ini ada banyak jenis masakan daerah berbeda-beda, kan? Sebab, Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan. Ada banyak suku, daerah yang tentunya memiliki ciri khas dan kuliner tradisional tersendiri. Namun, bagaimana dengan kuliner ekstrem?

Daftar 7 Kuliner Ekstrem Indonesia

Apakah kamu pernah tahu apa saja daftar kuliner ekstrem Indonesia? Sebab, keanekaragaman ini juga menimbulkan hal yang unik. Terutama tentang makanan. Berburu kuliner baru pasti menjadi hobi banyak orang, sayangnya tidak semua orang memiliki nyali mencoba makanan ekstrem. Dan, jika kamu penasaran apa saja makanan tersebut, yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Paniki

Jika kamu belum tahu apa itu Paniki, kamu bisa langsung bertanya pada orang Minahasa. Paniki sendiri merupakan nama olahan makanan yang terbuat dari daging kelelawar. Kelelawar? Ya, benar! Namun, bukan sembarangan kelelawar yang diolah.

Yang dipilih untuk dimasak dan dibumbui dengan santan ini adalah kelelawar pemakan buah. Sebab, jenis ini memiliki bentuk tubuh dan postur yang lebih besar. Sehingga, orang yang menikmati hidangan ini menjadi lebih puas dan mudah kenyang.

2. Sabeta

Sabeta, Kuliner ekstrem Indonesia

Siapa nih yang pernah membayangkan memakan olahan dari ulat? Jangan keburu jijik ya! Masyarakat di Papua sudah terbiasa mengkonsumsi ulat kok! Tepatnya adalah ulat sagu. Bahkan, tidak sedikit yang langsung mengkonsumsi saat masih mentah atau masih hidup, hiy!

Jika kamu belum pernah mencoba pasti membayangkannya saja sudah jijik, kan? Padahal, di Papua, mengkonsumsi ulat sagu bukan hal yang aneh lagi. Jenis ulat ini biasa mereka gunakan untuk menggantikan pasokan daging. Sabeta sendiri adalah nama olahan sate dari ulat sagu yang masih hidup atau sudah dibakar terlebih dahulu.

3. Rempeyek Laron

Mendengar nama rempeyek atau peyek mungkin bukan hal baru lagi. Namun, tahukah kamu jika isian dari keripik ini terbuat dari laron? Jika kamu belum tahu apa itu laron, maka cobalah lihat serangga yang sering mengerumuni lampu saat musim hujan.

Laron ini memiliki sayap tipis mirip sayap belalang. Namun, sayap tersebut mudah copot. Dan jika susah copot, maka laron akan melata seperti ulat dengan bagian tubuh berwarna kecokelatan. Uniknya lagi, di daerah istimewa Yogyakarta, laron banyak diolah menjadi rempeyek. Berani, icip-icip tidak?

4. Lawar

Lawar, Kuliner ekstrem Indonesia

Pernah mendengar nama kuliner lawar, belum? Jika belum, maka kamu harus mengunjungi Bali sekali-kali. Sebab, lawar berasal dari kota Bali ya guys. Jika melihat tampilan secara sekilas, pasti kamu tidak menyangka ini adalah salah satu jenis kuliner ekstrem Indonesia.

Sebab sekilas mirip dengan urap atau lalapan biasa. Namun, tahukah kamu jika bahan yang digunakan dan cara pengolahan lawar termasuk luar biasa? Lawar sendiri biasanya banyak dihidangkan ketika ada upacara adat di Bali. Pembuatan lawar menggunakan olahan daging babi, darah binatang dan campuran sayuran. Yang paling unik adalah fakta di mana lawar tidak dimasak melainkan dicour begitu saja dalam keadaan mentah!

5. Torpedo

Sudah bisa membayangkan jenis masakan ekstrem apa di daftar kelima ini, apa belum? Torpedo adalah makanan olahan yang berasal dari testis kambing. Dan tahukah kamu mengapa banyak orang Jawa yang mengkonsumsinya? Konon dipercayai sebagai obat kuat alami dan bisa meningkatkan libido, loh. Tapi, jika kamu tidak biasa memakan masakan dari olahan bagian kelamin binatang, pasti menjijikkan, bukan? 

×
Berita Terbaru Update