Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Artikel

Danau Labuan Cermin, Surga Tersembunyi Asal Berau Kalimantan Timur

| Juli 10, 2022 WIB

Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin - Kendati tak begitu terlihat eksistensinya, Kalimantan nyatanya memiliki banyak sekali destinasi wisata yang asri dan cantik, salah satunya adalah Labuan Cermin – sebuah danau payau dengan keindahan yang mendunia.


Nah, penasaran dengan keindahan dan kecantikan danau ini? Yuk simak pembahasannya di materi berikut.


Lokasi Danau Labuan Cermin


Danau payau ini terletak di salah satu daerah di Kalimantan Timur, tepatnya di Desa Labuan Kelambu, Kec. Biduk-Biduk, Kab. Berau – Kalimantan Timur.


Akses Ke Lokasi


Untuk sampai ke lokasi, pengunjung harus menempuh perjalanan selama 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redep – Kalimantan Timur.


Perjalanan yang dilalui bukanlah perjalanan yang mudah. Sebab, untuk mencapai lokasi, pengunjung diharuskan melewati perjalanan yang cukup menantang dengan insfrastruktur jalan yang juga menantang.


Dari Berau pengunjung akan dibawa ke sebuah dermaga dan Pantai Labuan Cermin. Namun, untuk sampai ke lokasi danau, pengunjung diwajibkan menyewa perahu dengan tarif senilai Rp 200.000,- pulang – pergi. Akses ke Danau Labuan Cermin pun akan dilanjutkan dengan menggunakan perahu selama beberapa menit hingga sampai ke sebuah danau yang bening dan cantik.

Daya Tarik Wisata


1. Tak seperti danau lain, danau ini memiliki air yang begitu bening dan segar


Percayalah, saking beningnya air, Anda dapat melihat biota dan isi danau dari atas permukaan. Dan itu Anda lakukan Anda mata telanjang, bukan dengan alat penghilatan atau sejenisnya.


Dengan kondisi seperti itu, wajar kalau danau ini dikategorikan sebagai salah satu danau terindah di Indonesia.


2. Lingkungan yang masih asri memungkinkan Anda untuk mendapat kualitas foto terbaik


Akses Danau Labuan Cermin

Lokasi Danau Labuan Cermin yang masih asri dan cantik memang sangat pas untuk pengunjung yang doyang eksis dan selfie. Dengan kondisi lingkungan yang demikian, tak jarang pengunjung yang mengambil gambar dan syuting di tempat ini.


3. Terdapat 2 macam air di sini, yaitu air tawar dan payau


Karena danau ini bermuara ke laut, maka air di sini pun terbagi menjadi 2 buah jenis air yang berbeda, yaitu payau dan tawar.


Uniknya, air payau dan asin di sini berada di permukaan danau. Sedangkan untuk yang tawar, bisa Anda dapatkan di kedalaman 2 – 4 meter di bawah permukaan danau. Unik bukan?


4. Konsep wisata yang benar-benar sempurna untuk petualang sejati


Danau Labuan Cermin, Surga Tersembunyi Asal Berau Kalimantan Timur


Akses Danau Labuan Cermin yang tak mudah dijangkau, dan dengan jarak panjang yang harus ditempuh, tempat wisata ini jadi salah satu yang paling keren dan menantang. Jadi cocok untuk Anda yang doyan traveling ke tempat-tempat tersembunyi di Indonesia.


5. Pengunjung tempat ini masih sangat sedikit. Jadi Anda bisa menikmati tempat ini sepuasnya


Berbeda dengan danau lain di Indonesia yang ramai dan dipenuhi pengunjung. Tempat ini justru amat sepi, bahkan sangat sepi untuk danau sebagus ini.


Tapi inilah yang menjadi daya tarik wisatanya. Sebab, dengan sepinya pengunjung, Anda akan menikmati tempat ini dengan leluasa. Anda bisa bermain air, menyelam, snorkling, sampai berenang santai pun bisa Anda lakukan di sini.


Fasilitas Danau Labuan Cermin


Jangan pernah tanyakan fasilitas di sini. Sebab, setelah masuk ke lingkungan danau, Anda tak lagi menemui fasilitas yang memadai. Oleh karena itu, sebelum Anda berangkat ke danau, pastikan keperluan BAB atau buang kecil sudah dilakukan sebelum berangkat menggunakan perahu yang Anda sewa di dermaga.


Akomodasi dan Penginapan Danau Labuan Cermin


Fasilitas Danau Labuan Cermin

Untuk penginapan, Anda bisa memilih penginapan Mayang Sari yang berlokasi di Jalan Pendidikan Rt 003, Biduk-Biduk, Kab. Berau – Kalimantan Timur. Jika tidak, Anda bisa menginap di beberapa penginapan berikut;


  • Hotel Selvia 
  • Pondok Ibu Hj. Zumaidah 


Harga penginapan dan hotel di atas bermacam-macam, mulai dari Rp 100.000,- sampai Rp 175.000,- per malam, tergantung jenis kamar dan fasilitas yang Anda kenakan.

×
Berita Terbaru Update