Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Diet Alami

Ingin Diet Alami dengan mudah dan sehat? Berat badan naik terus? Tidak turun meskipun telah melakukan berbagai cara? Tak ada salahnya anda mengikuti tips diet alami berikut ini,agar berat badan tetap ideal dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Tips Diet Alami


1. Kurangi porsi makan nasi

Diet Alami dengan cara Mengurangi porsi makan disini maksudnya adalah jika biasanya sekali makan anda makan nasi 10 sendok, kurangi menjadi 5 sendok saja, imbangi dengan lauk yang sehat. Sehat disini bukan berarti mahal lho, tahu tempe telur mempunyai kadar gizi yang cukup tinggi. Hindari tidak makan sama sekali dalam proses menurunkan berat badan,hal ini kadang membuat kita merasa kelaparan dan membuat porsi makan bertambah banyak dan ini justru membuat kita menjadi lebih gemuk

 2. Teraturkan pola makan

Menteraturkan pola makan bisa dilakukan dengan membuatlah jadwal makan, misal saja sarapan jam 6, makan siang jam 12, dan makan malam jam 6 sore. Usahakan lewat dari jam 7 malam tidak makan-makanan berat, jika ingin ngemil pilihlah yang tidak banyak mengandung gula dan karbohidrat. Buah bisa jadi alternatif yang baik untuk ngemil.

3. Perbanyak minum air putih

Diet Alami berikutnya adalah dengan air putih. Air putih adalah mineral yang penting untuk tubuh, dengan minum air putih badan akan terasa segar. Sebaiknya begitu bangun tidur dipagi hari kita segera minum air putih hal ini dapat membersihkan saluran pencernaan. Mula-mula mungkin akan terasa gak enak bangun tidur minum air putih, tapi kalau sudah terbiasa justru aneh rasanya jika kita bangun tidur tidak minum air putih. Sepuluh menit sebelum makan minumlah air putih minimal satu gelas, ini akan membuat kita merasa sedikit kenyang dan membuat porsi makan kita berkurang.

4.  Kunyahlah makanan lebih lama dimulut

Mengunyah makanan lebih lama sebelum ditelan akan mempermudah pencernaan untuk mencerna makanan. Jika makanan dikunyah hanya sebentar ini akan membuat air liur kurang bereaksi sehingga makanan yang kita telan tidak dapat dicerna dengan baik dalam perut yang berakibat kita merasa belum kenyang dan membuat kita  ingin makan lebih banyak lagi.

5. Perbanyak gerak badan

Diet Alami juga dapat dilakukan dengan memperbanyak gerak badan. Usahakanlah agar badan kita bergerak lebih aktif, lihat saja penari atau dancer, jarang sekali bukan yang mempunyai badan gemuk. Ini dikarenakan mereka sering menggerakkan badan sehingga keringat banyak keluar. Jadi sesekali gerakkan badan anda dengan berjoget atau ngedence, jika malu anda bisa melakukannya di kamar dengan mengunci pintu. Bagi anda yang mempunyai pekerjaan yang lebih banyak duduk, usahakan tiap setengah jam atau satu jam berdiri sebentar melemaskan pinggang dan kaki.

6. Perbanyak makan sayur dan buah

Diet Alami dengan memperbanyak makan buah dan sayur juga sangat penting. Tahu tidak sering makan sayur dan buah dapat lebih memudahkan menurunkan berat badan. Serat yang dapat membantu mempermudah pencernaan banyak terdapat dalam sayuran hijau misal saja salad, kangkung, baym dan lain-lain. Buah juga banyak mengandung serat seperti buah jeruk, melon, semangka. Banyak orang berfikir kalau buah alpukat dapat membuat kita gemuk, itu salah. Dalam Buah Alpukat terdapat lemak sehat yang dapat menyehatkan tubuh kita. Jadi usahakan perbanyak makan buah dan sayur dalam proses penurunan berat badan.

7. Olah raga yang teratur

Usahakan untuk menyisihkan waktu sedikit untuk berolah raga, misal saja 15 menit untuk peregangan tubuih atau lari-lari sebentar setiap hari. Tidak perlu olah raga berat atau sampai pergi ke gim.

8. Carilah motivasi yang baik

Motivasi ini adalah apa tujuan anda melakukan diet selain menurunkan berat badan. Misal saja anda diet agar suami lebih suka melihat anda tampil dengan tubuh yang ideal, atau remaja yang sedang menyukai seseorang, atau ada teman yang mempunyai tubuh langsing dan anda ingin seperti itu. Setiap kali anda bosan dengan program diet yang anda lakukan, ingat-ingatlah tujuan anda melakukan diet dan yakinkan anda pasti bisa.

Selain itu ada beberapa pantangan bagi yang ingin menurunkan berat badan selama proses diet dilakukan  yaitu:

A. Diet terlalu ketat

Karena ingin cepat turun berat badan ada yang tidak makan sama sekali atau menghilangkan salah satu atau dua jadwal makan misal saja tidak sarapan atau tidak makan siang atau bahkan memuntahkan kembali makanan yang sudah ditelan  agar berat badan turun lebih banyak, ini tidak benar karena dapat membuat kita sakit atau bahkan menjadi orang yang eating disorder yang dapat mengakibatkan kurang gizi, gagal jantung, gagal ginjal atau bahkan kematian.

B. Turun berat badan sebanyak-banyaknya dalam waktu secepatnya

Jika ingin menurunkan berat badan janganlah dalam waktu singkat mentargetkan berat badan turun sebanyak-banyaknya.lakukanlah diet dengan pelan-pelan. Itu dikarenakan jika berat badan turun terlalu banyak dalam waktu singkat akan sangat berbahaya bagi tubuh dan dan bisa berdampak berat badan naik turun tidak stabil dan akan membuat badan menjadi gemuk lagi.

C. Olah raga terus menerus diawal diet

Jika di awal diet anda banyak olah raga tanpa memperhatikan waktu agar berat badan cepat turun, esok hari pasti badan akan terasa sakit  dan akan berakibat buruk  bagi tubuh. Bukannya berat badan turun, anda bisa sakit sebelum program diet berhasil.

Mempunyai berat badan ideal adalah dambaan semua orang, tapi bagi yang mempunyai berat badan lebih jangan kecil hati. Coba program diet diatas, jika dilakukan dengan benar akan terlihat hasilnya. Jika berat badan sudah ideal, jaga pola konsumsi agar tubuh tetap sehat dan berat badan tetap ideal. Itulah beberapa tips Diet Alami yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan yang sekaligus dapat menyehatkan.

Posting Komentar untuk "Tips Diet Alami"