4 Tips Ini Bisa Membuat Kita Lebih Mudah Bersyukur

Daftar Isi
4 Tips Ini Bisa Membuat Kita Lebih Mudah BersyukurBersyukur termasuk salah satu cara untuk membantu kita berbahagia. Lantas, bagaimana caranya.?

Lalu muncul sebuah pertanyaan, bagaimana sih caranya agar kita menjadi lebih mudah bersyukur? Ada gak tipsnya?

Berikut ini 4 tips sederhana yang bisa memotivasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih mudah bersyukur.


4 Tips Ini Bisa Membuat Kita Lebih Mudah Bersyukur


1. Buat Daftar Hal-Hal yang Bisa Kita Syukuri

Ini merupakan tips sederhana yang pertama, yaitu dengan membuat daftar tentang hal-hal yang bisa kita syukuri. Saya yakin daftar itu pasti panjang sekali. Coba yuk kita bikin daftarnya. Lihat sekeliling kita, perhatikan diri kita, bayangkan bagaimana kalau kita hidup tanpa hal-hal luar biasa itu?

Cobalah membayangkan dan menuliskan hal-hal yang bisa Anda syukuri, seperti udara yang sedang kita hirup, darah kita yang mengalir dalam tubuh, mata untuk melihat, telinga yang bisa mendengar, mulut yang bisa berbicara, tangan dan anggota tubuh yang lengkap, musik yang bisa kita dengar, buku dan ilmu yang bisa kita pelajari, panas dan cahaya matahari yang luar biasa itu, air putih yang senantiasa kita minum, kasih sayang dari orang tua, pasangan, pacar atau sahabat, dan banyak sekali hal lain yang bisa kita syukuri.

Ambil contoh kecil saja, dapatkah Anda bayangkan kalau untuk menghirup oksigen itu kita harus membayar? Berapa banyak uang dalam setahun yang harus kita keluarkan hanya untuk membayar oksigen. Itu baru oksigen, belum nikmat lainnya?
Baca Juga : Menyembah Nikmat atau Pemberi Nikmat ?

2. Biasakan Mengucapkan Terima Kasih

Membiasakan diri untuk mengucapkan rasa terima kasih merupakan sebuah kebiasaan yang sangat baik, sebab dengan berterima kasih maka kita bisa menjadi lebih mudah mensyukuri hidup ini.

Biasakan mengucapkan terima kasih, sebagai cocntoh pada saat bangun tidur ucapkanlah terima kasih kepada Tuhan, ketika mendapatkan pertolongan dari teman ucapkan terima kasih, ketika dibantu oleh guru ucapkan terima kasih, dan banyak-banyaklah berterima kasih. Ucapan terima kasih itu menakjubkan lho, dan yang terpenting rasa terima kasih akan menjadikan kita lebih mudah bersyukur.


3. Bayangkan dan Renungkan Hal-Hal Baik yang Menimpa Anda

Mungkin diantara kita memiliki suatu kejadian atau hal-hal baik yang patut disyukuri. Apapun yang Anda alami, barangkali Anda akan tetap mampu menemukan hal-hal baik yang terjadi.

Dengan membayangkan kejadian-kejadian itu, kita akan menyadari betapa beruntungnya hidup kita. Dari kejadian tersebut kita akan jadi lebih mudah bersyukur. Untuk itu, mari kita coba ya?
Baca Juga : Ini Dia 10 Karakter Pemuda Dalam Islam

4. Lihatlah Saudara-Saudara yang Tidak Seberuntung Kita

Di sekitar kita pasti ada saudara-saudara yang tidak seberuntung kita, contohnya sahabat-sahabat kita anak yatim piatu, pekerja kasar yang harus kerja siang malam dan mungkin bayarannya belum mencukupi, mereka yang sedang sakit, dan banyak lagi. Jika saat ini kita sehat, punya pekerjaan yang baik, tak ada salahnya sejenak bersyukur. Bersyukur bahwa hidup kita beruntung.

Sering merenung dan mendoakan para saudara-saudara kita yang lain yang kurang beruntung juga dapat menjadikan kita lebih mudah bersyukur dan mejadikan jiwa yang terasa damai. Oleh karena itu kebiasaan baik itu perlu kita tanamkan dalam keseharian kita.

Itulah 4 tips agar kita lebih mudah bersyukur yang sempat Admin bagikan pada postingan kali ini. Semoga dengan tips di atas bisa menjadikan kita lebih mudah bersyukur di kehidupan ini.

Posting Komentar