Lakukan Ini Agar Manfaat Donor Darah Bisa Maksimal

EDY SYAM
0

 

Lakukan Ini Agar Manfaat Donor Darah Bisa Maksimal - Pustakawan Barru

PustakawanBarru.com - Selain dapat menolong nyawa orang lain, donor darah juga bisa membuat tubuh sendiri menjadi lebih sehat. Beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan antara lain dapat membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi darah, dan menurunkan risiko terkena kanker. Namun, ada hal-hal yang harus dilakukan agar pendonor bisa melakukan donor dengan lebih maksimal.


Hal yang wajib dilakukan ketika ingin mendonor


1. Tubuh harus dalam keadaan fit

Hal yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah adalah tubuhnya harus dalam keadaan prima. Biasanya petugas donor darah akan memeriksa keadaan pendonor terlebih dahulu. Jika keadaan pendonor tidak dalam keadaan prima, mereka akan menolak karena selain bisa berdampak buruk pada pendonor, darah yang didonorkan kualitasnya tidak akan baik.


2. Makan dan minum sebelum donor

Sebaiknya sebelum melakukan donor Anda mengisi perut terlebih dahulu. Melakukan donor dalam keadaan perut kosong sangat tidak baik karena dapat menyebabkan rasa pusing setelah donor. Selain itu, pola makan beberapa hari sebelum pelaksanaan donor juga harus diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.


3. Memperbanyak sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas darah. Dengan mengonsumsi berbagai sayuran hijau seperti bayam dan brokoli akan membersihkan hati dan darah. Jika darah semakin baik kualitasnya, maka proses donor akan semakin lancar.


4. Menghindari rokok dan minuman beralkohol

Sangat tidak dianjurkan orang yang merokok dan minum minuman beralkohol untuk melakukan donor darah. Sebenarnya perokok masih bisa melakukan donor darah. Akan tetapi, jika sering merokok dalam beberapa hari sebelum donor, hal itu akan tidak baik.


5. Menghindari junk food

Junk food atau makanan cepat saji memiliki kadar lemak yang sangat tinggi. Apabila kadar lemak semakin tinggi, maka darah akan semakin kental. Akibatnya, bisa terjadi penggumpalan darah dalam tubuh. Dengan darah yang menggumpal seperti itu, sangat tidak baik untuk melakukan donor. Bahkan, pendonor malah berisiko terkena beberapa penyakit seperti jantung koroner, stroke, dan penyakit jantung lainnya.


6. Tidur yang cukup

Untuk melakukan donor darah, sebaiknya Anda beristirahat yang cukup. Idealnya Anda perlu waktu tujuh hingga sembilan jam untuk tidur. Hal ini bertujuan agar setelah donor tubuh tidak menjadi lemas dan pusing. Oleh karena itu, begadang sangat tidak dianjurkan sebelum melakukan donor darah.


7. Tidak minum obat sebelum donor

Akan lebih baik jika sebelum melakukan donor, Anda tidak mengonsumsi obat terlebih dahulu, minimal 3 hari terakhir. Kandungan obat yang Anda konsumsi akan masih berada di dalam darah pada selang waktu tertentu dan tidak boleh didonorkan pada orang lain.


Dari beberapa poin di atas semoga bisa menambah ilmu anda sebelum melakukan donor darah.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)