Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Minuman Dan Makanan Khas Banjarnegara Yang Bikin Nagih

Ketika anda berkunjung ke Jawa Tengah jangan lupa merasakan Makanan Khas Banjarnegara. Banjarnegara memiliki ciri makanan dan minuman khas yang sangat berbeda dengan rasanya yang membuat perut anda kenyang dan puas. Ada banyak makanan khas Banjarnegara yang bisa anda rasakan, namun hanya ada 3 saja yang membuat anda ketagihan. Ke-3 makanan khas Banjarnegara yang dijamin ketagihan sekali mencoba. Ini dia anda dapat menemukannya di bawah ini.

Minuman Dan Makanan Khas Banjarnegara Yang Bikin Nagih
ES Dawet Khas Banjarnegara


Makanan Khas Banjarnegara

1. Soto Krandegan

Soto ini memiliki keunikan tersendiri dari soto-soto yang ada di beberapa daerah lainnya. Bahan untuk membuatnya sangat mudah sebenarnya. Cuma karena perbedaan bahan yang digunakan membuat Soto Krandegan menjadi salah satu oleh-oleh khas banjarnegara. Perpaduan bahannya sangat unik yaitu dengan kuah santan yang kental bersama irisan tauge, ketupat dan beberapa potongan daging sapi.

Soto Krandegan sangat cocok disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan anda. Untuk menemukan makanan yang satu ini anda tinggal pergi ke pusat kota banjarnegara. Makanan ini sekilas mirip dengan makanan yang bernama opor, Namun yang membedakan adalah bahan campurannya yang begitu menggoda selera makan anda.

Cara penyajian dari Soto Krandegan juga sangat unik. Kenapa tidak? Soto Krandegan ini disajikan dengan cara ketupat yang sudah diiris – iris di siram dengan kuah santan yang kental. Kemudian di tambah irisan tauge muda dan bumbu rempah – rempah yang menambah cita rasa Soto Krandegan semakin lezat rasanya yang harus anda coba.

2. Buntil Khas Banjarnegara Yang Unik Rasanya

Makanan ini adalah makan yang terbuat dari daun talas. Namun ada juga yang membuatnya dengan bahan daun singkong. Makanan ini selain termasuk makan khas dari Banjarnegara itu sendiri juga sekaligus menjadi makanan yang sehat unutk dimakan. Karena terbuat dari sayur dan cara masaknya yang berbeda dengan memasak sayur kebanyakan. Membuat Buntil dari Banjarnegara ini menjadi makanan khas Banjarnegara yang perlu anda bawa ketika berkunjung ke kota Banjarnegara.

Isi dari buntil yang terbuat dari daun singking ataupun daun talas ini penuh dengan rempah – rempah. Selain rempah – rempahnya yang banyak buntil juga disisi dengan parutan kelapa muda yang enak. Melimpahnya bumbu – bumbu dan bahan lain membuat buntil semakin menambah kelezatan rasanya.

Cara untuk memasaknya juga tidak mudah. Anda harus memasaknya dedaunan yang akan dibuat buntil bersama dengan parutan kelapa dan rempah – rempah rahasia yang sudah disiapkan. Tentunya karena parutan kelapa dan aneka ragam rempah – rempah ini sebagai isi maka bahan ini diletakan di dalam daun. Kemudian ditutup dengan dedaunan yang akan di buat buntil. Waktu masaknya juga membutuhkan waktu untuk proses meresapnya bumbu ke dalam dedaunan yang dibalut untuk menutupi bumbu rempah rempah.

Saat yang tepat untuk menyantap buntil ialah bersama Nasi yang masih dalam keadaan hangat. Rasa yang tercipta di mulut tentu rasanya yang lezat yang bikin ketagihan

3. Dawet Ayu

Dawet ayu merupakan satu minuman khas Banjarnegara yang sekaligus menjadi identitas dari kota Banjarnegara. Anda bisa melihatnya sendiri di alun – alun kota Banjarnegara Patung Penjual Dawet ayu yang besar. Dawat ayu menjadi minuman tradisional nenek moyang warga Banjarnegara, sehingga untuk mengenangnya dibangunlah sebagai identitas kota Banjarnegara sendiri.

Dawet ayu di Banjarnegara memiliki ciri khas sendiri yang membuat  rasanya lebih mantap di lidah anda. Warna cendol yang digunakan berwarna hijau dan pemanis yang alami yang aman untuk di santap. Pemanis yang digunakan ialah dari gula jawa yang tidak kalah manisnya.

Anda dapat merasakan Enaknya dawet ayu khas Banjarnegara di acara – acara yang dapat dibilang acara resmi. Seperti acara pernikahan, seminar, pertemuan besar, dan lain – lain.

Posting Komentar untuk "Ini Minuman Dan Makanan Khas Banjarnegara Yang Bikin Nagih"