Breaking News

Pertimbangkan Pilihan Karir Bekerja dari Rumah

Pilihan karir bekerja dari rumah memang sangat cocok terutama bagi para ibu rumah tangga. Dengan bekerja dari rumah, para ibu dapat tetap mengurus dan mendidik anak secara maksimal. Waktu yang digunakan juga dapat lebih efektif tanpa perjalanan pulang pergi ke kantor dan mengalami kemacetan.

Selain menguras waktu, perjalanan ke kantor sebenarnya juga menguras tenaga, di mana pada umumnya para karyawan harus berangkat lebih pagi untuk menghindari kemacetan dan pulang lebih petang karena menghadapi kemacetan.

Pertimbangkan Pilihan Karir Bekerja dari Rumah

Karir bekerja dari rumah tentu lebih efisien dan produktif, khususnya bagi Anda yang menekuni bidang penerjemahan, laporan, atau penulisan. Ketiga bidang ini dapat dilakukan dari rumah karena tidak membutuhkan banyak koordinasi. Sedangkan beberapa pekerjaan lain, misalnya accounting, membutuhkan komunikasi teratur dengan pihak kantor dan koordinasi dengan rekan lainnya sehingga tidak memungkinkan untuk dikerjakan dari rumah. Jadi, Anda harus bijaksana dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda.

Selain memiliki kelebihan dalam hal mengatur jam kerja sendiri, karir bekerja dari rumah ternyata juga memiliki kelemahan di bidang lain. Misalnya jika usaha tersebut mengharuskan terjadinya interaksi dengan pembeli atau orang lain, maka tentu tidak cukup efisien mengundang orang-orang yang belum dikenal untuk datang ke rumah.

Merupakan suatu tantangan untuk membedakan antara lingkungan kerja dan lingkungan rumah tangga sehingga pekerjaan terkadang dapat mengganggu kenyamanan keluarga.

Masalah lainnya adalah memastikan rumah tersebut cukup nyaman dan layak untuk mewakili usaha. Meskipun demikian, masalah-masalah demikian masih dapat diatasi, seperti mengadakan pertemuan dengan konsumen di tempat umum lainnya, di taman atau kafe. Kemudian menyewa kotak pos untuk menerima berbagai surat yang berkaitan dengan bisnis serta menggunakan mesin penjawab telepon jika Anda sedang tidak dapat menanggapinya agar penelepon bisa meninggalkan pesan.

Nah, masalah paling sulit dan paling umum dihadapi oleh para ibu yang memilih karir bekerja dari rumah adalah memisahkan antara urusan bisnis dan urusan rumah tangga. Bagaimana tantangan yang satu ini dapat dihadapi? Dengan menerapkan saran berikut!

Tips Menjalankan Karir Bekerja dari Rumah

Menjaga Privasi

Cara pertama agar karir bekerja dari rumah dapat berjalan dengan lancar adalah mempersiapkan ruangan kerja tersendiri. Jagalah privasi Anda dengan mengunci pintu saat sedang bekerja.

Perencanaan yang Matang

Perencanaan ini mencakup memberikan nama untuk usaha Anda, nomor telepon yang akan digunakan untuk menjawab pelanggan, alamat, dan email jika dibutuhkan. Kemudian, persiapkan website sebagai media yang akan digunakan untuk memperkenalkan bisnis rumahan Anda kepada banyak orang.

Ketenangan

Saran ini membutuhkan kerja sama dan pengaturan yang maksimal di antara anggota keluarga. Misalnya dari pihak Anda, Anda bisa memanfaatkan waktu yang tenang ketika anak-anak sedang berada di sekolah. Sedangkan dari pihak anak-anak dan anggota keluarga lainnya, berikan penjelasan mengenai jam kerja Anda agar mereka dapat mengerti dan bersama-sama menciptakan ketenangan di rumah.

Pengorganisasian

Aturlah ruang kerja Anda sebaik mungkin agar Anda dapat bekerja dengan nyaman. Pastikan barang-barang yang berkaitan dengan pekerjaan berada di tempat yang mudah dijangkau dan tidak sulit ditemukan. Bila perlu gunakan beberapa lemari dan laci untuk menyimpan berkas-berkas dan perlengkapan lainnya.

Ketika Anda sudah mengatur waktu seefektif mungkin untuk pekerjaan rumah dan bisnis, namun masih merasa konsentrasi Anda terganggu, kemungkinan besar Anda perlu menerapkan saran yang terakhir.

Gantungkan tulisan pada pintu ruangan kerja yang dapat menunjukkan bahwa Anda sedang tidak boleh diganggu atau membutuhkan konsentrasi yang serius. Bagaimanapun juga, masalah tidak akan tuntas dengan sempurna. Yang terpenting, peganglah prioritas Anda dalam menekuni karir bekerja dari rumah. Tekad dan keseriusan Anda secara perlahan akan mendapat dukungan yang nyata dari para anggota keluarga!

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close