Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Osi : Pesona Jembatan Kayu Estetik!

Sudah pernah mengunjungi Maluku belum? Jika kamu berkunjung di Maluku kamu harus mampir ke salah satu pulau eksotis di Provinsi ini loh! Memang tidak luas, namun pulau ini memiliki daya pikat dan pesona luar biasa. Nama pulau tersebut adalah Pulau Osi. Jika kamu penasaran dan melihat di media online. Kamu pasti menemukan sebuah pulau yang dikelilingi oleh jembatan kayu estetik dan indah.

Baca Juga : Pantai Ora : Maldives Tersembunyi Di Maluku

Jangan takut jika harus berjalan atau menggunakan kendaraan melintasi jembatan kayu tersebut. Sebab, jembatan yang mengelilingi pulau ini kuat kok walaupun terlihat sedikit rapuh. Dan, menjelajahi jembatan kayu tersebut adalah salah satu kesenangan tersendiri loh. Namun, kamu yang ingin menjelajahi pulau ini harus rela jalan kaki ya!

Pulau Osi : Pesona Jembatan Kayu Estetik!
Pulau Osi : Pesona Jembatan Kayu Estetik!

Sebab, kamu hanya bisa menggunakan mobil terakhir di desa Pelita Jaya. Desa ini masih berada di kawasan Pulau Seram. Sedangkan Pulau Osi berada 2 km di depan Pulau Seram loh ya! Jadi, satu-satunya cara untuk menyeberang hanya dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor melintasi jembatan kayu. 

Sebenarnya, jembatan kayu yang mengelilingi pulau ini tersebar dan menghubungkan 5 pulau. Namun, nama setiap pulau tersebut lebih dikenal dengan nama Osi. Padahal ya, setiap pulau sejatinya memiliki sebutan berbeda.

Hutan Mangrove Baluti Jalanan Pulau Osi

Salah satu alasan mengapa kamu wajib mengunjungi pulau ini karena akses jalan unik yang mereka miliki. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Jika kamu hendak datang ke daratan pulau ini, maka kamu harus rela berjalan kaki. Atau, kamu bisa menggunakan sepeda motor dan ojek motor. Tentu saja, kamu harus melewati jembatan kayu yang merupakan dermaga unik.

Bagi yang belum pernah berkunjung pasti menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Dan, ini adalah tantangan di mana kamu harus "uji nyali". Ya, kebanyakan wisatawan baru berkunjung pasti takut jembatan tersebut runtuh. Dan uniknya lagi, kamu bisa menikmati pesona hutan bakau sepanjang jalan menuju Osi.

Jalanan ini juga yang sering diambil melalui bagian atas. Ya, tidak sedikit wisatawan yang mencoba bantuan drone agar bisa melihat pemandangan indah hutan mangrove dari atas. Kamu yang menjelajah pasti merasakan asrinya jalanan di sepanjang jembatan kayu ini.

Keindahan Resort Terapung

Selain menjelajahi jembatan kayu, kamu juga bisa menikmati resort terapung kok. Jadi, jika masih ingin bersantai dan berlama-lama di kawasan ini, kamu bisa memilih salah satu resort terbaik. Kebanyakan resort menyediakan kamar-kamar terapung. 

Pernah melihat gambaran Maldives? Nah, seperti itulah kira-kira pemandangan di resort ini. Bahkan, tersedia keramba juga loh guy! Sehingga, kamu yang gemar memancing atau mencari ikan sendiri, bisa menggunakan keramba tersebut.

Baca Juga : Yuk Intip Keindahan Pulau Kei, Surga Tersembunyi Di Maluku

Ekosistem Laut Memukau

Bukan sekedar cerita dari mulut ke mulut saja kok! Air laut di kawasan Pulau ini memang masih sangat terjaga. Bahkan, kamu bisa melihat bagian dasar air laut ketika berada di tepi-tepi jembatan loh! Jadi, jangan heran jika banyak pengunjung datang membawa peralatan langsung secara pribadi. Misalnya perlengkapan berenang hingga perlengkapan snorkeling.

Sebab memang sangat menggoda untuk terjun ke air dan menikmati ekosistem bawah laut. Tentu saja kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang. Ada banyak ikan dengan berbagai jenis juga loh! Pasti kamu betah berlama-lama dan menikmati pemandangan pagi hingga sore menjelang malam di sini. Apalagi jika datang bersama keluarga atau pasangan, seru pokoknya!