Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Wisata ke China: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui

Tips Wisata ke China – China atau yang sudah berganti nama menjadi Tiongkok adalah sebuah negara dengan penduduk terbanyak di Dunia. Bahkan National Geographics pernah merilis penduduk paling tipikal di Dunia, yang mana hasilnya adalah laki-laki berkebangsaan China.

Tips Wisata ke China: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui
Tembok Besar China


Tips Wisata China

Selain penduduknya, China juga memiliki kehebatan lain di antaranya bahasa Mandarin yang wacananya akan menjadi bahasa Internasional di beberapa tahun mendatang, kemajuan industrinya dalam memproduksi barang yang diekspor, serta kemajuan teknologinya yang canggih. China juga memiliki berbagai obyek wisata yang menarik, seperti Great Wall, Forbidden City, atau Tibet.

Nah, agar wisata di China menjadi lebih nyaman, pahami dulu beberapa tips wisata ke China berikut ini.

1. Libur Nasional China

Selain beberapa musim liburan umum seperti Natal dan Tahun Baru, China juga memiliki hari libur nasionalnya sendiri. Dari beberapa hari libur tersebut, terdapat dua hari libur yang biasanya digabung dengan akhir pekan sehingga menjadi long weekend. Hal ini dikenal dengan nama ‘Golden Week‘ di China. Golden week tersebut adalah saat libur Spring Festival Week yakni sekitar bulan Februari, dan National Day Week yakni awal Oktober.

Mungkin Anda ingin menghindari waktu-waktu tersebut, karena warga lokal China akan banyak yang ‘berkeliaran’ sehingga tempat umum seperti obyek wisata dan stasiun kereta atau bus akan dipadati orang. Anda juga bisa mengantisipasinya dengan mengikuti travel package sehingga tiket transportasi dan tiket masuk obyek wisata Anda akan aman.

2. Bahasa

Tips wisata ke China berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah Bahasa. Bahasa yang digunakan di China tentu saja Mandarin dengan berbagai jenisnya. Jangan terlalu berharap Anda dapat berkomunikasi dengan warga lokal menggunakan bahasa Inggris. Rata-rata, warga lokal China tidak mengerti bahasa Inggris sama sekali, terutama di daerah pinggiran kota atau pedesaan.

Namun di beberapa kota besar seperti Shanghai atau Beijing, akan ada lebih banyak orang yang paham bahasa Inggris, terutama warga yang masih muda atau anak sekolah, staf hotel atau bank dan berbagai jasa lainnya. Beberapa minggu sebelum keberangkatan, persiapkan diri Anda dengan beberapa kosakata dan kalimat umum dalam bahasa Mandarin. Beli kamus Mandarin dengan cara mengeja agar komunikasi lebih lancar.

3. Listrik

Di China, umumnya listrik tersedia dalam 220V. Namun pada beberapa hotel di China, tersedia juga listrik dalam 110V dan 220V. Tipe socket yang digunakan di China adalah tiga lubang dengan bentuk persegi panjang tipis.

Jadi, tips wisata ke China selanjutnya adalah membawa adaptor untuk charger atau perangkat elektronik Anda yang lain, karena socket yang digunakan berbeda dengan yang digunakan di Indonesia. Belilah adaptor di Indonesia sebelum keberangkatan. Anda bisa melihat rupa socket yang digunakan di China dari internet.

4. Air Minum

Tidak seperti di kebanyakan Negara Eropa, air keran di China tidak bisa langsung diminum, sama seperti di Indonesia. Anda harus memasaknya terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Selain itu, jika sumber air minum Anda adalah tong plastik yang besar, pastikan Anda hanya mengonsumsinya tidak lebih dari seminggu. Hal ini harus dilakukan agar Anda terhindar dari potensi bakteri yang mungkin muncul, terutama pada saat musim panas.

5. Berbelanja

Di China, budaya tawar menawar juga lazim dilakukan. Jadi, jangan ragu untuk menawar harga, asalkan tidak di mall atau butik mahal. Selain itu, simpan struk pembelian Anda untuk menukar ukuran atau warna. Lagipula, terkadang peraturan di China akan menuntut Anda untuk menunjukkan semua struk pembelian Anda sebelum meninggalkan China.

Selain tips wisata ke China di atas, Anda juga perlu tahu beberapa nomor darurat di China. Anda bisa menghubungi 110 untuk semua keadaan darurat yang akan langsung terhubung dengan polisi China.

Post a Comment for "Tips Wisata ke China: Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui"