--> Skip to main content

10 Pantai di Jakarta Yang Menjadi Tempat Wisata

10 Pantai di Jakarta Yang Menjadi Tempat Wisata

Sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta dikenal sebagai kota yang sesak, macet, dan mempunyai sedikit wisata alam. Sebagai ibukota, Jakarta menyimpan banyak sekali sejarah, sehingga lebih banyak tempat wisata bersejarah yang mudah anda temukan di sini. Monumen Nasional (Monas) atau Kota Tua menjadi salah satu wisata sejarah yang populer di Jakarta.

Namun tak disangka kota super padat ini juga mempunyai potensi wisata pantai yang indah. Akankah pantai di Jakarta dan sekitarnya dapat membuat kepenatan akan kemacetan di Jakarta menghilang? Tentu saja, bahkan terbilang cukup banyak! Dalam bahasan kali ini, akan menyajikan beberapa referensi pantai di Jakarta yang menjadi tempat wisata, Tertarik? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pantai Ancol

Panorama Pantai Ancol Saat Senja
Panorama Pantai Ancol Saat Senja

Ancol menjadi salah satu ikon destinasi wisata pantai di kota Jakarta. Tempat wisata ini sangat populer sekali, sehingga tak heran jika mereka yang datang dari luar kota Jakarta atau pun dari dalam kota sendiri sering berkunjung ke Ancol. Saat musim liburan tiba, Ancol selalu padat dengan pengunjung. Ini dikarenakan oleh banyaknya hiburan yang diberikan oleh Ancol, seperti gelanggang samudera, dunia fantasi (dufan) dan masih banyak lainnya yang membuat Anda betah di tempat ini.

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Terlihat Sangat Menarik
Kepulauan Seribu Terlihat Sangat Menarik

Walau terpisah dari pulau Jawa, kepulauan seribu dihitung sebagai bagian dari provinsi DKI Jakarta. Di kepulauan yang luasnya hingga 108.000 hektar ini menyimpan banyak destinasi eksotis yang harus Anda kunjungi, seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulai Harapan dan Pulau Pari. Di kepulauan yang berada sekitar 45 km di utara kota Jakarta ini tidak hanya permukaan laut-nya yang indah, wisata bawah laut-nya pun menarik untuk dijelajahi.

3. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari Menjadi Bagian Dari Kepulauan Seribu
Pulau Bidadari Menjadi Bagian Dari Kepulauan Seribu

Pulau Bidadari merupakan salah satu dari pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Untuk sampai ke tempat wisata pantai di Jakarta ini, bisa melalui dermaga Marina di Taman Impian Jaya Ancol dengan menyewa speed boat selama sekitar 30 menit. Yang khas dari pulau ini yaitu pasir putihnya dan laut biru yang jernih. Di Pulau Bidadari tersedia cottage darat dan juga cottage terapung yang menjadi pilihan banyak wisatawan sebagai tempat berakhir pekan. Selain itu, panorama yang indah dan asri juga cocok untuk melakukan berbagai jenis olahraga, seperti misalnya olahraga air, bersepeda, atau hanya sekedar bersantai menikmati biru-nya langit sembari berjemur di bawah sinar matahari.

4. Pulau Tidung

Pulau Tidung Menjadi Pulau Yang Terasa Damai
Pulau Tidung Menjadi Pulau Yang Terasa Damai

Masih di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung memiliki paduan pasir pantai putih serta laut tenang dan cocok untuk Anda yang ingin mencari tempat wisata di sekitar Jakarta dengan penuh kedamaian. Pulau ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil yang terhubung dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Pada Pulau Tidung Besar terdapat penduduk dengan jumlah terbanyak di antara pulau-pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu. Untuk dapat sampai ke pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari Pelabuhan Muara Angke hingga sampai tujuan.

5. Pulau Pramuka

 Salah Satu Resort di Pulau Pramuka

Salah Satu Resort di Pulau Pramuka

Pulau ini berada di tengah gugusan laut dari Kepulauan Seribu. Di Pulau Pramuka ini terdapat banyak pemukiman yang bekerja sebagai nelayan sekaligus pemilik penginapan untuk disewakan kepada para wisatawan. Cukup banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau ini seperti misalnya memancing, snorkeling, diving berkano, atau sekedar menikmati pantai yang indah. Di pulau ini juga Anda bisa menemukan sebuah penangkaran penyu sisik, mungkin akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

6. Pulau Pari

Pulau Pari Terlihat Mirip Jika Dilihat Dari Sudut Ini
Pulau Pari Terlihat Mirip Jika Dilihat Dari Sudut Ini

Karena mempunyai bentuk yang terlihat seperti ikan Pari jika diambil dari tampak atas, pulau ini pun kemudian dinamakan Pulau Pari. Dengan pasir putih yang terasa lembut dan kawasan pantai yang damai, pulau ini sangat cocok untuk Anda yang suka ketenangan.

Di sisi lain, pulau ini pun menjadi kawasan Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Jika ingin mengunjungi pulau ini, Anda dapat melalui Dermaga Marina di Ancol atau mulai dari Pelabuhan Muara Angke dengan jarak tempuh 1 hingga 1,5 jam jika menggunakan speed boat. Atau bisa juga dari Pulau Tidung, Pulau Rambut, Pulau Lancang dan Pulau Pramuka dengan jarak perjalanan yang relatif singkat, yaitu sekitar 30 menit saja.

7. Teluk Jakarta

Teluk Jakarta Tempat Yang Pas Untuk Bersantai
Teluk Jakarta Tempat Yang Pas Untuk Bersantai

Teluk Jakarta merupakan kawasan yang masih menjadi bagian wilayah dari Kepulauan Seribu. Tempat ini bisa menjadi destinasi yang pas untuk melepaskan penat setelah lelah berkutat dengan rutinitas harian yang padat. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di sini seperti menyewa kapal untuk berkeliling. Anda dapat menyewa kapal dari Ancol atau menggunakan kapal milik nelayan yang terdapat di Teluk Gong, Tangerang. Di sini juga tersedia cottage yang bisa Anda sewa untuk menghabiskan malam dan menjauh sejenak dari padatnya aktivitas Jakarta. Ingin menyaksikan indahnya terumbu karang? Cobalah untuk melakukan snorkeling di laut yang dangkal.

8. Pantai Anyer

Pantai Anyer Memiliki Daya Tarik Tersendiri Bagi Wisatawan
Pantai Anyer Memiliki Daya Tarik Tersendiri Bagi Wisatawan

Terletak sekitar 30 km dari bagian barat Jakarta atau tepatnya ada di Serang, Banten. Pantai ini juga termasuk pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Banyak yang memilih Pantai Anyer sebagai tujuan wisata karena pantainya yang indah serta didukung dengan fasilitas akomodasi yang cukup lengkap. Dari kawasan pantai ini, Anda dapat melihat Gunung Rakata, yang menjadi anak dari Gunung Krakatau dan terlihat menjulang di balik laut. Di Pantai Anyer juga memiliki mercusuar yang merupakan peninggalan kolonial Belanda di masa lalu.

9. Pantai Carita

Pantai Carita Sangat Populer di Banten
Pantai Carita Sangat Populer di Banten

Pantai ini juga berada di Banten, tepatnya di Kabupaten Pandeglang. Untuk Anda yang ada di Jakarta dan sekitarnya, pasti sudah tak asing lagi dengan pantai ini. Pasir putih nan cantik dan air laut yang biru menjadi keistimewaan yang akan Anda temukan di sini. Di area Pantai Carita ini sudah banyak terdapat penginapan atau villa sebagai tempat bermalam, dan juga fasilitas hiburan lainnya yang tak kalah menarik.

10. Pantai Sawarna

Pesona dari Pantai Sawarna Yang Masih Terjaga
Pesona dari Pantai Sawarna Yang Masih Terjaga

Pantai Sawarna merupakan pantai yang masih terasa alami, karena belum dikelola dan dikembangkan seperti pantai di Banten lainnya. Ada tiga daerah pantai yang harus Anda datangi saat berada di Pantai Sawarna ini yaitu Pantai Karang Ciantir, Pantai Karang Taraje dan Pantai Bokor. Di pantai ini, Anda bisa melakukan kegiatan menyelam atau cave tubing, karena tempat ini memiliki banyak gua batu kapur yang dapat Anda jelajahi. Ada juga homestay yang sudah disediakan untuk bermalam di pantai ini bagi Anda yang ingin berlibur panjang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar