Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pantai Terindah Di Gunungkidul Dengan Panorama Yang Menakjubkan

Gunungkidul merupakan sebuah kabupaten di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai berbagai pantai tersembunyi yang masih alami dan juga sangat cantik. Bahkan pantai-pantai di sini juga sudah mulai terkenal bahkan sampai ke Manca Negara. Berikut adalah 10 Pantai Terindah Di Gunungkidul :

10 Pantai Terindah Di Gunungkidul Dengan Panorama Yang Menakjubkan


10 Pantai Terindah Di Gunungkidul

1. Wisata Pantai Woh Kudu Jogja

Pantai terindah di Gunungkidul yang pertama adalah pantai Woh Kudu. Woh kudu terletak di dusun Wiroso Desa Girikarto kecamatan Panggang kabupaten Gunungkidul, atau sebelah Timur Pantai Kesirat. Pantai ini merupakan pantai yang tak sering dikunjungi oleh wisatawan dan wisatawan local juga sering menyebutnya pantai ini adalah pantai perawan. Karena memang belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi pantai Woh Kudu ini dan juga pantai ini masih alami.

Pantai ini menyajikan air laut yang biru serta pasir yang putih, yang lebih menarik lagi pantai ini dikelilingi tebing-tebing hijau yang menjulang tinggi. Namun pantai ini hanya seluas 20-25 meter saja tetapi sangat alami dan juga cantik. Maka tak heran jika wisatawan terutama bagi para remaja sangat meminati pantai ini bahkan sampai mendirikan tenda di area pantai ini.

2.  Wisata Pantai Kesirat Jogja

Pantai terindah di Gunungkidul selanjutnya adalah pantai kesirat yang merupakan pantai yang masih perawan. Pantai ini juga tidak jauh dari Pantai Woh Kudu yang juga terletak di Dusun Wiroso Desa Girikarto Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul. Hanya berjarak 5KM saja dari Pantai Woh Kudu tetapi jaraknya lebih jauh Pantai Kesirat ini.

Pantai ini identik dengan Pohon yang miring kearah pantai, pantai ini berada di atas tebing yang sangat tinggi namun jika wisatawan ingin turun juga sudah disediakan tangga darurat. Namun jika takut akan ketinggian tidak disarankan untuk menuruni tangga ini karena tangga ini memiliki kemiringan 900. Tapi jangan salah dari ketinggian pantai kesirat ini terlihat jelas lautan yang sangat luas dan juga sangat memukau airnya sangat biru dan juga jernih.

3. Wisata Pantai Nglambor Jogja

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini merupakan pantai baru yang sangat indah dan biasa di gunakan untuk snoorkeling untuk melihat keindahan ikan-ikan di dasar laut. Wisatawan dapat menyewa 1 stel baju selam dan juga kamera go pro untuk berfoto bersama ikan di dalam air.

Biasanya pemandu akan memberi makan ikan tersebut lalu saat ikan sudah terkumpul pemandu akan memfotokan wisatawan bersama ikan-ikan cantik di dasar laut. Maka nuansa foto seperti kita berenang bersama ikan-ikan di dalam laut ya. Pastinya seru dong. Pantai Nglambor ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat libur keluarga maupun gandengan pacar ya pastinya. Maka tak heran jika pantai nglambor ini termasuk 10 Pantai Terindah di Jogja.

4. Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Pantai Indrayanti Terletak Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Indrayanti merupakan pantai yang terkenal di mana-mana. Selain pantainya yang bersih dan juga berpasir putih pantai ini merupakan kegemaran para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Pantai ini sangat luas dan ramai sekali dan juga terdapat pulau kecil yang dapat dinaiki untuk melihat pemandangan laut yang sangat indah ini. Tetapi pantai indrayanti ini tidak disarankan untuk berenang karena pasirnya hanya di tepi pantai saja jika menjorok kedepan sudah merupakan karang. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki omset terbanyak diantara pantai yang lain.

5. Wisata Pantai Kukup Jogja

Pantai Kukup Terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa Desa Kemadang Kec. Tanjungsari Kab. Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55000 Indonesia. Warga sekitar sering menyebut pantai kukup ini sebagai pulau Jumino. Pantai Kukup mempunyai sebuah pulau karang kecil di sisi timur lengkap dengan gardu pandang. Dan untuk mencapai pulau karang ini wisatawan dapat menyusuri anak tangga dan menyeberang jembatan.

6. Pantai Baron

Wisata pantai Baron terletak di Desa Kamadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit kapur yang di atasnya terdapat jalan setapak dimana wisatawan dapat menikmati keindahan laut yang luas dan khas dari Menara. Selain itu pantai ini juga mempunyai keunikan yaitu bertemunya air tawar dan juga air laut. Jadi pantai ini sangat cocok banget sebagai liburan keluarga dan juga untuk berenang.

Selain kawasannya pasir yang sangat luas pantai ini tidak terdapat karang disekitar pantai jadi tidak akan melukai wisatawan yang berenang di area pantai baron ini. Airnya yang sangat jernih dan juga tidak berasa asin tempat ini menjadi pantai idaman semua orang dan juga memiliki nilai omset yang sangat tinggi. Di pantai ini juga terdapat fasilitas seperti warung makan, kios-kios untuk pedagang cinderamata, panggung terbuka untuk atraksi wisata pada event tertentu, hotel melati dan juga sebuah gedung pertemuan berbentuk joglo serta gedung Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

7. Pantai Wediombo

Wisata pantai Wediombo Terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Pantai Wediombo juga pantai yang masih alami meskipun sudah dikenal cukup lama. Wediombo berbentuk teluk dan landai dengan hamparan pasir putih dan juga adanya Laguna atau sering disebut Kolam Renang Alami yang airnya sangat jernih. Pantai ini memiliki background pemandangan laut yang sangat indah dan cantik sekali dengan air yang super jernih yang akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai Wediombo ini.

8. Pantai Ngobaran

Pantai berikutnya adalah pantai Ngobaran yang terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Di pantai ini terdapat patung-patung atau pura yang bernuansa seperti pantai kuta Bali dan juga pesona keindahan alam seperti gulungan ombak, hamparan pasir putih, barisan batu karang, rumput laut / alga dan deretan pohon pandan laut di area pantai ngobaran.

Pantai ngobaran adalah tempat ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu seperti Kejawen. Dan konon batu Kotak yang berada di depan rumah joglo dikelilingi pagar kayu abu-abu adalah tempat Prabu Brawijaya V membakar diri. Sedikit saran, jika kalian mengunjungi tempat ini jangan sekali-kali membawa pulang pasir atau barang-barang yang berada di pantai ngobaran ini.

9. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Terletak di Desa Kemadang Kec. Tanjungsari Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881.

Pantai ini memiliki suasana yang tenang, asri, alami dan bersih. Pantai juga memiliki garis yang panjang seperti di Pantai Kuta yang panjang juga luas. Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh.

10. Pantai Siung

Pantai terindah di Gunungkidul yang terakhir adalah pantai Siung yang terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Wisata pantai suing merupakan wisata seribu pesona karena terdapat bukit yang digunakan sebagai gardu pandang seperti Banyu Tibo dan Bukit Pengilon yang sangat apik dan mempesona.pantai ini juga di kelilingi bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Pantai ini merupakan pantai terpencil dan juga jalanan masih berbelok-belok dan menaik.

Itulah 10 pantai terindah di Gunungkidul yang memiliki panorama yang sangat bagus.


Posting Komentar untuk "10 Pantai Terindah Di Gunungkidul Dengan Panorama Yang Menakjubkan"