Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Pilihan Kerja Part Time yang Bisa Anda Coba

Kerja part time - Kebutuhan hidup semakin hari semakin meningkat harganya. Banyak orang berpikir bahwa dengan satu pekerjaan saja, mereka tidak akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan hidup mereka.

Terlebih lagi bagi mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki banyak anak. Ya, hampir kita semua menginginkan adanya pekerjaan sampingan untuk memperoleh penghasilan tambahan dalam hidup yang serba sulit ini.

Berbagai Pilihan Kerja Part Time Bagi Anda
Berbagai Pilihan Kerja Part Time Bagi Anda

Namun, sebelum memutuskan untuk menambah pekerjaan atau mengambil kerja part time di sela-sela rutinitas Anda sehari-hari, pertimbangkan keuntungan serta kerugiannya. Memang, dari segi manfaat, Anda bisa memperluas pengetahuan dan wawasan Anda dengan adanya pekerjaan baru, kenalan dan relasi juga bertambah, dan terutama memberikan penghasilan tambahan bagi Anda.

Namun, kerugiannya bisa berdampak bagi Anda dan keluarga. Banyaknya pekerjaan tentu membutuhkan lebih banyak konsentrasi. Tenaga dan pikiran benar-benar dapat terkuras jika memiliki lebih dari satu pekerjaan sehingga pada akhirnya berakibat buruk pada kesehatan juga. Dampak bagi keluarga adalah dalam hal waktu, di mana komunikasi bisa saja berkurang ataupun waktu liburan.

Pilihan Kerja Part Time dan Kiat Menentukannya

1. Wartawan

Pekerjaan sebagai wartawan dapat dijadikan kerja part time, terutama bagi Anda yang sangat berminat di bidang jurnalistik atau gemar mencari tahu dan mengambil informasi mengenai berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar. Anda bisa mencoba menjadi wartawan baik di daerah lokal atau nasional, dengan mengirim hasil liputan Anda melalui website yang sudah disediakan. Yang pasti, berita yang Anda sampaikan dapat dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

2. Entertainment

Dalam bidang ini, Anda bisa bekerja part time sebagai pemcawa acara pada pesta pernikahan atau menyanyi di restaurant atau cafe yang menyediakan jasa hiburan. Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam memainkan musik, manfaatkan sebaik-baiknya untuk menghasilkan uang.

3. Restaurant

Kerja part time di restaurant juga merupakan pilihan yang bagus mengingat banyak lowongan yang terbuka di sana yang bisa dilakukan tanpa harus sepenuh waktu. Misalnya, pada akhir pekan biasanya pengunjung akan bertambah banyak. Nah, pada saat itu, mereka membutuhkan pelayan tambahan. Jadi, Anda bisa bekerja hanya untuk waktu-waktu tertentu saja. Atau, jika Anda memiliki keahlian memasak, dapat melamar sebagai koki tambahan dan berbagai pekerjaan lainnya.

4. Otomotif

Dalam dunia otomotif pun tersedia pekerjaan yang dapat dilakukan part time. Anda bisa mengunjungi perbengkelan di sekitar Anda dan menawarkan jasa untuk memodifikasi atau memperbaiki mesin kendaraan. Pekerjaan ini cukup fleksibel dalam urusan waktu karena Anda bisa menawarkan jasa ketika mereka membutuhkan saja.

5. Lembaga Sosial

Lowongan kerja part time di lembaga sosial ada bermacam-macam, seperti dalam hal menangani anak yatim, mengelola sedekah, atau ditugaskan di tempat-tempat umum untuk mengumpulkan dana sedekah dari orang-orang di sekitar tempat tersebut. Atau, Anda bisa menjadi relawan untuk membantu dalam melaksanakan berbagai event ramadhan, misalnya acara buka puasa bersama, dan sebagainya. Selain bermanfaat, bekerja part time seperti ini pastinya akan menjadi suatu berkah dan menambah pahala bagi diri Anda sendiri.

6. Penerbitan

Pada umumnya, bagian penerbitan membuka lowongan sebagai penulis freelance, editor, atau bagian marketing yang tidak terikat dengan waktu. Namun, Anda akan dihadapkan dengan target atau deadline sehingga Anda harus benar-benar siap. Meskipun gajinya mungkin tidak begitu besar, setidaknya dapat menambah uang saku bagi Anda yang sangat gemar menulis atau mampu memasarkan buku.

7. Pendidikan

Nah, pekerjaan ini juga tidak kalah menarik untuk disimak. Di lembaga pendidikan, Anda bisa melamar sebagai tenaga pengajar, baik itu untuk privat ataupun umum. Jika Anda diterima menjadi pengajar di kursus pendidikan, biasanya Anda hanya bekerja selama 2-3 jam saja untuk satu hari.

Selain berbagai pilihan kerja part time di atas, banyak perusahaan saat ini juga sudah membuka lowongan yang tidak mengharuskan full time atau memakai shift atau pergantian waktu.

Contohnya menjadi operator, bagian konveksi, ataupun resepsionis. Yang terpenting dalam mencari kerja seperti ini adalah memilih jenis pekerjaan yang memang mampu dan Anda sukai sehingga Anda bisa melakukannya dengan senang hati dan hasilnya pun baik.

Kemudian, jangan lupakan kesehatan dan pilihlah waktu kerja yang tidak terbentur dengan pekerjaan utama. Izin keluarga tidak boleh diabaikan demi kelancaran pekerjaan itu sendiri.

Ya, pilihlah kerja part time yang bersifat positif karena tidak jarang di zaman sekarang ini, apapun dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika kita melihat berbagai kejadian di media massa, ada yang bekerja part time sebagai para tindak kriminal  dll. Namun, ada pula yang ternyata menjadi guru di pagi hari dan ketika sore hari dia bekerja sebagai pemulung atau tukang ojek.

Ada pula seorang profesor dan pengusaha sukses yang bekerja part time menjadi relawan untuk mengajar di pedesaan atau mengelola panti asuhan. Kesimpulannya, jangan menyerah pada tekanan hidup untuk melakukan pekerjaan negatif. Masih banyak lowongan kerja part time yang tersedia di sekitar kita jika kita benar-benar berusaha dan sungguh-sungguh mencarinya!