Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Beli

Jika berkunjung ke Semarang tidak lengkap rasanya kalau belum mencoba dan membeli oleh – oleh khas dari kota ini. melalui kebudayaan lokalnya, kamu bisa merasakan kuliner yang bisa ditemukan di setiap sudut kota. Di Semarang terdapat banyak tempat kuliner yang bisa kamu jadikan tujuan destinasi wisata kuliner. Kamu pun juga bisa membeli makanan sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Oleh-Oleh Khas Semarang


Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang wajib dibeli ketika Mengunjungi ibukota provinsi Jawa Tengah.

1. Lumpia

Makanan khas yang juga sebagai ikon dari kota Semarang ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Semarang. Lumpia asal Semarang mempunyai cita rasa tersendiri hasil perpaduan rasa Indonesia dan Tionghoa. Lumpia terbuat dari adonan kulit tepung yang berisi rebung atau bambu muda, udang segar atau ayam dan telur.  kamu bisa menemukan Lumpia di seluruh penjuru kota Semarang, sehingga tidak sulit apabila hendak menjadikan lumpia sebagai oleh oleh khas Semarang untuk keluarga atau kerabat di rumah.

2. Bandeng Presto Juwana

Bandeng presto merupakan makanan hasil olahan ikan khas asal Semarang yang tahan lama.  Pengolahan bandeng presto yakni ikan bandeng diberi bumbu bawang putih, kunyit dan garam, kemudian dialasi daun pisang dan di presto hingga duri ikan bandeng lunak. Selain ikan bandeng duri lunak, kamu juga bisa menikmati beberapa olahan bandeng lainnya seperti bandeng asap dan otak – otak bandeng.

Bagi yang ingin membeli buah tangan yang satu ini bisa langsung berkunjung ke pusat oleh oleh  khas Semarang di  Jalan Pandanaran.

3. Wingko Babat

Wingko babat merupakan salah satu makanan yang paling sering dijadikan oleh oleh. Kue khas ini berbahan kelapa dengan bentuk bulat dan cita rasa legit yang khas dan lezat. Meskipun wingko babat merupakan makanan khas kota Semarang, tetapi sebenarnya bukan berasal dari Semarang, namun berasal dari Babat, Lamongan, Jawa Timur.

Kamu bisa memperoleh wingko babat di kawasan oleh oleh Semarang di jalan Pandanaran. Disana kamu bisa membeli wingko babat dari berbagai merk dan rasa.

4. Tahu Bakso

Tahu bakso Semarang terkenal dengan rasanya yang lezat, tentunya kamu tidak boleh melewatkannya untuk dijadikan buah tangan. Ada dua macam jenis tahu bakso yang bisa kamu beli untuk dijadikan oleh oleh, yaitu tahu bakso rebus dan tahu bakso goreng. Salah satu tahu bakso yang terkenal ada di Jalan Diponegoro no. 14, Ungaran, Semarang.

5. Brilian Super Cake

Brilian Super Cake atau Roti Brilian merupakan oleh oleh khas Semarang yang banyak dicari wisatawan. Roti brilian memiliki rasa lembut, manis dan gurih dengan taburan kacang almond. Roti brilian diolah menggunakan resep kuno yang masih terjaga keasliannya sehingga meskipun tanpa bahan pengawet, roti ini mampu bertahan hingga 60 hari.  Brilian Super Cake bisa dibeli di istana Brilian sekitar simpang lima, Semarang.

6. Mochi Gemini

Mochi gemini terbuat dari adonan tepung ketan dan diisi kacang yang digiling kasar dan gula.  Tekstur yang kenyal dan bentuk bola kecil dengan taburan wijen akan menggoda siapapun yang melihat untuk mencicipinya. Kue ini tidak menggunakan bahan pengawet dan tahan selama seminggu, sehingga sangat cocok jika dijadikan buah tangan.

Mochi Gemini bisa kamu dapatkan di pusat perbelanjaan oleh oleh hampir di seluruh kota Semarang.

sebelum meninggalkan kota Semarang, Tidak ada salahnya kamu membawakan keluarga atau kerabat di rumah makanan khas Semarang sebagai buah tangan.  Semoga rekomendasi oleh oleh khas Semarang tadi bisa bermanfaat dan menjadikan pengalamanmu di Semarang menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Ini Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Beli"