Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Artikel

Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop Dengan Mudah

| Juli 02, 2022 WIB

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop – Kamu pernah menghidupkan laptopmu, lalu tiba-tiba ada iklan yang muncul, padahal kamu tidak membuka browser. Iklan itu semua berasal dari provider operating system yang kamu pakai. Atau bahkan bisa juga berasal dari provider internet yang terhubung dengan laptop kamu.


Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop Dengan Mudah

Keberadaan iklan yang muncul secara tiba tiba di laptop memang cukup mengganggu penggunanya. Apalagi jika iklan ini muncul pada menu Start, Cortana, Action Center, atau Windows Explorer. Tentu akan mengurangi mobilitas pengguna dalam mengoperasikan laptop. Untuk itu, kamu perlu memahami cara menghilangkan iklan di laptop dengan mudah seperti berikut.


Tips dan Trik Untuk Menghilangkan Iklan Pop Up yang Muncul


Sebelum kamu memulai untuk menghilangkan iklan di laptop. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu, apakah iklan tersebut berasal dari provider operating system atau browser mu. Karena dalam beberapa kasus sering muncul iklan pada browser, misalnya opera. Oleh karena itu perusahaan itu membuat aplikasi baru yaitu opera mini tanpa iklan.


Lalu, setelah kamu mengetahui sumber iklannya, maka kamu bisa memilih metode mana yang paling tepat untuk menghilangkannya. Berikut Pustakawan Barru jabarkan beberapa metode yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.


Menggunakan Menu Control Panel Untuk Menghilangkan Iklan di Laptop


Bagi kamu yang ingin menghilangkan pop up iklan, maka ada banyak cara yang bisa diterapkan. Salah satunya menggunakan menu control panel yang tersedia pada pengaturan laptop. Pertama, buka terlebih dahulu Start Menu > Control Panel. Lanjutkan dengan memilih opsi Uninstall a Program.


Kamu harus mencari aplikasi yang kira kira menjadi penyebab iklan selalu muncul secara tiba tiba. Jika sudah menemukan, kamu bisa meng klik kanan ikon aplikasi tersebut dan memilih opsi Uninstall. Tunggulah beberapa saat sampai proses pencopotan pemasangan aplikasi tersebut selesai dengan benar. Sebagai langkah terakhir, jangan lupa restart laptop.


Ketika melakukan langkah yang satu ini, maka perhatikan aplikasi yang sekiranya menjadi penyebab munculnya iklan. Umumnya, iklan tersebut muncul dari aplikasi yang kurang familiar. Untuk melanjutkan cara menghilangkan iklan di laptop dengan mudah, kamu juga bisa memiliki aplikasi yang tidak pernah diinstal sebelumnya.


Memanfaatkan Fitur Scanning Virus


Iklan yang muncul pada perangkat biasanya juga terjadi karena virus atau Adware. Virus jenis ini biasanya akan muncul dimana saja, termasuk pada bagian desktop. Jika dirasa mulai banyak ditemukan iklan di laptop, maka kamu bisa memblokir semuanya dengan cara mudah yaitu melakukan scanning virus.


Di laptop versi terbaru, sudah terdapat program bawaan berupa Windows Defender. Sehingga memudahkan anda untuk melakukan scanning virus penyebab iklan muncul. Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna bisa membuka Windows Defender dengan menekan opsi Quick dan memilih Scan Now. Tunggu proses selesai, dan secara otomatis virus akan terdeteksi.


Menghapus File Temporary


Tips lainnya yang terbilang cukup efektif sebagai cara menghilangkan iklan di laptop yaitu dengan menghapus file temprary. Jika ingin cara yang cepat, kamu bisa memilih tombol Windows + R pada keyboard. Kemudian, ketikkan temp pada kotak pencarian. Jika sudah, maka akan keluar jendela baru dan mengarahkan pada file temporary dan hapus semua file tersebut.


Menghilangkan Iklan di Google Chrome


Jika menemukan iklan yang muncul di Chrome, kamu bisa menghilangkannya dengan mengubah Settingan Windows. Buka menu pengaturan di Chrome dan klik menu System dan pilih Notifications. Pilih opsi off pada kolom Show Me the Window dan buka kembali menu setting untuk memilih menu personalisation. Jika sudah, tekan pilihan starts dan atur Showing Suggestion ke mode Off.


Reinstall Windows Untuk Menghilangkan Iklan Laptop


Apabila beberapa cara menghilangkan iklan di laptop sebelumnya belum membuahkan hasil, maka langkah akhir yang bisa anda pilih adalah reinstall Windows. Dengan begitu, besar kemungkinan virus bisa hilang secara tuntas di laptop. Namun, pastikan jika setelah proses install, semua data yang ada di Drive sudah terhapus.


Secara keseluruhan, virus yang ada di laptop tak hanya menyerang data atau file yang ada di aplikasi maupun sistem drive, tetapi juga bisa muncul di semua drive. Apabila kamu masih belum pernah menginstall atau uninstall Windows, silahkan mengunjungi service laptop terpercaya untuk mengatasi masalah tersebut agar perangkat bisa digunakan secara normal.

×
Berita Terbaru Update