Ingin ke Pulau Derawan? Ikuti Saja Paket Wisata Ini!

Daftar Isi

Pulau Derawan merupakan salah satu pulau di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata para pecinta wisata bahari.


Sebab, pulau ini menawarkan taman laut yang cocok untuk diving di kedalaman sekitar lima meter. Di dalam sana, Anda akan menemukan beberapa jenis biota laut, antara lain cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, kuda laut, belut pita, dan ikan skorpion.


Jika Anda menyelam lebih dalam, anda akan menemukan batu karang yang dikenal dengan nama Blue Trigger Wall. Dinamakan demikian karena karang tersebut mempunyai panjang 18 meter dan banyak ikan trigger yang berkumpul di situ.


Bila Anda ingin berwisata ke Derawan, Anda bisa mengikuti paket wisata 3 hari 2 malam yang ditawarkan oleh situs promo paket wisata. Situs ini menawarkan paket wisata ke Derawan serta pulau-pulau lain seperti pulau Sangalaki, Kakaban, Maratua, dan Gusung Sanggalau. Untuk lebih jelasnya, berikut detail pulau-pulau dan rencana perjalanan wisata Derawan yang ditawarkan Tour Operator di Derawan.


biaya ke pulau derawan, trip pulau derawan, transportasi ke pulau derawan, penginapan di pulau derawan, pulau derawan dimana, keistimewaan pulau derawan, deskripsi pulau derawan, keindahan pulau derawan


Pulau Sangalaki

Pulau ini terletak di selatan pulau Derawan. Seperti pulau-pulau lainnya, pulau Sangalaki juga menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi wisatawan, khususnya yang hobi atau ahli dalam menyelam. Manta Point dan Coral Garden merupakan spot menyelam yang diminati wisatawan.


Manta Point merupakan area laut yang menjadi titik berkumpulnya ikan Pari Manta. Titik ini berada di sebelah utara pulau Sangalaki. Anda bisa menyelami area ini untuk melihat sekumpulan Pari Manta.


Pari Manta ini merupakan spesies ikan pari terbesar di dunia. Sayangnya, Anda harus bersabar saat mencari Pari Amnata di Manta Point. Sebab, ikan pari ini terkadang muncul secara serentak bahkan tidak muncul ke Manta Point sama sekali.


Jika tak sempat melihat pari Manta di Manta Point, Anda bisa melihat keindahan terumbu karang di Coral Garden. Terletak di sebelah barat Sangalaki, spot menyelam ini menawarkan keindahan warna dari tiap jenis terumbu karang, baik soft coral maupun hard coral.


Hewan-hewan laut pun turut melintas di sekitar terumbu karang, entah itu udang mantis, sotong, dan anemone. Bagian dasar spot ini merupakan hamparan pasir tempat Anda bisa melihat jenis ikan goalfish.


Selain dikenal sebagai tempat untuk menyelam, pulau Sangalaki dikenal juga sebagai pulau tempat penangkaran penyu dan tukik (anak penyu). Anda bisa melihat proses bertelurnya penyu, menetasnya tukik dari telur, dan turut melepaskan tukik ke lautan.


Penyu dan tukik di Sangalaki diawasi oleh petugas khusus. Setiap tukik yang dilepas ke laut, diberi tanda khusus oleh petugas untuk menandai bahwa tukik tersebut adalah tukik penangkaran.


Setelah menjadi penyu, tukik-tukik tersebut akan kembali ke Sangakali dan diukur berat dan panjang badannya oleh petugas.


(ads)


Pulau Kakaban

Pulau ini terletak di sebelah barat pulau Sangalaki. Pulau ini mempunyai luas sebesar 774,2 hektar. Di tengah pulau ini, terdapat sebuah danau luas bernama danau Kakaban yang berisi campuran air hujan dan rembesan air laut.


Rembesan laut tersebut berasal dari pori-pori tanah yang membuat suatu endemik berbeda dibanding dengan danau-danau lainnya. Di sini terdapat area yang bernama Jellyfish Lake yang merupakan area berkumpulnya ubur-ubur.


Anda bisa menyelami wilayah ini untuk melihat ubur-ubur Cassiopea dan jenis hewan laut lainnya seperti teripang, kepiting, dan ular laut.


Pulau Maratua

Salah satu tempat menyelam terbaik di Derawan adalah pulau Maratua. Berjarak satu jam dari pulau Derawan, pulau yang masuk kategori pulau terluar Indonesia ini memiliki pesona laut yang biru nan luas. Anda bisa menyelami laut Maratua untuk melihat berbagai jenis hewan laut di sana.

Disarankan, Anda juga harus menyewa penginapan atau resort. Bila perlu, Anda sewa penginapan yang berhadapan langsung dengan laut, sehingga pemandangan laut dapat terlihat atau Anda bisa langsung terjun dan menyelami laut tersebut. Keren kan?


Pulau Gusung Sanggalau

Destinasi terakhir paket wisata Derawan adalah pulau Gusung Sanggalau. Tumpukan pasir yang bersih dan memanajang akan menyambut anda saat tiba di sana.


Anda bisa bersantai, berenang, atau berjemur selama di pulau ini. Bila Anda ingin merasakan kelembutan pasir Gusung Sanggalau, Anda bisa berjalan-jalan mengitari pulau dengan kaki yang telanjang.


Pulau Derawan

Seperti dijelaskan di awal, bahwa pulau ini menjadi destinasi utama bagi para pecinta wisata bahari. Taman laut menjadi andalan pulau ini. Anda bisa menyelam (diving) di taman laut seluas lima meter ini untuk melihat cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, dan sebagainya.


Jika Anda menyelam hingga kedalaman sepuluh meter, Anda akan menjumpai terumbu karang yang bersemayam di dasar taman laut  Derawan, yakni Blue Trggier Wall.


Rencana Perjalanan

Rencana perjalanan yang ditawarkan dalam durasi 3 hari 2 malam paket tour Derawan adalah sebagai berikut:


Hari ke-1: Bandara Kalimaru Berau-Pulau Derawan

Para wisatawan (baik asing maupun lokal) akan tiba di menara Kalimaru Berau dan akan dijemput oleh tim guide. Wisatawan akan dibawa ke Tanjung Batu, lalu menaiki boat pulau Derawan. Pembagian kamar dan check ini akan dilakukan di Derawan.


Hari ke-2: Sangakali, Kakaban, Maratua, Gusung Sanggalau

Setelah sarapan, wisatawan harus bersiap-siap ke pulau Sangalaki. Di sana, wisatawan akan menikmati area Manta Point, melihat penangkaran penyu dan tukik serta menyelam (snorkeling) di Coral Garden. Selanjutnya, wisatawan akan dibawa ke Kakaban untuk menyelam (diving) di Jellyfish Lake.


Setelah puas menyelam di Kakaban, wisatawan akan dimanjakan oleh panorama laut Maratua yang membuat mata takjub dan ingin segera menyelam lagi.


Di Gusung Sanggalau, wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan pasir yang bersih dan terbentang luas di sepanjang pulau tersebut.


Setelah puas, wisatawan akan dikembalikan ke Derawan. Anda bebas melakukan hal apa pun sebelum makan malam tiba, termasuk berkunjung dan menyelam di Taman Laut Derawan. Apabila ada waktu, destinasi wisata akan ditambah ke Khe Daing atau Goa Haji Mangku.


Hari ke-3: Check Out

Setelah sarapan, Anda harus melakukan check out dan diantar petugas menuju ke bandara Kalimaru Berau. Wisata pun selesai.


Selama berwisata, Tour Guide akan memfasilitasi speed boat, akomodasi sesuai pilihan, makan pagi, makan siang, dan malam, tiket objek wisata, pemandu lokal, air mineral, banana boat 1x, serta perlengkapan snorkeling (mask dan snorkel) yang disewakan satu hari saja.


Demikian artikel mengenai paket wisata Derawan. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih dan selamat berlibur semuanya!

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar