Skip to main content

Tour 12 Tempat Wisata di Korea Selatan Seoul

Tour 12 Tempat Wisata di Korea Selatan Seoul



Tempat wisata di Seoul Korea Selatan menjadi salah satu tujuan wisata yang populer, terutama di kalangan penduduk Asia seperti China, Jepang, Taiwan, dan Hongkong. Seiring dengan pengenalan budaya korea dari berbagai siaran televisi hingga musik Indonesia, jumlah pengunjung wisatawan Indonesia ke Korea Selatan mengalami lonjakan dari waktu ke waktu. Tak hanya di Indonesia, “Korean Popular” atau yang lebih dikenal dengan K-Pop menjadi fenomena tersendiri di berbagai negara. Banyak destinasi menarik yang bisa Anda temukan dari banyaknya tempat wisata di Korea Selatan. Mulai dari sejarah perang korea hingga ke berbagai tempat syuting drama Korea yang populer di masanya.

Dari Bandara Internasional Incheon, Anda bisa sampai di kota Seoul dengan menggunakan kereta Airport Railroad Express (AREX), bus limosin bandara, subway Seoul, atau taksi. Paling cepat menggunakan kereta Airport Railroad Express (AREX), tanpa hambatan dan hanya butuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai stasiun Seoul. Dengan menaiki bus limosin bandara, Anda akan merasakan sesuatu yang menyenangkan, karena terdapat kursi berbaring yang nyaman disertai tempat kaki yang luas untuk bersantai sampai tiba di tujuan.


Tempat Wisata di Korea Selatan

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Korea Selatan yang populer bagi kalangan wisatawan dunia. Keseluruhan tempat wisata ini terletak di kota Seoul, karena kota tersebut menjadi yang paling ramai di Korea Selatan.


1. Monumen Peringatan Perang Korea

Monumen Peringatan Perang Korea
Monumen Peringatan Perang Korea

Monumen ini berada di lahan seluas 20 ribu m2, berlokasi di daerah Yongsan-Dong yang dulunya merupakan markas tentara Korea. Kawasan ini memiliki museum yang menjadi bagian tempat ini. Terdapat ragam layar interaktif di dalam museum dengan teknologi layar sentuh yang dapat memberi wawasan bagi pengunjung. Monumen ini menjadi memori masa kelam dalam sejarah perang Korea, dan menceritakan tentang konflik pada yang terjadi sekitar 60 tahun yang lalu. Terdapat berbagai macam barang peninggalan serta peralatan militer dengan jumlah mencapai 13 ribu item. Monumen ini dapat Anda masuki tanpa dikenakan biaya alias gratis. 


2. Teater Nanta di MyeongDong

Teater Nanta di Myeong-Dong
Teater Nanta di Myeong-Dong

Lokasi pementasan Teater Nanta ini terletak pada lantai 3 dan lantai 5 di Gedung UNESCO pusat keramaian Myeongdong. Anda akan disajikan sebuah drama komedi non-verbal dengan setting latar dapur dan menggunakan peralatan masak sebagai alat musik perkusi. Banyak yang menyaksikan merasa terpukau dengan pentas teater tersebut karena aksi teatrikalnya yang dikombinasikan dengan kelihaian menggunakan alat-alat dapur sebagai instrumen musik. 

Untuk bisa menyaksikan tontonan ini, Anda harus membayar tiket pertunjukan teater Nanta berkisar 40 ribu hingga 60 ribu won, yang dapat dibeli di kios pembelian tiket atau membelinya secara online.


3. Taman Nasional Bukhansan

Taman Nasional Bukhansan
Taman Nasional Bukhansan

Bukhansan yang berarti “Gunung Han Utara” karena letaknya berada di sebelah utara sungai Han, Korea. Taman Nasional Bukhansan, memiliki banyak tempat seperti puncak granit, ngarai,  dan aliran sungai yang jernih. Inilah tempat hiking Seoul, sebuah lokasi untuk menyaksikan panorama alam yang indah dari ketinggian puncak.

Tempat wisata di Korea Selatan ini memiliki luas area sekitar 78 km dan berada tepat di pusat kota Seoul. Memiliki lebih dari 1.300 spesies flora dan fauna serta, Anda bisa melihat salah satu peninggalan bersejarah Korea di taman ini, yaitu Benteng Bukhansanseong yang telah berdiri lebih dari 2.000 tahun lamanya.


4. Seoul Arts Center (Pusat Kesenian Seoul)

Seoul Arts Center
Seoul Arts Center

Gedung yang difungsikan sebagai tempat pementasan kesenian di Seoul, didirikan pada tahun 1984 dan memiliki sembilan buah bangunan dengan kegunaannya masing-masing, seperti Music House, Opera House, dan sebagainya. Di Seoul Arts Center ini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya dan pameran, beruapa tarian, teater, opera, hingga musik dan film. Di tempat inilah markas berkumpul organisasi kesenian dan kebudayaan penting di Korea Selatan. Bangunan ini berada di daerah Seocho-gu, Korea.


5. Kuil Bongeunsa

Kuil Bongeunsa Seoul
Kuil Bongeunsa Seoul

Kuil Bongeunsa berada di distrik Gangnam, Seoul. Sebuah kawasan yang merupakan wilayah elit dengan pertumbuhan ekonomi yang begitu cepat. Distrik inilah tempat bangunan kuil tua berdiri, didirikan pada tahun ke-10 oleh pemerintahan Raja Shilla Wongseong’s atau sekitar 794 tahun yang lalu.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Korea Selatan ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Namun, Anda harus mengikuti jalur yang sudah ditetapkan saat sedang menyusuri setiap bangunan di kuil tua ini. Kuil Bongeunsa merupakan kuil Buddha yang menarik, karena tampak kontras dengan bangunan tinggi dan modern di sekitarnya, namun tak bisa mengalahkan pesona dari kuil ini.


6. Istana Changdeok (Changdeokgung)

Istana Changdeok
Istana Changdeok

Sebuah kompleks milik istana dari Dinasti Joseon di Seoul, Korea Selatan. Istana Changdeok merupakan satu dari 5 istana megah yang dibuat sebagai tempat bernaung keluarga kerajaan. Makna dari Changdeokgung yaitu Istana Kemakmuran. Anda dapat melihat arsitektur Korea di masa lampau. Istana yang cukup luas dengan kontur tanah yang naik turun. Bagian istana yang paling populer yaitu Taman Rahasia (Secret Garden) yang berada di belakang istana. 

Lokasi Taman Rahasia tidak lah tersembunyi, disebut rahasia karena taman ini hanya boleh didatangi oleh kaisar dan istrinya atau keluarga kerajaan saja. Secret Garden ini telah digunakan sebagai lokasi syuting sejumlah drama Korea. Dengan membayar tiket tour berkeliling sebesar 3000 won Anda dapat masuk ke tempat ini


7. Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung)

Istana Gyeongbok
Istana Gyeongbok

Istana Gyeongbok menjadi simbol keagungan kerajaan serta rakyat Korea, dibangun pada tahun 1395. Istana Gyeongbok merupakan yang terbesar di Korea Selatan, milik Dinasti Joseon. Saat memasuki gerbang utama Gwanghamun, Anda akan disambut oleh hamparan batu yang luas.

Dalam istana Gyeongbok, terdapat sebuah Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea). Di destinasi wisata yang satu ini, Anda bisa menyewa baju tradisional Korea, dan berfoto ria untuk mengabadikan momen wisata menarik di sana. Untuk sekedar tour berbahasa Inggris di tempat ini tidak dipungut biaya. Tentunya, tiket masuk ke Istana Gyeongbok ini akan dikenakan biaya sebesar 3 ribu won.


8. Myeongdong

Myeongdong Korea Selatan
Myeongdong Korea Selatan

Inilah yang menjadi pusat wisata belanja di Korea Selatan. Myeongdong merupakan surga bagi pecinta belanja di Korea Selatan. Berbagai model pakaian terbaru dapat Anda temukan di sini. Dengan berkunjung ke Myeongdong Anda akan mengetahui tren berpakaian di sana. Selain pakaian, tempat ini juga banyak yang menjual berbagai macam produk kosmetik mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tak heran, jika Anda melihat berbagai santapan kuliner yang menarik di Myeongdong, mulai dari pedagang pinggir jalan hingga ke tempat makan dan resto. 


9. Bukchon Village

Bukchon Village
Bukchon Village

Di tempat wisata yang satu ini, Anda bisa melihat rumah tradisional yang berjejer rapi di sebuah pedesaan yang masih terpelihara dengan baik. Daerah ini terlihat dikelilingi oleh tingginya bangunan-bangunan masa kini yang berada di kota Seoul. Bukchon Village terletak di antara Istana Changdeok, Istana Gyeokbok, dan Jongmyo Shrine. Anda bisa menaiki subway line 3 menuju Anguk Station, lalu berhenti di pintu 2. 

Setelah sampai di Anguk Station, cukup berjalan ke arah utara sekitar 300 meter untuk dapat sampai tujuan. Tak ada yang lebih mengasikan selain menikmati sore hari sambil berfoto dan melihat panorama dari bangunan-bangunan tua serta menyusuri desa tradisional di sepanjang jalan.


10. Namsan Seoul Tower ( N Seoul Tower)

Namsan Seoul Tower
Namsan Seoul Tower

Menara dengan ketinggian mencapai 237 meter ini berada di Gunung Namsan, sebuah tempat wisata di Korea Selatan yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan menjadi ikon wisata Seoul yang terkenal di Negeri Gingseng tersebut. Anda bisa menaiki Cable Car dari Gunung Namsan, dan berjalan menuju menara Seoul dengan jarak yang relatif singkat. Setibanya di menara, pengunjung akan disajikan berbagai macam restoran dan toko suvenir. Kegiatan yang paling menarik di tempat ini adalah melihat panorama kota Seoul di atas ketinggian menara.

Uniknya lagi di puncak menara terdapat sebuah lokasi yang bernama Love Lock. Anda bisa mengabadikan dan mengunci rasa cinta Anda terhadap pasangan dengan memasang gembok di sisi pagar, lalu melempar kuncinya sebagai tanda harapan cinta kasih akan terus bersama. Drama Korea yang populer, seperti Boys Before Flowers, Princess Hours, dan beberapa film lainnya sering menggunakan tempat ini untuk lokasi syuting.


11. National Folk Museum of Korea

National Folk Museum of Korea

Museum ini menjadi museum yang terbesar di Korea Selatan, memiliki koleksi benda-benda dan artefak yang pernah digunakan oleh masyarakat Korea Selatan di masa lalu hingga saat ini. Arsitektur museum ini mengikuti desain bangunan-bangunan seperti kuil Buddha yang terkenal di Korea. Mempunyai 3 ruang pameran dalam museum, yaitu ruang yang menggambarkan tentang “Sejarah Orang Korea” di masa pra-sejarah sampai masa kerajaan Dinasti Joseon pada tahun 1910, adapun ruangan “Gaya Hidup Orang Korea”, serta ruangan “Pola Hidup Orang Korea dari Kecil hingga Meninggal”.


12. Olympic Park Seoul

Olympic Park Seoul
Olympic Park Seoul

Olympic Park adalah sebuah kompleks olahraga Olympic yang terletak di kawasan Songpa sekaligus menjadi tujuan refresing yang paling populer. Di masa lalu, daerah ini merupakan tempat pemeliharaan ulat sutra di masa Dinasti Joseon. Taman Olympic ini, memiliki sebuah bangunan yang sering disebut dengan pintu gerbang perdamaian (peace gate).

Anda bisa mengeksplorasi taman ini dengan berjalan kaki karena areal nya yang sangat luas. Atau, Anda dapat menyewa sebuah sepeda di taman ini untuk membantu berkeliling dengan lebih santai, untuk uang sewanya sekitar 25 ribu won per unit. Olympic Park mempunyai beberapa zona, di antaranya Taman Rekreasi Olahraga, Taman Seni Budaya, Taman Pengalaman Sejarah, dan Taman Lingkungan Hidup.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar