Perhatikan 2 Tips Cepat Index dari John Mueller, Sang Empuhnya Google!

Daftar Isi

John Mueller dari Google menjawab pertanyaan dari seorang admin website toko online yang halamannya tidak diindeks. Mueller kemudian memberikan kiat diagnostik khusus, dan merekomendasikan beberapa tips membuat situs diindeks. Menurut Mueller, Google terkadang membutuhkan sebuah dorongan atau sinyal untuk mengindeks seluruh situs.

Perhatikan 2 Tips Cepat Index dari John Mueller, Sang Empuhnya Google!

Situs Web Tidak Terindeks Menyeluruh

Pertanyaan seorang admin tersebut berdasarkan pengalamannya ketika mencoba mengecek status indeks websitenya. Dia mengecek status indeks websitenya dengan menggunakan teknis pencarian google site:websitesaya.com.

Setelah dia mencari hal tersebut ternyata tidak seluruh halaman situs webnya muncul di hasil pencarian Google, maka dari itu dia bertanya-tanya apa penyebab sebuah website atau situs web tidak terindeks secara menyuluruh.

Berikut pertanyaan yang diajukan:

“Jadi ada situs web… yang membutuhkan… waktu lebih lama untuk diindeks. Dan situasi saat ini adalah, saya memiliki 170 halaman valid di Search Console.

Tetapi ketika saya memeriksanya melalui google dengan cara site:websitesaya.com, hanya muncul tiga, empat, terkadang lima halaman.

Jadi itu sudah terjadi selama tiga sampai empat bulan sekarang.

Saya tidak yakin bagaimana cara yang benar mulai sekarang.

Ini… situs toko online dan punya sekitar kurang dari 500 halaman produk. “

Dan dari pertanyaan tersebut, John Mueller kemudian meluruskan satu hal penting mengenai teknik pencarian tersebut.

Menurut Mueller, teknik mengecek status index website dengan cara di atas tidak dapat dijadikan sebuah patokan resmi, dan bukanlah alat diagnostik yang tepat.

Berikut ini jawaban langsung dari John Mueller:

“Jadi, secara umum, saya tidak akan khawatir tentang perbedaan antara hasil pencarian menggunakan site:websitesaya.com dengan apa yang ditampilkan Search Console.

Dalam praktiknya, teknis tersebut tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk tujuan diagnostik.

Jadi terkadang Anda melihat angka yang sangat berbeda.

Dan untuk beberapa situs, Anda melihat angka yang jauh lebih rendah. Untuk situs lain, Anda melihat angka 100 kali lebih besar.

Dan pada dasarnya, angka yang kami tampilkan di hasil kueri situs dioptimalkan untuk kecepatan dan untuk memberikan (jenis) gambaran tentang situs web.

Tapi mereka tidak dioptimalkan untuk menjadi komprehensif.

Jadi, di situlah angka Search Console akan berguna. ”

Google Butuh Sinyal atau Dorongan Untuk Mengindeks Seluruh Website Anda

Selanjutnya Mueller menjelaskan mengapa melakukan promosi penting untuk situs yang lebih kecil yang perlu diindeks, hal tersebut karena kadang Google membutuhkan sebuah sinyal atau dorongan.

“Dan jika dapat dilacak dengan baik, hal berikutnya yang akan saya pertimbangkan adalah apa yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan situs web Anda sedikit lebih baik.

Dan itu bisa menjadi sesuatu seperti mendorong pengguna untuk datang berkunjung, mungkin dengan membeli iklan, mungkin dengan bekerja sama dengan orang lain untuk sementara waktu hanya untuk (semacam) memulai.

Bisa juga jika Anda adalah situs toko online atau terutama jika Anda adalah situs bisnis lokal kecil, mungkin ada kamar dagang lokal yang akan tertarik untuk menautkan ke situs web Anda untuk memberi Anda sedikit informasi tambahan .

Sehingga ketika sistem kami melihat situs web Anda, sistem akan melihat bahwa situs Anda adalah resmi.

Adapun Mueller menambahkan bahwa transisi dari noindex ke mengindeks konten dapat menjadi penyebab sebuah website tidak terindeks sepenuhnya. Seperti pada kasus di mana website tiba-tiba hilang dari Google. Misalkan ketika kita baru melakukan setting noindex ke index maka ada baiknya menunggu beberapa waktu, dan memberikan sinyal atau dorongan kepada robot Google untuk segera mengindeksnya.

Dia juga mencatat bahwa alat validasi tidak mencerminkan kemampuan Google untuk mengindeks halaman, melainkan hanya cara untuk memberikan informasi kepada penerbit.

2 Tips Utama Untuk Cepat Terindeks

Tips pertama adalah dengan terus melakukan promosi situs web Anda di berbagai platform.

Misalnya di platform Media Sosial, Google akan melacaknya sebagai Social Signal.

Maka dari itu ketika udah membuat sebuah artikel, ada baiknya di share di sosial media. Hal ini merupakan salah satu kegiatan wajib yang kami lakukan. Untuk di facebook misalnya bisa lakukan promosi di berbagai grup grup facebook yang sesuai niche.

Tips kedua adalah dengan Citation.

Citation ini sama seperti backlink pada umumnya tetapi lebih fokus ke website bisnis lokal atau toko online.

Google mengcrawl situs web melalui tautan yang menghubungkan satu situs web ke situs web lain. Dan menurut Mueller, tidak perlu banyak cara untuk membuat Google mengindeks lebih banyak situs web.

Lalu apa bedanya citation dengan backlink?

Pada citation, kita juga harus melampirkan “NAP” (Name, Address, Phone Number).

Praktiknya sama seperti penggunaan halaman Author yang harus konsisten di berbagai website. Citation juga harus sama di semua website yang kita cari backlink.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar