Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aturan & Tips Bergaul di Tempat Kerja

Pustakawan Barru - Tempat kerja bisa dibilang merupakan salah satu tempat di mana kita harus bersosialisasi dengan berbagai macam orang. Ada beragam orang dengan berbagai latar belakang di tempat kerja, oleh karena itu perlu adanya beragam sifat yang dimiliki oleh masing-masing karyawan tersebut.

Aturan & Tips Bergaul di Tempat Kerja

Dari 7 hari yang ada dalam seminggu, paling tidak Anda menghabiskan waktu 5 hari di tempat kerja. Dari waktu 24 jam yang ada dalam satu hari, minimal Anda menghabiskan waktu selama 8 jam di tempat kerja bersama rekan-rekan kerja Anda.

Maka dari itu, ada aturan dan tips bergaul di tempat kerja. Ini semua bermanfaat untuk menjaga kerukunan di antara sesama pekerja dan tentunya juga dengan atasan. Dengan begitu pula, perusahaan bisa bergerak dengan baik karena masing-masing mempertahankan profesionalisme bekerja.

1. Bergaul dengan atasan

Orang pertama dan terutama yang harus dijaga baik-baik hubungan Anda dengannya adalah dengan atasan. Tidak hanya punya hubungan yang baik di mana hanya tegur-sapa tetapi juga Anda dituntut pintar berkomunikasi dengannya. Mengapa? Apabila Anda ada melakukan kesalahan maka atasan yang harus bertanggung jawab. Apabila Anda belum mengerti mengenai satu pekerjaan maka tempat Anda bertanya tentunya atasan. Ketika memberi penilaian terhadap Anda dan kemungkinan adanya konversi gaji maka atasanlah yang punya wewenang untuk itu. Tips bergaul di tempat kerja dengan atasan adalah bersikap terbuka sejak awal.

Apabila Anda punya kesulitan dan masalah mengenai pekerjaan, Anda bisa menyelesaikannya dulu sendiri. Jika benar-benar ‘mentok’, barulah Anda bertanya pada atasan. Begitulah seharusnya etika bekerja dengan atasan. Namun tidak ada salahnya pula jika berdiskusi tentang pekerjaan atau sesekali topik di luar pekerjaan.

2. Bergaul dengan bawahan

Secara struktural, Anda sudah pasti diketahui adalah atasan oleh bawahan. Maka dari itu, sebenarnya Anda tidak perlu menunjukkan sikap otoriter atau sok berkuasa. Terbalik dari itu, Anda bisa mendekati bawahan secara pribadi supaya mereka mengikuti arahan bukan atas dasar perintah tetapi dengan senang hati. Apabila bawahan berbuat salah, ada baiknya untuk membicarakan baik-baik empat mata. Hindari untuk menegur apalagi memarahi bawahan di depan banyak orang. Ini hanya akan menjadi bumerang bagi Anda. Begitu juga dengan mereka yang adalah lebih tua ataupun senior.

3. Bergaul dengan lawan jenis

Aturan dan tips bergaul di tempat kerja dengan lawan jenis perlu kehati-hatian. Sangat dibutuhkan sikap profesional tanpa kesan sombong. Pembicaraan pribadi sah-sah saja asal dalam batas-batasnya dan tidak bergaul terlalu intensif. Apalagi jika Anda sudah pasangan dan teman lawan jenis itu juga sudah punya, ini dilakukan untuk menghindari fitnah di tempat kerja yang bisa juga berefek pada hubungan Anda dengan pasangan dan pekerjaan.

4. Bergaul dengan public enemy

Di satu tempat kerja di mana pun itu pasti ada saja seseorang yang punya banyak musuh. Ini dikarenakan dia mungkin terlalu patuh, terlalu tegas dan lain sebagainya. Di sini motivasi untuk diri Anda sendiri sangat dibutuhkan untuk tidak ikut-ikutan dengan orang lain. Bergaul saja secara sepantasnya. Jika ada yang tidak baik dari dia maka tidak perlu dimasukkan ke hati, namun jika ada kebaikannya ya dengarkan. Anda tidak perlu menambah daftar musuhnya ‘kan? Anda juga tidak mau punya musuh, bukan?

Nah, dengan mengikuti aturan dan tips bergaul di tempat kerja ini -semoga pekerjaan Anda pun berjalan dengan baik dan sukses. Anda pun dapat bekerja dengan hati tenang dan profesionalisme menjadi prioritas.