Tips Bagaimana Cara Mengatasi Cantengan (Paronychia) Dengan Mudah

Mengatasi Cantengan – Penyakit kuku jempol kaki busuk atau yang sering kita sebut dengan kuku bernanah, dalam bahasa latinnya disebut Paronychia termasuk penyakit yang disebabkan oleh infeksi kulit, infeksi tersebut biasanya didapatkan pada kuku jari tangan maupun jari kaki. Sebelum kita membahas bagaimana mengatas kuku yang terkena infeksi tersebut, lebih baiknya lagi kita mengetahui terlebih dahulu apa itu cantengan.

tips-bagaimana-cara-mengatasi-cantengan

Apa Itu Cantengan dan Bagaimana Mengatasi Cantengan

Penyakit cantengan (paronychia) adalah suatu kondisi dimana biasanya ditandai dengan adanya pembekakan, kemerahan, dan rasa sakit yang terjadi pada sudut ujung jari akibat adanya pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga mengakibatkan infeksi pada kulit. Pada kondisi yang sering ditemukan pasien, rata-rata cantengan sering dialami oleh jempol kaki terutama pada seseorang yang memiliki bentuk kuku melengkug atau tebal. Cantengan bisa saja terjadi pada salah satu kaki atau bahkan kedua kaki.
Semua penyakit pasti dapat diobati, cantengan juga termasuk penyakit yang dapat diobati dan sembuh, namun pada kondisi tertentu dapat beresiko kambuh berulang kali atau dapat menimbulkan komplikasi jika kita tidak menanganinya atau mengobati dengan benar. Komplikasi yang terjadi karena cantengan dapat berakibat fatal apabila pasien juga menderita penyakit diabetes atau kelainan pada pembuluh darah.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Gejala Cantengan Pada Umumnya

Gejala cantengan yang akan kita ulas disini adalah gejala-gejala umum yang biasanya terjadi karena cantengan, antara lain adalah:
  1. Nyeri yang berlebih apabila kuku yang mengalami infeksi cantengan ditekan
  2. Mengalami pendarahan yang terjadi di area kuku yang terkena cantengan
  3. Terdapat penumpukan cairan, nanah, darah di bagian jari kaki yang terinfeksi
  4. Keluarnya nanah putih atau bahkan kuning
  5. Mengalami peradangan pada bagian yang terinfeksi
  6. Akan mengalami pertumbuhan berlebih pada kulit jari kaki yang terinfeksi
Keluarnya darah, nanah, dan pertumbuhan kulit yang berlebih pada kuku kemungkinan besar hal tersebut awal gejala cantengan. Oleh karena itu, jika terdapat hal-hal diatas muncul, kuku yang mengalami cantengan harus segara diobati agar tidak semakin parah.

Mengatasi Cantengan Dengan Obat dan Tips Lainya

Beberapa cara mengobati cantengan baik yang berada pada kuku kaki ataupun kuku tangan tidak jauh berbeda, karena penyebabnya sama jadi cara mengatasinyapun terbilang sama. Berikut ini beberapa tindakan untuk mengatasi penyakit cantengan yang dianjurkan.

  1. Meredakan Peradangan dan Infeksi dengan Salep/Krim Untuk Mengatasi Cantengan

Langkah yang paling awal saat gejala cantengan timbul adalah dengan mengoleskan salep atau krim yang mengandung antibiotik dan antiradang untuk dapat meminimalisir terjadinya infeksi yang lebih parah dan meminimalisisr peradangan sehingga pertumbuhan kulit kuku tidak bertambah buruk. Dalam pengobatan ini cukup membantu apabila canteng masih bersifat ringan.

  1. Mencabut Kuku Apabila Tertancap Agar Bisa Mengatasi Cantengan

Banyak dari kalian sering menemukan kuku yang tertancap di kulit dalam, apabila kulit yang tertancap tersebut terinfeksi dan obat yang dikonsumsi tidak kunjung membantu. Sebaiknya perlu dilakukan pencabutan kuku agar area infeksi tidak meluas dan juga dapat menyembuhkan. Namun, tindakan bedah ringan ini harus dilakukan oleh tangan profesional (dokter) dan menggunakan alat-alat yang steril.

  1. Perendaman Menggunakan Air Hangat Sebagai Alternatif Mengatasi Cantengan

Merendam kaki atau tangan yang terinfeksi oleh cantengan ke dalam air hangat adalah salah cara mengobati cantengan yang paling mudah dan alami untuk dilakukan. Cara ini bisa kalian terapkan sebelum mengoleskan salep atau krim cantengan. Atau bisa juga kalian lakukan apabila gejala-gejala cantengan terasa seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Proses yang dilakukan dalam perendaman cukup mudah dengan menyiapkan air hangat secukupnya pada wadah tertentu atau lebih mudahnya menggunakan baskom, campurkan dengan garam. Kemudian rendam jari kaki atau jari tangan yang terkena cantengan, tunggu selama 15 menit sampai 30 menit dan lakukan setidaknya 3 kali sehari. Pada proses perendaman ini dapat meminimalisir rasa sakit dan mengurangi pembekakan.

  1. Mengeluarkan Nanah Pada Kondisi yang Parah Supaya Cepat Bisa Mengatasi Cantengan

Kuku yang sudah terinfeksi cantengan dan dibiarkan saja dapat menimbulkan beberapa masalah yang sangat fatal seperti mulai terkandungnya nanah yang berada dibawah kulit atau kuku yang mana tanpa perlu menekanpun sudah sangat nyeri dan berdenyut atau nyut-nyutan dalam bahasa jawanya. Kondisi yang demikian, mungkin tidak lagi bisa diatasi dengan cara-cara sebelumnya, karena mungkin sudah terlanjur parah ataupun apabila tetap dilakukan mungkin tidak akan mempan dalam proses penyembuhannya.

Mengeluarkan nanah merupakan tindakan yang bisa dibilang sangat mengerikan, karena kuku yang terinfeksi tersebut akan dipaksa untuk keluar guna meminimalisir kondisi yang lebih parah ke depannya nanti. Dalam melakukan ini kalian baiknya pergi ke dokter karena dibutuhkan alat yang steril dan keahlian yang profesional.
Selain menggunakan cara-cara diatas untuk mengobati penyakit cantengan, kalian juga bisa menggunakan obat-obat herbal, antara lain:

  1. Jahe Obat Tradisional Untuk Mengatasi Cantengan

Menggunakan jahe juga dapat membantu dalam mengobati penyakit cantengan, karena dalam jahe sendiri banyak mengandung antioksidan dan banyak lagi guna membantu menyembuhkan cantengan secara alami.
Caranya:
  1. Siapkan jahe secukupnya dan minyak kelapa
  2. Kupas bersih jahe dan kemudian cuci agar lebih steril dari kuman
  3. Parut jahe yang sudah dicuci, kemudian campur parutan jahe dengan minyak kelapa
  4. Campur sampai merata setelah itu panggang selama beberapa menit (jangan sampai gosong)
  5. Setelah dibakar tempelkan pada kulit kuku yang terinfeksi dan balut dengan perban
Lakukan hal tersebut sampai kuku terlepas (apabila cantengan sudah parah) atau sampai nyeri pada canteng sudah hilang.

  1. Daun Kuku Pacar, jeruk Nipis, dan Gula Merah Obat Tradisional Untuk Mengatasi Cantengan

Cara selanjutnya ialah dengan menggunakan campuran berbagai bahan diatas guna dapat menyembuhkan penyakit cantengan.
Caranya:
  1. Persiapkan bahan-bahan diatas
  2. Cuci semua bahan hingga bersih
  3. Peras jeruk nipis, karena dalam hal ini kita akan membutuhkan airnya
  4. Tumbuk gula merah sampai halus
  5. Campur semua bahan yang sudah diproses secara merata
  6. Tempelkan pada kulit kuku yang cantengan dan perban selama 4 jam lalu ganti dengan ramuan yang baru.
Pada dasarnya cara-cara diatas perlu dilakukan apabila kalian semua masih mengalami cantengan, namun apabila kalian sudah sembuh dan takut untuk terkena infeksi lagi maka sebaiknya lakukan tindakan pencegahan agar cantengan tidak kambuh lagi atau tidak menginfeksi bagi kalian yang belum pernah. Tindakan pencegahan yang perlu kalian lakukan ialah:
  1. Jangan memotong kuku-kuku terlalu pendek
  2. Jangan memotong kuku mengikuti lengkungan ujung jari, tapi potonglah kuku secara lurus
  3. Rutin menyingkirkan kuku mati atau kulit-kulit keras di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku
  4. Jagalah kebersihan dengan menggunakan kaos kaki yang bersih dan jauhkan dari kaki yang lembab
Demikian artikel tentang bagaimana cara mengatasi penyakit cantengan dan beberapa tips agar terhindar dari penyakit cantengan yang sangat menyiksa. Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat sehingga dapat membantu kalian semua dalam mengatasi penyakit cantengan dan beberapa tindakan pencegahan. Terimakasih.

0 Response to "Tips Bagaimana Cara Mengatasi Cantengan (Paronychia) Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel