Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

10 Tips Menciptakan Perpustakaan Pribadi di Rumah

Minggu, 30 Oktober 2022 | Oktober 30, 2022 WIB Last Updated 2022-10-30T23:24:59Z

 

10 Tips Menciptakan Perpustakaan Pribadi di Rumah
Tips Menciptakan Perpustakaan Pribadi di Rumah


PustakawanBarru.com - Saat ini, perpustakaan pribadi di rumah bukan lagi hanya milik para ilmuwan yang hanya ingin mengoleksi buku dan jurnal saja. Di era kewirausahaan ini perpustakaan pribadi juga layak menghiasi rumah pengusaha. 


Tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan banyak buku perpustakaan pribadi juga dapat berfungsi sebagai ruang kerja yang nyaman sekaligus tempat bersantai untuk menghilangkan penat. Lantas bagaimana cara membuat perpustakaan pribadi seperti itu di rumah? Berikut adalah beberapa tips dari lamaneHow.


1. Lokasi

Tergantung pada tata letak dan ruang rumah Anda. Pilih area yang jarang dikunjungi orang. Ruang yang ideal untuk kamar tidur Anda atau taman yang sejuk dengan pintu.


2. Jumlah Buku

Gagasan setiap orang tentang perpustakaan pribadi mungkin berbeda. Beberapa orang lebih suka perpustakaan di mana mereka dapat menyimpan buku-buku mereka sementara yang lain lebih suka perpustakaan yang tenang dan damai. 


Sebelum membangun perpustakaan pribadi hitung dulu jumlah buku yang Anda miliki lalu tentukan konsepnya. Apakah Anda ingin atau membutuhkan lemari besar yang menempel di langit-langit? Jika ruang Anda terbatas gunakan rak buku yang dipasang di dinding untuk sentuhan modern.


3. Warna

Desain interior tradisional menggunakan warna gelap seperti dark, brown, burgundy dan army green. Sedangkan desain modern lebih cenderung menggunakan warna-warna yang cerah. Pilih satu yang sesuai dengan kepribadian atau keluarga Anda untuk menentukan warna yang tepat untuk perpustakaan pribadi Anda.


4. Furnitur

Keistimewaan perpustakaan adalah tempat duduk yang nyaman untuk membaca buku. Juga pertimbangkan ruang yang tersedia saat memilih kursi di perpustakaan Anda untuk menentukan jumlah dan jenis kursi dan perabotan lainnya seperti lampu meja sofa dll. Jika perpustakaan untuk sejumlah kecil orang lebih baik tidak memiliki terlalu banyak kursi.


5. Rak Buku

Pastikan untuk memberikan perlindungan ekstra untuk rak buku. Jika Anda menggunakan rak gantung yang menempel di dinding pastikan terpasang dengan benar sehingga tidak menopang berat buku Anda dan merusaknya. 


6. Ruang Kerja

Jika Anda ingin mengintegrasikan perpustakaan Anda dengan tempat kerja Anda harap merinci peralatan yang Anda butuh kan di ruang perpustakaan Anda untuk menyiapkan fasilitas. Di mana Anda harus meletakkan meja untuk telepon, faks, printer, komputer dll.?Apakah ada cukup ruang? Apakah Anda merasa nyaman membaca dengan terlalu banyak perangkat untuk digunakan? Berpikir dua kali sebelum membuat keputusan.


7. Pencahayaan

Cahaya di perpustakaan sangat penting untuk indra penglihatan. Pada siang hari sinar matahari bersinar melalui jendela sehingga cahaya yang Anda butuh kan untuk perpustakaan akan cukup. Pada malam hari lampu duduk lampu gantung atau lampu langit-langit dapat membantu memberikan pencahayaan yang cukup.


8. Lantai

Sama pentingnya dengan kondisi dinding rumah, lantai juga berperan penting dalam mendesain perpustakaan. Jika dinding rumah dihubungkan dengan rak buku, maka lantai dihubungkan dengan berat rak buku meja dan kursi. Jika rumah Anda berlantai dua dan Anda tidak yakin di mana menempatkan perpustakaan di lantai dasar atau di lantai dua yang terbaik adalah berkonsultasi dengan konsultan terlebih dahulu.


9. Vertikal

Jika ruang yang tersedia terbatas Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan rak atau lemari besar untuk menyimpan buku secara vertikal.


10. Pemandangan

Meski didesain untuk menciptakan kesan tenang dan damai, perpustakaan tidak harus berada di sudut terpencil. Lebih menarik dan menyegarkan untuk dibaca ditemani pemandangan yang indah. Pemandangan taman dengan bunga dan dedaunan hijau yang indah tidak hanya memberikan sinar matahari alami di siang hari tetapi juga memberikan efek kedamaian dan ketenangan alami.

×
Berita Terbaru Update