Begini Cara Mudah Mengatasi Kerusakan Bahan Pustaka yang Disebabkan oleh Banjir

Pustakawan Barru - Air memang banyak kegunaannya, namun sebaliknya bisa menjadi musuh manusia yang berbahaya. Bahan pustaka atau dokumen dapat dirusak oleh air dengan berbagai cara. Kulit buku menjadi mengembang, lembaran di dalamnya menjadi kotor dan berkeriput. Dokumen bahan pustaka yang ditulis dengan tinta menjadi luntur, tulisannya akan pudar dan terhapus. 

Begini Cara Mudah Mengatasi Kerusakan Bahan Pustaka yang Disebabkan oleh Banjir

Bahan  pustaka yang rusak karena banjir biasanya memerlukan perawatan khusus. Bahan Pustaka yang rusak parah harus diperbaiki di tempat yang mengerjakan perbaikan dan penjilidan. Namun, sebelum bahan pustaka itu diserahkan ke tempat tersebut, pertolongan pertama perlu dilakukan terlebih dahulu oleh pihak yang bersangkutan dengan pengetahuan seadanya.

Apabila ada bahan pustaka yang rusak akibat banjir, alangkah baiknya Anda mencoba langkah-langkah berikut yang dapat diambil sebagai tindakan pencegahannya.

  1. Ikatan bahan pustaka jangan dilepaskan. Dengan demikian, lumpur yang ada pada bagian luar mudah dibersihkan. Untuk menghilangkan kotoran, lumpur dan lain-lain Anda bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi.
  2. Air yang terdapat dalam ikatan bahan pustaka harus dikeluarkan dengan cara menekannya secara pelan-pelan.
  3. Bahan pustaka yang masih basah dianginkan sampai kering.
  4. Bahan pustaka diusahakan agar tetap utuh dan lampirannya jangan terpisah.
  5. Bahan pustaka jangan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari, karena akan membuat bahan pustaka semakin rusak.
  6. Kesabaran adalah modal utama dalam usaha melakukan tindakan pencegahan terhadap bahan pustaka.
Sebelum bahaya banjir datang, alangkah baiknya di sekeliling tempat penyimpanan bahan pustaka hendaknya dibuatkan saluran yang baik. Sehingga pada saat terjadi banjir air tidak dapat menggenangi tempat penyimpanan bahan pustakawan.

Demikian informasi seputar cara mudah mengatasi kerusakan bahan pustaka yang disebabkan oleh banjir, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian khususnya rekan-rekan pustakawan se Indonesia. Jika ada yang perlu ditambahkan mohon sekiranya rekan-rekan sekalian menulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan Salam Pustakawan !!!

0 Response to "Begini Cara Mudah Mengatasi Kerusakan Bahan Pustaka yang Disebabkan oleh Banjir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel