Bukan Obat DBD, Ini 9 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ubi Jalar - Ubi jalar yang punya nama latin Ipomoea batatas Lam memang banyak dikenal masyarakat dan mudah di dapati di pasar-pasar. Ubi jalar telah diakui menjadi salah satu sumber makanan yang serba guna. Selain itu memang enak dan memiliki nutrisi tinggi. Menurut situs Klik Dokter, daun ubi jalar mempunyai khasiat aktivitas antikanker, antidiabetes, antiradang, antioksidan, antibakteri, antijamur, antivirus, antiulkus, hepatoprotektif, penyembuhan luka, dan imunomodulator. Karena itu kali ini Pustakawan Barru akan lebih dalam menguak manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan dengan memerinci 9 manfaat diantaranya.

Bukan Obat DBD, Ini 9 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Sementara itu untuk informasi bahwa meminum jus daun ubi jalar bisa menyembuhkan DBD masih sekedar pengakuan dan belum teruji secara klinis. Karena itu sebaiknya tidak terlalu percaya terhadap informasi tersebut. Simak Juga : 12 Jenis Jus yang Dapat Mencegah Penyakit Jantung

9 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Daun ubi jalar mudah dikenali karena tanaman umbi-umbian satu ini banyak dikenal dan ditanam orang. Ada jenis ubi jalar ungu,  kuning maupun putih. Selain umbinya yang merupakan sumber karbohidrat selain padi, daun ubi jalar juga baik dijadikan sayuran tumisan. Nah, daun ubi jalar memiliki manfaat yang luar biasa. Ini 9 diantaranya…

1. Daun Ubi Jalar Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dengan memiliki kandungan vitamin B6 maka daun ubi jalar punya manfaat besar untuk mengurangi risiko ancaman sakit jantung. Kandungan nutrisi dalam ubi jalar juga lebih besar ketimbang sayuran lain.

2. Daun Ubi Jalar Membantu kepadatan tulang

Daun ubi jalar juga merupakan salah satu sumber vitamin K yang berguna untuk mempertahankan kalsium pada tulang sehingga mencegah terjadinya osteoporosis. Telah terbukti juga bahwa vitamin D dan vitamin K bisa dijadikan kerjasama meningkatkan kadar kepadatan tulang.

3. Daun Ubi Jalar Meredakan sakit pada saat haid

Vitamin K dalam daun ubi jalar bisa mengatur fungsi hormon dan meredakan nyeri haid.  Daun ubi jalar juga bisa membekukan darah berlebihan saat haid. Karena itu perlu mengkonsumsi daun ubi jalar agar nyeri haid dan darah yang keluar bisa tidak berlebih.

4. Daun Ubi Jalar Membantu Pembekuan Darah

Daun ubi jalar juga bisa disajikan dalam bentuk osengan dan sejenisnya. Zallegian.com
Daun ubi jalar juga bermanfaat untuk orang yang mengalami kondisi hemofilia, dimana proses pembekuan darah berlangsung lambat. Sehingga ketika seorang penderita hemofilia mengalami luka, maka darah yang keluar akan lama berhentinya. Sementara daun ubi jalar mengandung banyak protein vitamin. Vitamin K yang ada pada daun ubi jalar juga membantu untuk mempercepat pembekuan darah.

5. Daun Ubi Jalar Untuk Penglihatan

Selain mengandung vitamin A, daun ubi jalar juga mengandung vitamin C, zat besi dan vitaminE. Ini membuat daun ubi jalar bisa mencegah gangguan penglihatan. Bahkan menurut satu penelitian menyatakan bahwa asupan vitamin K, E, dan C akan mengurangi kemungkinan terjadinya degerasi makula.

6. Daun Ubi Jalar Untuk Kulit Dan Rambut Lebih Sehat

Vitamin A dalam daun ubi jalar berfungsi membantu regenerasi kulit dan penyembuhan luka. Selain itu daun ubi jalar bisa membantu pembentukan gliko protein yang gunanya adalah untuk mengikat sel pembentuk jaringan lunak di kulit Anda. Daun ini juga akan membantu produksi kolagen yang akan memberi kilau pada rambut.

7. Daun Ubi Jalar Untuk Mengobati Cacingan pada Anak

Manfaat daun ubi jalar selanjutnya adalah untuk mengobati cacingan pada anak. Cacingan yang terjadi pada anak tentu harus mendapat perhatian khusus. Sebab cacingan akan membuat anak-anak menderita anemia, IQ rendah, mengantuk dan berat badan menjadi turun. Caranya pun cukup dengan meminumkan air rebusan daun ubi jalar secara rutin setiap harinya.

8. Daun Ubi Jalar Untuk Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar (BAB)

Sembelit adalah kondisi dimana orang sulit buang air besar. Penyebabnya beragam. Dari yang kurang konsumsi serat hingga alasan lainnya. Nah, manfaat daun ubi jalar kali ini adalah untuk memperlancar BAB. Caranya, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun ubi jalar kemudian airnya diminum secara rutin. Minumlah ramuan ini 2 sampai 3 kali sehari.

9. Daun Ubi Jalar Untuk Mencegah Diabetes

Kondisi produksi hormon insulin yang tidak mencukupi akan membuat seseorang menderita diabetes alias penyakit gula. Daun ubi jalar ini juga bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan meminum air rebusan daun ubi jalar atau mengonsumsinya dalam bentuk lalapan akan membantu normalisasi kadar gula Anda.

Demikanlah ulasan tentang 9 manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 Response to "Bukan Obat DBD, Ini 9 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel