Tour 10 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Berkesan

Daftar Isi
Tour 10 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Berkesan

Meski dijuluki sebagai Kota Minyak, tempat wisata di Balikpapan tetap menarik untuk didatangi. Mungkin Anda lebih mengenal kota ini dengan minyaknya. Meski begitu, pariwisata di Balikpapan dapat memberikan sesuatu hiburan untuk Anda yang mungkin sedang berlibur ke sana.

Kota Balikpapan berada di pesisir tenggara wilayah Kalimantan Timur , kota ini mengarah ke Selat Makassar. Tempat wisata Balikpapan di dukungan dengan infrastruktur yang baik. Selain penerbangan dari berbagai maskapai, Balikpapan juga menyediakan sejumlah hotel berbintang yang menyuguhkan layanan kelas VIP, serta beberapa pilihan hotel dengan tarif terjangkau di sekitar kota.

Lihat Juga : Tour 10 Tempat Wisata di Bali Paling Populer

Ada dua tempat wisata pantai yang menjadi pusat keramaian pengunjung di Balikpapan, yakni Pantai Manggar dan Pantai Kemala. Jika Anda suka dengan wisata alam, maka tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi adalah Hutan Lindung Sungai Wain, hutan tropis yang masih alami serta rumah bagi sejumlah flora dan fauna langka di dunia. Bila ingin sesuatu yang berbeda, Anda bisa pergi ke Penangkaran Buaya Teritip untuk melihat langsung dan memberi makan buaya-buaya di sana.

Tempat Wisata di Balikpapan

Himpunan dari berbagai sumber, berikut ini adalah deretan tempat wisata di Balikpapan yang bisa Anda kunjungi sendiri atau bersama dengan keluarga.

1. Caribbean Island Waterpark

Taman wisata air terbesar di Indonesia Bagian Timur, Caribbean Island Waterpark menyajikan berbagai wahana air yang sangat menarik. Berlokasi di Jl. Kol. Syarifuddin Yoes II Balikpapan, Caribbean Island Waterpark menjadi destinasi populer bersama keluarga di Balikpapan.

Caribbean Island Waterpark Balikpapan
Caribbean Island Waterpark Balikpapan

Menjadi hal yang seru bagi putra dan putri Anda untuk bermain dengan ragam wahana air yang menyenangkan. Anda bisa melihat pemandangan dari salah satu pondok kayu sembari menjaga anak-anak bermain, atau Anda juga bisa ikut melompat ke dalam kolam renang. Selain wisata air, kegiatan lain yang dapat diikuti dari tempat wisata Balikpapan ini adalah menyaksikan pertunjukan air di panggung terbuka atau bermain flying fox.

Untuk bisa masuk, Anda harus membayar tiket masuk Caribbean Island Waterpark sebesar Rp 45 ribu untuk (umum) atau Rp 25 ribu untuk (pelajar). Khusus akhir pekan, biaya tiket masuk berlaku sama untuk semua tingkatan yaitu menjadi Rp 60 ribu per pengunjung.

2. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo merupakan hutan kota di Balikpapan, berada dekat dengan pusat kota. Di dalam area hutan, terlihat jembatan kayu sepanjang 800 meter digunakan sebagai sarana pengunjung agar bisa menikmati indahnya wisata di hutan tersebut.

Hutan Bakau Margomulyo
Hutan Bakau Margomulyo

Tempat wisata Balikpapan yang satu ini menyediakan menara intai, yang digunakan untuk menyaksikan langsung aneka  burung  yang mendiami hutan bakau tersebut. Jika ingin melihat hewan bekantan, Anda harus datang saat pagi hari tiba atau saat matahari mulai terbenam. Jangan khawatir, karena tidak akan dikenakan biaya untuk bisa masuk ke tempat wisata Balikpapan ini. Namun, Anda diharuskan merawat ketertiban lingkungan, jangan sampai membuang sampah sembarangan serta tidak mengambil properti maupun aset apapun yang berada di lokasi.

3. Monpera

Merupakan tugu yang menjadi simbol keberanian warga Balikpapan dalam mempertahankan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Monpera ini terletak di pusat kota Balikpapan, berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman (dekat markas Makodam VI Tanjung Pura). Monumen dengan latar belakang pantai berpasir putih serta dikelilingi taman yang tertata rapih.

Monpera Balikpapan
Monpera Balikpapan

Pada lantai bawah monumen ini, memiliki sebuah museum mini dan pada bagian belakangnya ada panggung terbuka. Saat ada acara atau event khusus, sering ditampilkan pertunjukan-pertunjukan khas tradisional di tempat wisata Balikpapan ini. Untuk bisa masuk ke monumen, akan dikenakan biaya masuk kendaraan sebesar Rp 1000 (roda dua) dan Rp 2 ribu (untuk roda empat).

Lihat Juga : Perang Sampit, Ini Dia Sosok Panglima Burung yang Bisa Bantai Lawan dengan Golok yang Terbang

4. Pantai Kemala (Pantai Polda)

Pantai Kemala merupakan salah satu tempat wisata Balikpapan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih saat akhir pekan dan hari libur tiba. berada di pusat kota Balikpapan, tepatnya di putaran Jln. Jend Sudirman, Balikpapan Selatan. Pantai Kemala dikenal dengan Pantai Polda.

Pantai Kemala di Balikpapan
Pantai Kemala

Di wilayah pantai ini, tersedia berbagai restoran untuk Anda yang ingin mengisi perut sembari menikmati indahnya panorama laut. Aneka menu makanan cukup berfariasi, mulai dari masakan daerah hingga masakan Eropa tersedia untuk Anda. Selain renang di pantai, kegiatan yang bisa dilakukan di antaranya bercengkerama sembari  duduk santai di pinggir pantai serta menikmati hamparan pasir putih dan bersih. Jika ingin mencoba banana boats, Anda harus membayar sebesar Rp 25 ribu per orang. Bahkan untuk bermain jet ski bisa dilakukan di tempat wisata Balikpapan ini, Anda bisa menyewa jet ski dengan biaya Rp 800 ribu per orang selama 1 jam.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, Anda harus membeli tiket masuk sebesar Rp 500 per orang. Jika Anda menggunakan kendaraan, maka dikenakan tarif Rp 1000 (untuk roda dua) dan Rp 2 ribu (untuk roda empat).

5. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru menjadi objek wisata pantai di Balikpapan dan menawarkan suasana tenang bagi Anda yang mencari tempat bersantai. Pohon cemara di areal pantai menyuguhkan Anda rasa rileks yang begitu nyaman dilengkapi dengan panorama laut nan indah. Pada umumnya, daerah wisata Pantai Lamaru ini akan ramai di saat penghujung akhir pekan.

Pantai Lamaru di Balikpapan
Pantai Lamaru di Balikpapan


Pantai ini menyediakan warung, toko, toilet, serta fasilitas parkir yang baik. Bila Anda ingin menaiki perahu sepeda, Anda bisa mencobanya di tempat wisata Balikpapan ini. Untuk bisa masuk, Anda harus membeli tiket masuk Pantai Lamaru seharga Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka dikenakan tarif kendaraan sebesar Rp 2.500 (untuk roda dua), Rp 5 ribu (untuk roda empat), dan Rp 15 ribu (untuk bus).

6. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan tropis yang masih belum ter-jamah tangan jahil yang ada di Balikpapan. Dengan luas wilayah sebesar 10 ribu ha, Hutan Lindung Sungai Wain merupakan tempat perlindungan sejumlah satwa dan flora langka, seperti beruang madu, bekantan, orang utan, kantong semar, serta tumbuhan endemik Balikpapan yang dijuluki dengan Jahe Balikpapan.

Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain

Terletak di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda, terdapat empat pilihan paket kunjungan yang bisa Anda tentukan untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berkesan di tempat ini. Paket ini golongkan berdasarkan jumlah tamu yang berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp 350 ribu untuk Paket A (1-6 tamu).

Tersedia dua paket tour, yaitu tour “Mangrove serta Selok Puda” dan tour “Track Eko PLH Kebun Raya”. Ada pun, pemandu wisata yang akan menemani Anda dalam menyusuri tempat hutan lindung tersebut.

Lihat Juga : Cara Menjadi Agen Pulsa Termurah dan Tercepat Tanpa Modal

7. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari merupakan pantai yang ramai dikunjungi saat akhir pekan tiba dan menjadi padat tatkala hari libur menerpa. Di pantai ini, Anda bisa menikmati panorama laut sembari bersantai, atau menaiki perahu untuk berkeliling pantai. Tak heran, jika banyak keluarga yang memilih pantai ini sebagai salah satu tempat wisata yang menarik di Balikpapan.

Pantai Manggar Segara Sari
Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari, memiliki banyak warung makanan di mana Anda bisa menyantap macam kuliner lokal yang berada di kawasan pantai. Selain tersedia panggung hiburan, kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata Balikpapan ini di antaranya adalah bermain layang-layang, bermain bola, jet ski, banana boat, bermain perahu ban, berenang, volley pantai, hingga bersepeda. Atau ingin sekedar bersantai di bawah deretan pohon yang rindang.

Anda akan dikenai tiket untuk masuk Pantai Manggar Segara Sari seharga Rp 1.000 per orang. Jika membawa kendaraan sendiri, akan dikenai sekitar Rp 2.500 (untuk roda dua), Rp 5 ribu (untuk roda empat), dan Rp 15 ribu (untuk bus).

8. Pasar Kebun Sayur

Pasar Kebun Sayur merupakan tempat kerajinan tangan di Balikpapan. Kawasan ini dapat disebut pula sebagai pusat oleh-oleh asli Balikpapan, tempat di mana Anda bisa membawa pulang cenderamata seperti kerajinan batu-batu permata, batik motf ampik, manik-manik hingga kerajinan tradisional Dayak (mandau serta senjata lainnya).

Pasar Kebun Sayur di Balikpapan
Pasar Kebun Sayur di Balikpapan

Berlokasi di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan, Anda bisa berkunjung di tempat wisata Balikpapan yang satu ini kapan pun, karena buka setiap hari.

Pasar Kebun Sayur umumnya buka sejak pukul 8 pagi sampai jam 6 sore WITA. Jika Anda mencari kuliner masakan khas Balikpapan, sebut saja amplang kuku macan, bisa Anda dapatkan di Pasar Kebun Sayur ini.

9. Penangkaran Buaya Teritip

Inilah titik penangkaran buaya di Kalimantan Timur, sebuah pusat penangkar di mana terdapat sekitar 1.450 ekor buaya, dari jenis buaya muara hingga dua spesies buaya yang sedang terancam punah, yakni buaya supit dan buaya air tawar.

Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran ini dikelola sejak tahun 1991 dan beroperasi di lahan seluas 5 ha. Kegiatan menarik di tempat ini adalah memberi makanan kepada buaya tersebut. Namun, Anda harus membayar seharga Rp 10 ribu untuk satu ekor ayam hidup yang hendak menjadi makanan bagi para buaya. Jika Anda sudah puas menyaksikan sekaligus memberi makan buaya tersebut, mungkin Anda akan tertarik untuk menaiki gajah lampung di tempat penangkaran ini.

Mungkin ada yang belum tau, bahwa di tempat ini Anda dapat menikmati sajian kuliner ekstrim yaitu, sate buaya yang bandrol dengan harga Rp 3 ribu per tusuk. Sate daging buaya dapat dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Tak kurang pula, Anda bisa sekalian membeli cenderamata berbentuk buaya serta aneka olahan kreatif berbahan kulit buaya, seperti tas, dompet, ikat pinggang, hingga tali jam tangan.

Tempat wisata di Balikpapan ini terbuka untuk umum setiap harinya, sejak pukul 8 pagi hingga jam 5 sore WITA. Untuk bisa masuk, Anda harus membeli tiket masuk Penangkaran Buaya Teritip seharga Rp 10 ribu per orang.

Lihat Juga : Kisah Jilbab, Pergaulan Bebas Pria dan Wanita

10. Taman Bekapai

Inilah taman kota yang berada di jalan protokol Balikpapan. Terletak di pusat kota, Taman Bekapai merupakan ruang terbuka yang menjadi tempat bersantai dan nongkrong di tengah sibuknya kehidupan kota Balikpapan.

Taman Bekapai Balikpapan
Taman Bekapai Balikpapan

Di taman ini, menyediakan fasilitas Wi-fi untuk akses internet dan tanpa dikenakan biaya apapun. Anda dapat ber-internet ria sembari bersantai dengan teman atau keluarga di taman kota ini.

Bagian sisi luar taman, berjajar sekumpulan pedagang yang menjual makanan dan minuman untuk Anda yang ingin mengisi perut. Tak heran, taman ini menjadi tempat yang menarik di Balikpapan bagi siapa saja yang ingin rileks. Itulah sebab taman tersebut diberi nama Bekapai, yang artinya bersantai.

Posting Komentar