Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

Mungkin banyak diantara kita yang cuma mengetahui bahwa manfaat kopi hanya sebagai penghilang rasa kantuk dan minuman penyemangat di pagi hari. Ya, Kopi memang mengandung kafein yang membuat anda lebih segar sehingga bisa menghilangkan rasa ngantuk disela-sela aktifitas anda. Nah, selain bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk ternyata kopi juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Dalam artikel ini kami akan membahas 6 manfaat kopi bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

6 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

Berikut ini 6 manfaat minum kopi bagi kesehatan manusia.

#1. Mencegah depresi

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam sebuah laporan berjudul “Archives of Internal Medicine” yang dilakukan pada tahun 2011 ditemukan bahwa dengan minum kopi dua hingga tiga gelas sehari, resiko akan depresi lebih rendah 15 persen dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Sedangkan mengkonsumsi empat cangkir kopi setiap hari memiliki resiko 20 persen lebih rendah terkena depresi.

#2. Mengurangi resiko kanker

Dalam minuman kopi terdapat juga kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini dipercaya dapat melindungi tubuh dari tumbuhnya berbagai jenis kanker. Menurut penelitian di Jepang yang dilakukan kepada beberapa perempuan didapatkan hasil bahwa perempuan yang minum dua gelas kopi secara rutin setiap hari memiliki resiko 25% lebih rendah terkena penyakit kanker usus besar.

#3. Meningkatkan kinerja tubuh

Seperti kita tahu bahwa kopi memiliki zat kafein yang dapat meningkatkan performa tubuh manusia. Dengan kafein yang terkandung didalamnya kopi mampu membuat kinerja tubuh menjadi meningkat dan selalu bersemangat dalam melakukan berbagai aktifitas. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 terhadap atlet-atlet olahraga, ditemukan bahwa kopi dengan zat kafeinnya mampu meningkatkan daya tahan dan performa atlet dalam waktu jangka panjang. Hal ini membuat atlet tampil lebih baik selama latihan, bahkan ketika atlet dalam keadaan kurang tidur, meminum kopi satu jam sebelum melakukan latihan juga meningkatkan kinerja tubuh mereka lebih baik.

#4. Mencegah diabetes

Selain mengandung kafein, kopi juga mengandung asam klorogent. Asam yang ada pada kopi ini mampu menghambat kadar gula berlebih di dalam tubuh. Menkonsumsi kopi secara rutin menurut penelitian baru-baru ini bisa menurunkan resiko diabetes sampai 50%.

#5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain memiliki empat manfaat diatas, kopi juga mampu membantu mempertahankan dan menurunkan berat badan. Sebuah penelitian pada tahun 1980 ditemukan bahwa kopi yang memiliki zat kafein ini bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik, sehingga pada orang yang memiliki berat standar atau normal bisa mempertahankan bentuk tubuhnya. Sedangkan bagi orang yang mengalami berat tubuh berlebih atau yang mengalami obesitas, kopi mampu menurunkan berat badan berlebih.

#6. Mempertajam memori ingatan

Penelitian oleh Radiological of North America pada tahun 2005 lalu, menghasilkan sebuah penemuan bahwa dengan minum dua cangkir kopi secara rutin mampu membantu meningkatkan memori ingatan jangka pendek dan jangka panjang, uniknya manfaat ini hanya untuk wanita saja, tidak untuk laki-laki.

Nah, itulah 6 Manfaat minum kopi bagi kesehatan manusia. Semoga artikel ini bisa memperluas wawasan anda khususnya dalam bidang kesehatan.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan"