Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oleh-Oleh Khas Kebumen Dengan Cita Rasa Yang Sangat Unik

Kebumen merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang mempunyai banyak wisata dengan pemandangan yang sangat keren. Selain itu, kota Walet ini juga mempunyai sejumlah makanan khas yang tidak kalah enaknya dibandingkan dengan kota-kota lain. Jadi ketika kamu berkunjung ke kota Kebumen, jangan lewatkan pula oleh-oleh khas Kebumen.

Oleh-Oleh Khas Kebumen Dengan Cita Rasa Yang Sangat Unik

Selain rasanya yang enak, oleh-oleh Kebumen juga terkenal dengan cita rasa yang sangat unik. Berikut ini beberapa oleh-oleh Kebumen yang wajib kamu beli saat liburan ataupun mampir ke Kota Walet.

1. Lanting

Lanting merupakan salah satu makanan khas Kebumen yang paling populer dan sebagai produk unggulan asli daerah kabupaten Kebumen. Makanan yang berbahan singong ini awalnya hanya mempunyai warna merah putih dengan bentuk angka delapan. Rasanya pun juga asin, gurih dan renyah saja. Akan tetapi sekarang lanting mempunyai banyak rasa varian, seperti balado, keju, dan pedas.

Pusat lanting di Kebumen berada di Kecamatan Karanganyar bagian selatan. Maka tidak heran kalau kita sering mendengar sebutan lanting Karanganyar. Makanan yang satu ini sangat cocok buat cemilan dan teman ngobrol kamu.

2. Sagon

Oleh-oleh khas Kebumen yang selanjutnya adalah sagon. Sagon merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan, gula pasir dan kelapa parut. Rasa dari sagon sendiri gurih dicampur manis, karena di dalamnya di ada gula. Biasanya oleh-oleh yang satu ini dikemas dalam plastik isi 10-20 biji dalam satu bungkusnya.

3. Satu

Satu merupakan makanan khas Kebumen yang berbahan dasar kacang hijau dan gula pasir. Pemuatannya yaitu kacang hijau dikupas lalu ditumbuk sampai halus. Kemudian bahan tepung dicampur gula halus dan air berbentuk adonan. Biasanya oleh-oleh yang satu ini dipasarkan dalam bentuk kue yang berbentuk kotak kecil persegi panjang atau bulat. Ukurannya pun agak tebal dibanding dengan sagon yang warnanya putih kecoklatan.

4. Jipang

Oleh-oleh yang satu ini biasanya di pasaran ada dua jenis, yaitu jipang kacang dan jipang beras ketan. Pusat produksi jipang sendiri di daerah Panjer sekitar kota Kebumen. Jipang kacang berbahan dasar kacang tanah dan gula merah. Sedangkan jipang beras ketan berbahan dasar beras ketan dan gula putih.  Biasanya jipang kacang berbentuk kotak tipis dengan warna kecoklatan, dan jipang beras ketan berbentuk kotak tebal berwarna putih.

5. Keripik Pisang

Di daerah Kabupaten Kebumen juga banyak di jumpai cemilan gurih selain lanting, yaitu keripik pisang. Biasanya keripik pisang ini bisa dijumpai di pasar, kios dan toko oleh-oleh khas Kebumen. Ada dua jenis keripik pisang yang biasanya dijual, yaitu keripik pisang uter dan keripik pisang kapok. Keripik pisang uter biasanya berwarna kuning agak hitam, sedangkan kripik pisang kapok berwarna kuning.

6. Kacang

Di pesisir pantai di Kabupaten Kebumen banyak para petani yang menanam kacang tanah. Selain dijual mentah, sebagian juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue jipang dan kue kacang. Tapi ada banyak juga yang dijadikan sebagai cemilan ringan dengan cara di sangrai. Biasanya oleh-oleh yang satu ini dijual dalam ukuran kecil (isi 3 kg).

7. Emping

Kebumen juga terkenal dengan produksi emping melinjonya. Tepatnya di Kecamatan Ambal dan Bulu Pesanten. Daerah pesisir pantai ini sejak dulu ditumbuhi dengan pohon melinjonya. Jika kamu datang ke kecamatan tersebut, hampir tiap rumah ada pohon melinjo di pekarangan rumahnya. Saat musim melinjo produksi emping sendiri akan melimpah beberapa kali lipatnya dibandingkan dengan hari biasanya. Bentuk dari oleh-oleh khas Kebumen ini mempunyai beberapa varian, yaitu kecil, sedang dan ada yang besar.

Posting Komentar untuk "Oleh-Oleh Khas Kebumen Dengan Cita Rasa Yang Sangat Unik"