Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Tempat Wisata di Magelang Yang Paling Populer

Tempat wisata di magelang yang paling terkenal dan populer adalah candi borobudur. Namun jika kamu tahu, di Magelang banyak terdapat tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

30 Tempat Wisata di Magelang Yang Paling Populer
Gambar by idntimes.com


Nah ini daftar tempat wisata di Magelang yang dapat kamu kunjungi :

1. Wisata Magelang Gereja ayam

Wisata ini terkenal karena dulunya digunakan sebagai shooting film AADC ini sekarang hits dan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Tapi bukan itu saja tempat ini mempunyai keunikan bentuk fisik yang menyerupai kepala ayam dengan berhias mahkota.

2. Wisata Magelang Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan terletak di Desa Kaponan, Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.  Tempat ini sangat viral saat ini dikalangan remaja bukan hanya sekedar tempat selfie biasa saja, namun tempat ini juga tak jarang digunakan sebagai foto prewedding.

3. Wisata Magelang Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng terletak di Jl. Cempaka atau 1 KM dari kota Magelang Selatan. Dan luas taman ini mencapai 28 Ha dan sangat cocok untuk liburan keluarga atau berjalan dengan anak-anak. Selain bermain anda juga secara tidak langsung mengajari anak tentang suatu satwa, kebun binatang, pepohonan langka, gua dan patung raksasa seperti dinosaurus dll.

4. Wisata Magelang Alun-Alun Kota

Alun-Alun Kota Magelang memiliki menara yang dulunya merupakan bangunan peninggalan belanda, yang digunakan sebagai penampungan air  dengan tinggi menara 15 meter. Dan juga kalau malam hari banyak gemerlap lampu bunga-bunga buatan yang terpancar di alun-alun magelang ini. Jadi jika anda lewat kota magelang rugi deh kalau nggak mampir.

5. Wisata Magelang Bukit Tidar

Bukit Tidar terletak di magelang utara, bukit ini juga disebut dengan pakunya tanah jawa.selain itu juga di juluki sebagai paru-parunya kota Magelang karena  sejumlah pohon yang rimbun. Di atas bukit ini terdapat petilasan leluhur syech subakir dari Persia dan Kyai Spanjang yaitu salah satu tokoh penyebar islam di Jawa.

6. Wisata Candi Borobudur

Tempat Wisata di Magelang yang paling terkenal adalah Candi Borobudur. Candi ini terletak di Kabupaten Magelang. Siapa yang tidak tahu akan 7 keajaiban dunia yang pernah ada ini. Untuk tiket masuk akan dikenakan Biaya Dewasa Rp. 30.000,- dan anak-anak Rp. 12.500,- . dan buka dari jam 06.00 – 17.00 maka anda dapat menikmati bangunan peninggalan sejarah yang ada ini.

7. Wisata Magelang Candi Mendut

Candi Mendut terletak di Magelang Jawa Tengah yang beraltar tempat tiga arca Budha berdiri, dan keadaan arca tersebut sampai saat ini masih utuh dan juga Relief-relief yang terdapat pada dinding candi ini masih jelas terlihat bentuknya. Candi ini ditemukan pada tahun 1836.

8. Wisata Magelang Candi Canggal

Wisata Candi Canggal terletak di dusun Canggal Kelurahan Kadiluwih Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang merupakan perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi ini ditemukan pada tahun 723 M pada jaman Hindu. Candi canggal didirikan Oleh pemerintahan raja sanjaya dari zaman kerajaan mataram kuno.

9. Wisata Magelang Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sejarah jaman dulu kolam ini sebagai pemandian para putri raja setelah melakukan ritual tertentu di candi Borobudur.

10. Wisata Magelang Ketep Pass

Ketep Pass terletak di pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabuatau Desa Ketep Sawangan Kabupaten Magelang. Ketep pass adalah gardu pandang yang menyajikan view yang berdekatan dengan gunung merapi.untuk tiket masuk pun cukup terjangkau.

11. Wisata Magelang Air Terjun Kedung Kayangan

Air Terjun Kedung Kayangan terletak di alur Sungai Pabelan. Yaitu Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kabupaten Boyolali. Dengan air terjun yang berketinggian 39 M dengan air yang sangat jernih.

12.  Wisata Magelang Air Terjun Sekar Langit

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Air Terjun Sekar Langit terletak di Desa Telogorejo Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Ketinggian aor tejun ini berkisar 30 m dari permukaan laut. Jarak tempuh dari pintu gerbang hanya sekitar 500 meter untuk sampai lokasi, anda akan berjalan menapaki jalan setapak yang naik serta jembatan yang diitari pohon pinus.

13. Wisata Magelang Curug Silawe

Curug silawe terletak di Dusun Kopeng Kulon Desa Sutopati Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Ketinggian air terjun ini mencapai 500 m dari permukaan laut.


Meskipun tempat ini tersembunyi, namun wisatawan yang datang tidak sedikit. Ini dikarenakan keasriannya yang masih terjaga dengan baik.

14. Wisata Magelang Puthuk Setumbu


Puthuk Setumbu terletak di Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah.  Biaya Tiket masuk ke wisata punthuk setumbu adalah Rp. 15.000 dan Rp. 25.000 untuk wisatawan asing. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sunrise dengan biground pemandangan alam serta view Candi Borobudur.

15. Wisata Magelang Gunung Andong

Gunung Andong Terletak di terletak di dua kecamatan yaitu Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag. Gunung Andong yang memiliki puncak ketinggian 1.726 mdpl dengan view pemandangan gunung merapi, sindoro dan gunung sumbing.

16. Wisata Magelang Rumah Kamera

Rumah Kamera terletak di Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. setiap ornamen dari rumah kamera memiliki fungsi sendiri-sendiri, pada bagian lampu flash slr yang dimanfaatkan sebagai pintu masuk bagi wisatawan, sedangkan bagian jendela di ambil dari mode pengaturan dan LCD kamera. Dan ternyata bangunan tersebut memiliki 4 lantai.

17. Wisata Magelang Telaga Bleder

Wisata Telaga Bleder terletak di Desa Ngasinan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Telaga Bleder sudah ada fasilitas lain seperti speed boat, becak air sampan dan sepeda air. Telaga bleder terbentuk dari tanah yang terisi air dari sumber mata air yang ada di sekitar lokasi dengan tema konsep lebih ke wisata keluarga.

18. Wisata Magelang Punthuk Mongkrong

Lokasi ini hampir berdekatan dengan candi Borobudur yang menyajikan view pemandangan alam dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat sunrise yang super Hits banget, tempat ini juga sudah terkenal di instagram maupun media social lainnya.

19. Wisata Magelang Kali Elo

Tempat ini merupakan pengalaman terbaik bagi anda untuk berolahraga arung jeram. Biasanya jarak tempuh sekitar 10 – 11 KM dengan durasi waktu tidak lebih dari 3 jam dan mampu menggoyangkan perahu anda ini menjadi daya tarik tersendiri. Obyek wisata air yang bernama kali elo ini mulai berjalan dari tahun 1997 sampai saat ini.

20. Wisata Magelang Curug Silawe

Curug Silawe berlokasi di Dusun Kopeng Kulon Desa Sutopati Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. ketinggian lokasi obyek wisata tersebut sekitar 500 m dari permukaan laut dan Akses jalan menuju curug silawe pun lumayan sulit.

21. Wisata Magelang Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari terletak di Dusun Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Candi Gunung Sari memiliki Keindahan pada alam sekitarnya, yang menampilkan panorama indah dan asri.

22. Wisata Magelang Taman Bermain Badaan

Taman Bermain Badaan adalah taman yang sangat cocok untuk memanjakan putra dan putri untuk bermain. Ada berbagai fasilitas yang tersedia di taman ini seperti permainan anak-anak, karena ada beragam patung yang ukurannya mirip dengan hewan aslinya, ayunan, mobil-mobilan listrik dll.

23. Wisata Magelang Panca Arga

Panca Arga adalah perumahan yang di singgahi oleh para pemimpin dan anggota TNI AD yang memiliki kantor di akmil magelang. Di Panca Arga anda dan keluarga dapat melihat barang-barang peninggalan seperti meriam atau alat perang ketika melawan belanda.

24. Wisata Magelang Candi Selogriyo

Candi Selogriyo berada di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Candi Selogriyo Berada di ketinggian kira-kira 648 mdpl.

25. Wisata Magelang Candi Lumbung

Candi Lumbung berada di Dusun Tlatar Desa Krogowanan  Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Jawa tengah.

Candi ini dilakukan pemindahan karena banjir lahar dingin karena berdekatan dengan sungai saluran merapi jadi bergeser 750 meter dari lokasi sekarang.

26. Wisata Magelang Candi Pendem

Candi Pendem berlokasi di Dusun Candi Pos Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Yang merupakan sejarah peninggalan hindu.

27. Wisata Magelang Candi Asu Sengi

Candi Asu Sengi terletak di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 150 meter arah barat daya dari candi pendem.

28. Wisata Magelang Candi pawon

Candi pawon memiliki ketinggian sekitar 1,5 meter dan berliku-liku yang memiliki dua puluh sudut, batur dari dinding dihiasi dengan pahatan berbagai motif yang berbentuk sulur-suluran, sebagai ciri khas supaya terlihat lebih ramping seperti candi hindu dan berbeda dengan candi budha lainya.

29. Wisata Magelang Kali Progo

Kali Progo adalah wisata arung jeram dengan jarak 9 KM dan dijamin keamanannya maka recommended banget untuk para pemula.

30. Wisata Magelang Desa Candirejo

Tempat wisata di Magelang yang terakhir adalah Desa Candirejo. Desa ini memiliki keunikan terkait dengan masyarakat yang masih melakukan tradisi atau kebudayaan yang sudah lama seperti Bertamasya mengelilingi desa candirejo mengenal tradisi dan budayanya seperti kesenian, metode pertanian dan kerajinan rakyat.

Bagaimana menarik bukan? itulah tempat wisata di Magelang yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Posting Komentar untuk "30 Tempat Wisata di Magelang Yang Paling Populer"