Objek Wisata Religi Di Jawa Timur Yang Sering Di Kunjungi Wisatawan

ADMIN
0
Wisata Religi di Jawa Timur – Potensi tempat wisata di Jawa Timur cukup lengkap dan menarik, Selain wisata alam dan Wisata edukasi di Jawa Timur juga terdapat pula wisata religi yang sering di kunjuingi oleh masyarakat seluruh Indonesia. Wisata religi di Jawa Timur ini memang tak kalah dengan wisata lainnya, bahkan bisa di katakan setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung baik itu dari pulau Jawa maupun luar Jawa.

Tempat wisata religi di Jawa Timur memiliki beragam cerita tersendiri yang sangat unik untuk di dengar. Wisata religi di Jawa Timur memang sangat banyak, namun kali ini yang akan kami bahas yaitu wisata religi di Jawa Timur yang terpopuler dan wajib di kunjungi apabila anda sedang berada di daerah tersebut. Langsung saja simak berikut ini.

Objek Wisata Religi Di Jawa Timur Yang Sering Di Kunjungi Wisatawan

Tempat Wisata Religi di Jawa Timur

1. Makam Sunan Ampel Surabaya

Makan Sunan Ampel ini berlokasi di jalan nyampulangan yang berada di tengah-tengah kota Surabaya. Sebagian besar warga yang tinggal di sekitar makam Sunan Ampel ini keturunan arab dan ada juga yang menyebutnya kampung arab. Makam Sunan Ampel ini menawarkan berbagai semarak keberagamaan suku-suku dan budaya yang ada di pulau Jawa. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke makam Sunan Ampel ini juga dapat merasakan kelezatan beragam kuliner yang di tawarkan oleh para pedagang kaki lima di sekitar tempat ini serta ada juga berbagai pakaian khas arab dan jajanan tradisional khas Arab yang berada di pasar Ampel.

Rute Ke Makam Sunan Ampel

Apabila anda menggunakan mobil atau motor pribadi, anda dapat langsung masuk ke sekitar kawasan wisata religi Sunan Ampel ini.

Apabila anda memakai bus umum, maka anda bisa turun ke terminal Bungurasih dan di lanjutkan dengan menaiki sebuah bus kota dengan tujuan Jembatan Merah Plasa, kemudian di teruskan dengan menaiki taksi atau becak dengan tujuan makam Sunan Ampel.

Apabila anda menaiki kereta api, anda langsung saja turun di stasiun Semut dan kemudian menaiki becak dengan tujuan makam Sunan Ampel.

2. Makam Sunan Giri Gresik

Makam Sunan Giri ini memang sedikit berbeda dengan makam Sunan Ampel yang berada di tengah-tengah kota Surabaya, makam Sunan Giri ini berlokasi cukup jauh yaitu berada di puncak salah satu bukit yang di sebut Giri Keraton. Untuk dapat sampai ke makam Sunan Giri ini, para wisatawan terlebih dahulu harus menaiki beberapa anak tangga yang memang berjumlah sangat banyak. Pada sepanjang anak tangga tersebut terdapat para pedagang yang memang menjual beragam makanan-makanan tradisional khas Gresik.

3. Makam Sunan Bonang Tuban

Makam Sunan Bonang berada di sebelah utara alun-alun kabupaten Tuban. Di tempat wisata religi ini menawarkan keunikan tersendiri yang berupa Gapura di pintu masuknya berhias kala makaraya seperti candi. Setelah mengunjungi makam Sunan Bonang, biasanya para wisatawan langsung menyaksikan keindahan arsitektur masjid Agung Tuban yang berwarna-warni. Selain itu para pengunjung juga dapat menikmati kelezatan masakan khas Tuban yang banyak di jual oleh pedagang kaki lima di pinggir-pinggir jalan menuju makam Sunan Bonang.

4. Makam Sunan Drajat Lamongan

Makam Sunan Drajat berlokasi di daerah paciran yang berada di wilayah pinggiran kabupaten lamongan. Makam Sunan Drajat ini lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian kota. Di area makam Sunan Drajat juga terdapat sebuah museum yang masuknya tidak di pungut biaya alias gratis.

5. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik

Selain makam Sunan Giri, di Gresik juga terdapat makam Syekh Maulana Malik Ibrahim atau yang lebih di kenal dengan Sunan Gresik ini berada tidak jauh dari alun-alun kota Gresik. Kompleks pemakaman Sunan Gresik ini lebih tua dari semua Wali Songo juga menyimpan banyak situs sejarah salah satunya yaitu makam para Adipati Tumenggung dan keluarga kerajaan Majapahit. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa mempelajari silsilah budaya Jawa, mulai dari nama-nama tokoh legenda yang ada di kompleks makam Sunan Gresik tersebut.

6. Makam Mbah Hamid Pasuruan

Mbah Hamid adalah salah satu keturunan Sunan Gunung Jati yang menyebar luaskan agama islam di Pasuruan. Makam Mbah Hamid berlokasi tepat di sebelah utara alun-alun Pasuruan. Setiap harinya, makam Mbah Hamid selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan Jawa maupun luar Jawa.

7. Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Tiban atau sering di sebut masjid pintu seribu ini terletak di Desa Sananreji Turen Malang. Masjid yang satu ini mempunyai pintu berjumlah seribu. Masjid Tiban ini merupakan sebuah kompleks pondok pesantren yang berlantai 10 dengan memiliki seni arsitektur yang sangat mengagumkan. Di setiap dindingnya berhias relief pemandangan alam yang sangat unik. Di masjid pintu seribu ini para wisatawan berkesempatan dapat menjalani lorong-lorong kecil sempit dan jalan yang berliku untuk menuju ke taman bergantung yang berada di lantai 9 dan 10.

Nah itulah beberapa pilihan tempat wisata religi di Jawa Timur yang terpopuler saat ini. Terima kasih sudah berkunjung di situs kami semoga bermanfaat.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)