Kisah Kedermawanan Sayyidatina Asma' Radhiyallahu 'anha

Daftar Isi
Kisah Kedermawanan Sayyidatina Asma' Radhiyallahu 'anha

Kisah Kedermawanan Sayyidatina Asma' Radhiyallahu 'anhaSayyidatina Asma' Radhiyallahu 'anha adalah seorang yang sangat dermawan. Sebelumnya, apabila akan berinfak, ia akan menimbang dan menakarnya. Namun, suatu ketika Baginda Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadanya, "Janganlah kamu menyimpan harta, dan janganlah menghitung-hitung harta yang akan diinfakkan. Berinfaklah semampu yang dapat diupayakan!" 

Setelah mendengar sabda itu, ia bertambah semangat menginfakkan hartanya. Ia pun selalu menasihati anak-anak perempuannya dan wanita-wanita dirumahnya, "Tingkatkanlah infak kalian di jalan Allah Subhaanahu wata'ala! Jangan menunggu lebihnya harta dari keperluan kita. Sebab, jika kita menunggu, tidak akan sempat berinfak di jalan Allah Subhaanahu wata'ala (karena keperluan akan bertambah terus). Sebaliknya, jika kita senantiasa berinfak, makatidak akan ada kerugian yang disebabkan infak kita." (dari Kitab Thabaqat)

Faidah

Walaupun para sahabat Radhiyallahu 'anhum dalam kesulitan dan kesusahan, mereka senantiasa menginfakkan harta mereka untuk kebaikan dan perjuangan di jalan Allah Subhaanahu wata'ala. Sedangkan kaum Muslimin dewasa ini, selalu mengadukan kefakiran dan kesempitannya. Padahal mungkin di zaman ini, sudah tidak ada lagi suatu jamaah yang keluar di jalan Allah Subhaanahu wata'ala dengan perut yang diganjal dengan batu, atau mengalami kelaparan beberapa hari berturut-turut.
EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar