Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tiga Tips Menulis yang Gampang Banget

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi kamu yang mempunyai hobi merangkai kata-kata. Meski terbilang sangat menyenangkan, namun tak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang juga tidak terlalu menyukai kegiatan ini, karena dianggap sebagai sesuatu yang sulit untuk dikerjakan. Padahal sebenarnya, menulis adalah sesuatu yang mudah jika kamu mengetahui triknya loh. Penasaran? Yuk simak tiga tips dalam menulis yang harus kamu ketahui.

Tiga Tips Menulis yang Gampang Banget


Rajin Membaca

“Banyak membaca banyak tahu, banyak tahu banyak ilmu.” Pernah mendengar kalimat tersebut? Saya rasa pernah ya, karena kalimat tersebut merupakan peribahasa yang sejak dulu telah ditanamkan oleh orang tua kita. Dan mungkin, saat ini kamu sudah merasakannya sendiri. Nah, tips menulis yang pertama adalah dengan rajin membaca. Kamu tentu tahu, bahwa membaca merupakan sebuah aktivitas yang mempunyai banyak manfaat. Dari sana, pembendaharaan kosa kata kamu akan muncul, sehingga ketika menulis, kamu tidak akan pernah kehabisan kata-kata.

Tips agar bisa rajin membaca adalah dengan membaca buku-buku yang kiranya kamu sukai. Yap, mulailah dari sesuatu yang kamu cintai, maka semuanya akan menjadi mudah, termasuk dalam urusan membaca ini. Buat target membaca kamu dalam sehari, misalnya, harus membaca sehari minimal 5 halaman, atau 10 menit dalam sehari. Jika kamu konsisten, maka membaca akan menjadi sebuah gaya hidup yang keren dan akan memberikan dampak luar biasa bagi dirimu, terutama dalam urusan menulis.


Menulis Hal yang Sederhana

Jika kamu baru akan terjun ke dunia menulis, maka cobalah memulainya dengan menulis hal-hal yang sederhana. Kamu bisa menuliskan apapun yang kamu anggap mudah. Misalnya adalah menulis tentang pengalaman hari ini, kenangan masa kecil, cara merawat tanaman, cara memasak ayam sambal ijo, dan sebagainya. Carilah bahan yang kamu anggap mudah terlebih dahulu, kemudian konsisten dalam menulis. Buatlah sebuah jadwal, bahwa kamu akan menulis pada hari ini, sebanyak 500 kata misalnya. Kemudian konsisten. Kegaiatan yang tampaknya sederhana ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan kamu. Percaya deh.


Sering Berlatih

Tahukah kamu, bahwa menulis merupakan sebuah keterampilan. Maka, karena termasuk keterampilan, maka kamu harus terus mengasahnya, yakni dengan cara terus berlatih. Sampai saat ini, tak ada satupun orang yang mempunyai skill luar biasa tanpa melakukan latihan yang ekstra. Percayalah. Karena agar semua skill bisa berkembang dengan sempurna, maka ada perjuangan dan pengorbanan yang meski kamu berikan.

Tips menulis satu ini bisa kamu terapkan mulai hari ini, saat ini juga. Jangan pernah menunda perbuatan baik, karena kamu tidak bisa menjamin apakah masih ada hari esok untuk memulainya. Ia kan?

So, itulah dia tips menulis yang bisa kamu terapkan mulai detik ini. Jika setiap tips menulisnya kamu lakukan dengan baik, maka skill menulis kamu pasti akan membaik, dan menulis menjadi sebuah gaya hidup yang keren. Apalagi bagi seorang muslim. Lah apa kaitannya? Tentu sangat berkaitan, karena Islam telah mewariskan budaya menulis ini sejak lama.

Itulah sebabnya orang muslim mengetahui ajaran-ajaran apa saja yang telah dibawa Rasulullah, dan informasi tersebut didapatkan dengan karya-karya para ulama yang luar biasa. Jika kamu menekuni aktivitas ini, maka kamu tidak hanya akan mendapatkan skill menulis, tapi juga bisa menjadi ladang keuangan loh, yakni dengan menjadikan menulis sebagai bisnis yang menjanjikan. Semoga bermanfaat.

Ilmu Hadis
Ilmu Hadis Ilmu hadis merupakan salah satu jurusan yang mulai diminati oleh banyak calon Mahasiswa.

Posting Komentar untuk "Tiga Tips Menulis yang Gampang Banget"