Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Oleh-Oleh Khas Wonogiri Yang Wajib Dicicipi Dan Dibeli

Wonogiri merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini mempunyai kuliner, jajanan, dan minuman yang khas dan berbeda dari daerah lainnya. Kalau kamu berkunjung ataupun datang ke Wonogiri jangan lupa untuk mencicipi oleh-oleh khas Wonogiri. Karena kalau sudah mencicipi makanan Wonogiri, pasti kamu tidak akan pernah melupakan rasanya.

Oleh-Oleh Khas Wonogiri Yang Wajib Dicicipi Dan Dibeli


Jadi ketika kamu berkunjung ke Wonogiri tidak ada salahnya membeli oleh-oleh khas Wonogiri yang bisa kamu bawa pulang. Berikut ini beberapa oleh-oleh Wonogiri yang bisa kamu cicipi dan bisa kamu bawa pulang.

1. Geti

Jadi kalau ingin membawa bukti bahwa kamu pernah berkunjung ke Wonogiri, tidak usah pusing apalagi stres mau bawa oleh-oleh apa. Kamu bisa membeli makanan yang bernama geti. Geti merupakan salah satu oleh-oleh khas Wonogiri yang terbuat dari gula jawa, jahe dan wijen. Makanan ini juga bisa dijadikan cemilan dan bekal saat kamu mau pergi ataupun bepergian. Jangan takut makanan ini basi, karena geti merupakan makanan khas Wonogiri yang dapat bertahan lama walaupun tanpa bahan pengawet. Dengan harga yang relatif murah, jadi kamu bisa membeli oleh-oleh ini dan membagikannya kepada saudara, tetangga ataupun teman.

2. Kacang Mede

Selain geti, cemilan sekaligus oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang saat dari Wonogiri yaitu kacang mede. Oleh-oleh yang satu ini merupakan kacang yang terbuat dari biji jambu mede yang sudah dikeringkan. Kamu pasti pernah ngerasain dan menikmati rasanya kacang mede saat lebaran kan? Pasti rasanya pengen nyobain terus. Selain rasanya enak, kacang mede juga mempunyai banyak kandungan zat besi.

3. Tiwul

Oleh-oleh khas Wonogiri lainnya yang bisa kamu cicipi dan bawa pulang adalah tiwul. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Tiwul sendiri mempunyai rasa yang manis dan warna yang kecoklatan. Jika kamu belum terbiasa makan tiwul, mungkin perut kamu akan terasa panas. Hal tersebut bisa diatasi dengan menambahkan nasi putih saat memakan tiwul. Wonogiri dijuluki sebagai kota Gaplek karena tingginya produksi singkong ataupun ubi di kota ini. Sejak jaman dulu, tiwul sudah menjadi makanan pokok buat masyarakat Wonogiri.

4. Cabuk Wijen

Cabuk wijen atau yang sering disebut sambal wijen merupakan salah satu kuliner khas dari Wonogiri yang terbuat dari wijen. Pembuatannya berasal dari ampas minyak biji wijen yang dicampurkan dengan merang padi yang dibakar. Sehingga terbentuk pasta berwarna hitam. Makanan yang satu ini diolah dengan campuran gula jawa, garam, cabe rawit, kemangi dan bawang putih.

Cabuk wijen ini merupakan makanan khas Wonogiri yang sangat langka, karena proses pembuatannya yang rumit. Sehingga makanan yang satu ini sulit ditemukan. Tampilan dari cabuk wijen ini mirip dengan pepes, tetapi bedanya cuman lebih kecil. Saat kamu memakan cabuk wijen ini, kamu akan merasakan rasa yang pedas dan sedikit getar.

5. Emping

Kamu tahu kan emping? Ternyata emping juga menjadi makanan yang sangat populer di Wonogiri. Oleh-oleh yang satu ini terbuat dari bahan dasar melinjo yang dihancurkan dan dijemur hingga benar-benar kering dan keras. Sebenarnya kamu bisa membuat emping ini dengan bahan selain mlinjo, yang penting bahan yang akan dibuat mengandung pati. Emping sendiri berbeda dengan kerupuk, walaupun begitu emping juga bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat buat makan.

Posting Komentar untuk "Oleh-Oleh Khas Wonogiri Yang Wajib Dicicipi Dan Dibeli"