8 Wisata Kalimantan Tengah Yang Hits Dan Populer

Daftar Isi

 

8 Wisata Kalimantan Tengah Yang Hits Dan Populer
8 Wisata Kalimantan Tengah Yang Hits Dan Populer


8 Wisata Kalimantan Tengah Yang Hits Dan Populer - Mendengar Kata Kalimantan mungkin kamu akan berpikiran “hutan” iya benar tapi tidak semua daerahnya hutan. Kalimantan tengah memiliki tempat wisata alam yang menakjubkan dan mungkin jika dikelola dengan baik bisa saja go internasional.


Jika kamu mencari Artikel Destinasi Wisata Kalimantan Tengah, mungkin kamu sedang jenuh atau bosan keliling berwisata di pulau jawa. Jadi enggak ada salahnya jika mengunjungi objek wisata Kalimantan tengah.


Provinsi Kalimantan Bakalnya menjadi Ibukota Indonesia jika benar terjadi. Jadi kemungkinan besar adalah tumbuhnya Industri baru dan Industri lainnya meningkat, Seperti Pariwisata,


Wisata Alam Yang Ada Di Kalimantan tidak bisa diragukan, Setiap Provinsi memiliki satu bahkan lebih Destinasi Wisata Terbaik Dan terkenal sampai ke mancanegara.


Nah kali ini kita hanya akan membahas Tempat Wisata Kalimantan Tengah, Jadi Cuma di Kalimantan Tengah aja. Yuk lah dari pada kamu semakin penasaran wisata apa aja yang ada di Kalimantan tengah, Ini dia.


Daftar Objek Wisata Kalimantan Tengah Yang Populer


1. Danau Biru Tewang Pajangan - Gunung Mas


Danau Biru Tewang Pajangan yang terletak di Desa Tewang Pajangan, Kec. Kurun, Kab. Gunung Mas. Memiliki daya tarik yang cukup unik, Daya tarik utama dari danau biru tewang pajangan adalah permukaan airnya yang berwarna biru seperti awan dan warnanya tidak pernah berubah loh.


Keindahan tempat ini dilengkapi dengan pesona alam atau keindahan alam yang langka. Mungkin hampir tidak kamu temui di destinasi wisata alam Kalimantan lainnya.


Keindahan yang terdapat pada danau ini sering dijadikan untuk spot foto hits, jadi kamu bisa tuh berfoto ria di sana.


2. Istana Kuning - Pangkalan Bun


Nah selain keindahan alamnya, Di Kalimantan juga ada Istana loh. Namanya Istana Kuning, Istana Kuning terletak di Kel. Raja, Kec. Arut selatan, Kab. Kotawaringin Barat. Istana Kuning Merupakan Peninggalan dari masa Ratu Sultan Imannudin (Sultan IX). Yang dibangun sekitar tahun 1806 silam.


Dinamakan istana kuning bukan berarti warnanya kuning, Hanya Hiasannya saja yang warnanya kuning. Di dalam ruangan biasa digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti, Latihan Menari, Karate, dsb. Jadi saat kamu berkunjung bisa melihat adat dan budayanya.


Selain Bagian dalam yang menyimpan Sejarah dan Foto Sultan Kutaringin, Di bagian luarnya juga cukup memukau Karena dibangun di atas Bukit. Memiliki taman yang hijau dan asri kamu bisa melihat pemandangan hutan hijau dari atas istana kuning. Malam harinya pun banyak orang berjualan di sekitar alun-alun istana kuning jadi kamu bisa menikmati jajanan sekaligus bersantai.


3. Sungai Sekonyer - Pangkalan Bun


Masih di Kabupaten kotawaringin barat, adalagi ni Wisata Alam Kalimantan Berasa seperti Di Hutan Amazon, Karena memang keadaannya yang sangat alami.


Sebenarnya sungai sekonyer adalah salah satu jalan menuju Taman Nasional Tanjung Puting, Tetapi sebelum sampai juga ada banyak destinasi di pinggiran sungai Sekonyer. Ada Hotel, Restaurant, sampai rumah warga.


Keseruan yang bisa kamu dapatkan di sungai sekonyer adalah melihat pemandangan alamnya yang luar biasa hijau dan rimbun. Kamu akan melihat banyak flora dan fauna di sepanjang sungai, mulai dari monyet, owa-owa, dan primata lainnya. dan di pangkalan bun ini juga masih banyak wisata yang bisa kamu kunjungi loh !.


Tapi hati-hati jangan sampai memasukkan tangan ke air ya, buayanya banyak. Bahkan kalau kamu beruntung bisa lihat buaya berjemur di pinggir sungai. Seram tapi seru!.


4. Sebangau National Park - Palangka Raya


Jika kamu memang suka dengan wisata alam yang natural gak ada salahnya untuk mengunjungi Taman Nasional Sebangau. Hampir mirip sungai Sekonyer, Wilayah ini memiliki kehidupan flora dan fauna yang tumbuh subur.


Setidaknya ada sekitar 800 lebih spesies tanaman, 15 Jenis mamalia, 182 jenis burung, dan sekitar 54 spesies ular yang hidup di taman nasional sebangau ini. Letaknya tidak terlalu jauh dari Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya


5. Bukit Batu Tjilik Tengah - Katingan


Jika kamu ingin ke tempat yang berbeda dari sebelumnya, bisa coba untuk mengunjungi kabupaten Katingan, Di sana ada destinasi wisata bukit batu.


Hal uniknya adalah, kamu bisa menemukan 9 jenis batu bertuah berbeda di sana. Memiliki banyak tempat spot foto kamu bisa memilih dan puas menikmati hari dengan foto-foto yang keren latar belakang alam. Berfoto dari atas bukit akan membuat fotomu lebih kece dan unik.


6. Taman Nasional Tanjung Puting (Camp Leakey) - Pangkalan Bun


Memang Pulau Kalimantan ini menyimpan banyak keindahan Alam yang benar-benar natural. Orang utan ini bisa kamu temui di pulau Sumatera dan Kalimantan saja. Tepatnya di Taman Nasional Tanjung Puting.


Untuk bisa sampai ke Camp Leakey kamu harus menempuh waktu sekitar 4 jam perjalanan dan 2 jam Tracking, 4 Jam perjalanan akan kamu habiskan di Sungai Sekonyer. Dan 2 jam adalah berpetualang di hutan rimba menuju pusat Feeding Orang Utan yang ada di Camp leakey.


Kamu bisa berinteraksi, Memberi Makan, dan Berfoto bersama Orang utan secara langsung di sana. Tapi ingat harus sesuai dengan ketentuan yang telah di berikan oleh seorang tour guide.


7. Museum Balanga - Palangka Raya


Tempat Wisata Di Kalimantan Tengah Yang bisa kamu kunjungi selain Keindahan Alamnya adalah Museum Belanga. Wisata Kalimantan Tengah yang satu ini akan memberikan kamu banyak informasi sejarah tentang suku dayak.


Di sana juga terdapat Berbagai Jenis Senjata Adat tradisional yang dulu sering di gunakan. Seperti, Mandau, Sumpit, Tombak, dan lainnya.


Dulunya senjata tradisional Kalimantan Tengah ini sering digunakan untuk Keperluan Upacara Adat, Berburu, Bercocok Tanam, dan Membela Diri. Biasanya sangat sering dikunjungi oleh murid sekolah untuk menambah wawasan.


8. Kampung Terapung - Barito Selatan


Satu lagi wisata Kalimantan tengah yang sangat Unik. Kalau kamu mendengar adanya Pasar Terapung jika mengunjungi Banjarmasin mungkin sudah biasa. Tapi Bagaimana Jika yang kamu kunjungi adalah Kampung Terapung atau Rumah terapung.


Rumah Terapung yang terletak di Barito Selatan mungkin membuat penasaran bagi yang belum pernah berkunjung secara langsung. Sama Halnya dengan turis Mancanegara, Pertama mendengar Desa Wisata Terapung ini mereka cukup bingung.


Pondasi yang dibuat dari Kayu Gelondongan inilah yang membuat rumah tetap stabil ketika terjadi pasang surut air sungai. Kemungkinan untuk tenggelam memang ada, tetapi kemungkinannya sangat kecil sekali karena kayu yang digunakan cukup kuat.


Sekarang Kampung Terapung ini bukan sekedar kampung biasa, Melainkan menjadi tempat wisata Kalimantan Tengah yang memiliki pesona unik dan membuat penasaran wisatawan mancanegara.


Mengisi waktu luang dengan liburan memang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika mengunjungi Wisata Alam yang ada di Kalimantan ini. Membuat pikiran selalu fresh dan memiliki hawa yang sejuk membuat diri kita akan lupa ada banyak pekerjaan rumah.


Tempat Wisata Kalimantan Tengah di atas Merupakan sebagian tempat yang paling sering dikunjungi, Masih banyak objek wisata Kalimantan tengah yang natural dan belum tersentuh oleh manusia nakal yang suka merusak alam.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar