Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

Berlibur merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan banyak orang. Ketika telah lelah dengan segala rutinitas pekerjaan maka liburan adalah penghilang kepenatan. Selain bepergian ke pantai untuk mendapat vitamin sea, ada yang memilih untuk berburu sejarah. Salah satu daerah yang bersejarah di Jawa Tengah adalah Magelang. Anda wajib mengunjungi Tempat Wisata di Magelang jika anda mengaku penyuka sejarah.

Tempat Wisata Di Magelang

Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa tempat wisata yang ada di Magelang:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan tempat wisata paling populer di Magelang. Nilai historis dari peninggalan sejarah ini menambah banyak wisatawan yang datang. Meskipun telah mengalami beberapa kerusakan akibat gempa, namun candi ini tetap berdiri kokoh. Candi ini telah mengalami beberapa pembugaran. Berlokasi di Jalan Borobudur tempat wisata ini banyak menarik wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara. Harga tiket masuk Candi Borobudur dibedakan antara wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk wisatawan domestik dewasa dikenai Rp. 30.000 sedangkan anak-anak Rp. 12.500. Wisatawan asing perlu membayar $20 dan untuk pelajar asing $10. Candi Borobudur buka dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Jika akan tutup maka petugas akan mengumumkan melalui pengeras suara yang terpasang di setiap sudut.

2. Taman Kyai Langgeng

Berlokasi di Jalan Cempaka No. 6 Kemirirejo, Magelang Tengah. Anda perlu membayar Rp. 20.000 untuk weekday dan Rp. 25.000 untuk weekend. Taman ini buka sejak jam 8 pagi hingga pukul 5 sore. Wisata Edukasi yang ditawarkan oleh Taman ini cukup menarik pengunjung. Ada beberapa wahana wisata yang gratis atau termasuk ke dalam tiket masuk tadi. Akan tetapi ada juga berbayar di luar tiket yang telah dibayar. Wahana yang gratis antara lain teater 6 dimensi, bianglala dan komidi putar. Sedang yang berbayar antara lain kolam renang, taman satwa dan anjungan dirgantara.

3. Bukit Tidar

Bukit Tidar

Bukit ini berada di tengah-tengah Kota Magelang. Daerah Magersari tepatnya terdapat Bukit Tidar. Namun ada yang menyebut Bukit Tidar sebagai Gunung Tidar. Disini sering diadakan kegiatan Akademi Militer. Anda bisa mengunjungi bukit ini setiap saat. Tidak ada penarikan biaya untuk masuk ke Bukit ini. Ketinggiannya 503 meter membuat waktu tempuh untuk mencapai puncaknya hanya sebentar. Sekitar 30 menit dibutuhkan untuk mencapai puncaknya. Di Bukit ini tumbuh banyak pohon pinus dan tanaman buah lainnya. Anda juga bisa berziarah ke Makam Syaikh Subakir sebagai penakluk Gunung Tidar.

4. Candi Selogriyo

Anda hanya membutuhkan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 untuk masuk di Tempat wisata ini. Lokasinya berada di Windusari, Magelang. Candi ini memiliki nilai historis yang mendalam. Dinasti Sanjaya yang membangunnya dulu. Terdapat Patung Shiwa di setiap sudut candi. Patung Shiwa tersebut sedang mengendarai Lembu Adini. Candi ini dulu digunakan sebagai tempat sembahyang dan meditasi. Anda bisa menikmati keindahan candi dan kesejukan alam sekitar candi.

5. Punthuk Setumbu

Tempat wisata di Magelang satu ini dijadikan sebagai tempat melihat sunrise. Ketinggian tempat ini berada di 400 mdpl di jajaran pegunungan Menoreh. Latar belakang pemandangan saat melihat sunrise adalah Candi Borobudur. Perpaduan yang sangat indah dan menakjubkan bagi pengunjung. Pemandangan ini tidak boleh anda sia-siakan, anda harus berfoto di tempat ini. Anda perlu membayar Rp. 15.000 untuk masuk ke area ini. Bertempat di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM 3 Kurahan Karangrejo Magelang. Punthuk Setumbu dibuka mulai jam 3 pagi hingga jam setengah 6 sore.

6. Candi Pawon

Candi Pawon


Candi Pawon atau candi yang disebut Brajanalan yang berarti halilintar api. Lokasinya berada dekat dengan Candi Borobudur. Merupakan jajaran Candi Borobudur namun agak tersembunyi. Relief di dinding candi Pawon adalah makhluk kayangan. Makhluk-makhluk tersebut antara lain kinara-kinari, burung berkepala manusia, relief kalpataru dan relief pundi-pundi. Biaya yang diperlukan adalah Rp. 1.800 untuk wisatawan lokal. Sedang wisatawan asing Rp. 3.300. Candi dibuka sejak jam 06.00 pagi hingga jam 17.00. Jika anda datang ke Borobudur anda harus datang ke Candi Pawon juga.

7. Taman Wisata Kopeng

Taman ini buka selama 24 jam lamanya. Anda bisa datang di pagi hari, siang ataupun malam. Setiap yang berkunjung harus membayar Rp. 10.000. Taman ini merupakan taman rekreasi dengan berbagai wahana yang disuguhkan. Beralamat di Magelang KM 15, Kopeng, Getasan. Wahana yang ada antara lain live event, waterpark, camping ground, family karaoke dan paintball. Bagi anda yang berlibur bersama keluarga bisa menginap di Family Resort. Selain wisata keluarga namun juga sering digunakan sebagai tempat pertemuan organisasi ataupun acara reuni. Taman ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata anda jika anda berkunjung dengan banyak orang.

8. Ketep Pass

Merupakan tempat wisata kegunungapian karena berada di antara dua gunung berapi. Gunung merapi dan Gunung Merbabu mengapit Bukit Sawangan. Ketep Pas berada di Jalan Ketep Sawangan. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata edukasi. Di tempat ini digelar berbagai penelitian dan dokumentasi pengetahuan. Salah satunya Museum vulkanologi yang memperlihatkan bagaimana gunung merapi meletus. Ada juga teropong yang digunakan untuk melihat pemandangan dari kejauhan. Fasilitas lainnya juga lengkap disana untuk edukasi para pengunjung. Anda perlu membayar Rp. 7.500 untuk masuk ke tempat ini. Kunjungan anda bisa dimulai sejak jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

9. Gereja Ayam

Bangunan gereja ini menyerupai ayam dengan kepala dan ekornya. Akan tetapi dulunya pembuatnya ingin membuat bangunan seperti burung merpati. Bentuknya yang aneh membuat banyak pengunjung yang tertarik datang untuk berfoto. Apalagi dulunya digunakan sebagai tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta. Lokasinya berada di Kembanglimus, Borobudur, Karangrejo, Magelang. Untuk masuk anda membutuhkan biaya Rp. 5.000 – Rp. 10.000 per orang. Gereja ayam berada di Bukit Menoreh. Pepohonan di sekitar gereja yang rindang membuat udara di kawasan gereja sejuk. Jika anda datang ke tempat ini selain mendapat udara segar anda bisa mendapatkan banyak foto dengan pemandangan yang indah.

10. Desa Wisata Wanurejo

Desa wisata merupakan desa yang menjadi tempat wisata. Lokasinya di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang. Tidak jauh memang letaknya dari Candi Borobudur. Kira-kira 600 meter dari Candi. Setiap tahunnya disana digelar acara budaya. Kerja sama yang dilakukan beberapa dusun di Desa Wanurejo membuat pementasan semakin menakjubkan. Ada 9 dusun yang memberikan kontribusi. Kreativitas dan kesenian tradisional dipertunjukkan dalam pagelaran budaya tersebut. Sebagai desa wisata tentu anda bisa menikmati pemandangan yang bagus dan asri. Disewakan juga sepeda model jadul untuk berkeliling di desa wisata ini.

11. CitraElo Rafting Sungai Elo Progo

Lokasinya berada di Jalang Raya Sendangsono KM 0,2 Kecamatan Mungkid Borobudur, Progowati, Mungkid, Magelang. Tempat ini buka sejak jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Berbeda dengan tempat wisata lainnya tempat wisata ini merupakan tempat wisata ekstrem. Sungai Elo Progo merupakan sungai yang cocok digunakan untuk arum jeram dan rafting. Banyak pengunjung yang telah melakukan olahraga atum jeram disana. Citra Elo merupakan salah satu pengelola arum jeram yang berada di sungai Elo Progo. Jika anda penyuka olahraga ekstrem maka anda harus mencoba berwisata di tempat ini. Anda bisa melakukan olahraga menantang lainnya. Outbond, fliying fox dan camping merupakan salah satu andalan Tempat Wisata di Magelang.

12. Ohd Museum

Museum ini merupakan museum milik pribadi. Dimiliki oleh Dr. Oei Hong Dijen (OHD). Di dalamnya dipamerkan 2000 karya seni. Karya seni yang ditampilkan ada karya seni klasik dan seni modern. Karya seninya juga bermacam-macam tidak hanya lukisan, patung, instalasi dan seni dengan media baru lainnya. Jika anda bertanya mengenai harga tentu harganya berbeda di banding kawasan wisata lainnya. Perbedaan kepemilikan ini penyebabnya. Karena ini milik pribadi maka pajak yang dibayarkan akan lebih banyak. Maka harga tiketnya lebih besar yakni dari Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000. Berada di Jalan Jenggolo No. 14 Kemirirejo Magelang Tengah. Buka mulai jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Jika anda penyuka karya seni maka anda bisa berkunjung ke museum ini.

13. Museum Bumiputera 1912

Beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 21 Poncol Magelang Tengah. Museum ini buka mulai pukul 8 pagi hingga jam 3 sore. Bumiputera identik dengan asuransi. Benar anda akan menemukan bagaimana sejarah perasuransian Indonesia melalui museum ini.  Bagian-bagian asuransi dan seluruh instrumen asuransi lainnya berada di museum ini. Bangunan museum didirikan sesuai dengan bangunan khas Jawa Tengah. Beratap lapis tiga, begitulah bangunan khas Jawa Tengah.  Dipamerkan juga dokumen-dokumen kuno sejak tahun 1912 dan alat-alat asuransi kuno yang digunakan para petugas asuransi. Penyuka asuransi ataupun kolektor barang-barang kuno pastinya suka jika berkunjung ke tempat ini.

14. Museum Diponegoro

Untuk masuk museum ini anda tidak dipungut biaya sepeserpun. Berdiri di Jalan Diponegoro Magelang Tengah Museum ini banyak dikunjungi wisatawan. Dulunya bangunan ini merupaknan kediaman Pangeran Diponegoro. Saat dikepung oleh Belanda Pangeran Diponegoro berada di tempat ini. Terdapat monumen Pangeran Diponegoro di depan museum ini. Museum ini buka sejak jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Koleksi Museum Pangeran Diponegoro merupakan barang-barang milik Pangeran Diponegoro. Barang-barang tersebut seperti gamelan, keris, bandel dan barang-barang lainnya yang pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro saat berada di rumah ini. Nilai historis dari barang-barang ini akan sangat terasa jika anda datang kesana.

15. Museum Sudirman

Terbuka sejak jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Lokasinya berada di Potrobangsan, Magelang Utara. Jika anda akan masuk museum anda tidak perlu membayar biaya apapun. Anda bisa masuk di Museum dengan gratis. Tempat Wisata di Magelang ini didirikan pada tahun 1967. Bangunan museum ini bergaya arsitektur Eropa Klasik. Di dalam museum ada tempat tidur Jenderal Sudirman. Terdapat juga ruang tamu milik beliau. Lukisan Jenderal Sudirman juga ada disana. Bahkan meja yang dingunakan untuk meletakkan jenazah Jendral Sudirman juga ada disana. Bagi anda yang sedang berwisata sejarah maka anda harus berkunjung kesini.

16. Kolam Renang Soekotjo

Ditarik Rp. 5000 untuk masuk kolam renang. Dibuka mulai pukul 6 pagi hingga jam 6 sore. Tempatnya berada di Jalan Pisangan, Candi Mulyo, Banyuurip, Tegalrejo, Magelang. Kolam renang ini dibangun sejak zaman penjajahan. Sangat lama sekali memang kolam renang ini. Ditemukan mata air yang besar di Desa Pisangan. Karenanya Penjajah Jepang membangun kolam renang di dekat mata air ini. Setelah zaman penjajahan kolam renang ini dikelola militer.

17. Kolam Renang Mendut

Berada di Jalan No. 83, Jalan Mayor Kusen, Mendut, Mungkid, Magelang. Dibuka mulai pukul 9 pagi sampai jam 16.30 sore. Kolam renang ini berada di sebuah taman rekreasi. Kolam renangnya bantuknya menyerupai huruf L. Panjangnya 50 meter dengan lebar 2 meter. Dan tingginya 3,5 meter. Terdapat papan seluncur setinggi dua meter disana. Anak-anak bisa menikmati papan seluncur dengan asyik. Tak hanya anak-anak namun orang dewasa juga bisa mencobanya. Jika anda datang ke kolam renang ini anda sebaiknya datang bersama keluarga agar liburan anda lebih seru lagi.

18. Candi Asu

Wisata Candi Asu berada di Candi Pos, Sengi, Dukun, Magelang. Candi ini merupakan salah satu tempat bersejarah, oleh sebab itu masyarakat Hindu menghormati candi ini. Dinamakan Candi Asu konon ada sebab musababnya. Sebabnya tidak lain karena di sekitar Candi ini banyak sekali Asu di sekitar candi. Asu dalam Bahasa Jawa berarti anjing. Karena merupakan salah satu tempat bersejarah candi ini kaya akan nilai historis. Bentuk candinya pun berbeda dengan candi lainnya. Di depan Candi Asu terdapat papan nama Candi. Agar masyarakat mengetahui nama candi ini ketika datang berkunjung. Di sekitar candi ada tanaman-tanaman yang tumbuh subur.

19. Top Selfie Pinusan

Wisata alam Top Selfie Pinusan merupakan wisata alam yang beralamat di Pogalan, Pakis, Magelang. Hutan Pinusan sendiri berada di lereng Gunung Merbabu. Untuk masuk ke wisata ini anda tidak dipungut tiket masuk, hanya parkir saja. Untuk motor dikenai biaya Rp. 2.000. Sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 5.000. Wisata Pinusan dibuka mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Lokasi wisata alam Pinusan berada dekat dengan Ketep Pass. Pemandangan alam hutan pinusan sangat mempesona. Wisatawan ada yang mengatakan bahwa pemandangan disana seperti pemandangan di luar negeri. Jika anda datang ke tempat ini maka anda harus banyak berfoto karena latar belakang hutan pinus yang indah.

20. Alun-alun Kota Magelang

Letak Alun-alun Magelang berada di pusat Kota Magelang. Terdapat menara air di kota ini. Menara air ini merupakan menara air peninggalan Belanda yang masih kokoh berdiri. Anda bisa berfoto dengan latar belakang menara air istimewa ini. Tinggi menara ini kurang lebih 15 meter. Kini menara ini berfungsi sebagai tempat penampungan air masyarakat Magelang. Alun-alun Kota Magelang berada di tengah-tengah tempat beribadah beberapa agama. Antara lain agama Islam, Kristen, Konghucu dan Katolik. Menunjukkan bahwa toleransi beragama sangat tinggi di kota ini. Terdapat juga pusat perbelanjaan tempat membeli oleh-oleh.

21. Taman Bermain Badaan

Taman wisata ini sangat tepat didatangi oleh keluarga dan anak-anak anda. Meskipun lokasinya yang tidak begitu luas namun fasilitas yang disuguhkan lengkap. Salah satunya adalah patung hewan yang ukurannya menyerupai aslinya. Anak-anak bisa menaiki patung tersebut jika ingin berfoto. Ada juga ayunan dan mobil-mobilan listrik. Letak taman ini berada di sudut antara jalan Pahlawan dan Jalan Ade Irma Suryani. Berhadapan dan berdekatan dengan Museum Jenderal Sudirman. Di taman ini putra putri anda bisa berbaur dengan teman sebayanya.

22. Panca Arga

Tempat wisata ini merupakan perumahan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Seringkali perumahan ini menjadi tempat persinggahan para pemimpin dan anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat yang dinas di Kota Magelang. Umumnya mereka berkantor di angkatan militer Magelang. Panca Arga berada di antara lima pegunungan. Selain sebagai tempat kegiatan militer tempat ini merupakan tempat wisata masyarakat. Anda bisa menemui banyak peninggalan militer di Panca Arga. Salah satunya adalah meriam dan alat perang lain bekas perlawanan dengan Belanda.

23. Pecinan Magelang

Pecinan berada di Jalan Pemuda Magelang. Disebut juga sebagai Malioboronya Magelang. Letak Pecinan berada di tengah Kota Magelang. Berada sejalan dengan alun-alun Kota Magelang. Disini anda bisa membeli oleh-oleh khas Magelang. Tentu saja dengan harga lebih murah dibandingkan dengan toko suvenir lainnya. Selain toko suvenir juda ada restauran dan pertokoan lainnya. Jika anda ke Magelang anda harus mampir kesini agar bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga atau teman anda.

24. Candi Mendut

Tempat Wisata di Magelang lainnya adalah Candi Mendut. Candi yang berada paling timur di antara garis lurus ketiga candi lainnya. Terdapat tiga arca di dalamnya. Tiga arca tersebut berada di altar yang terletak di dalam sebuah ruangan. Keadaan ketiga arca Budha ini masih utuh hingga saat ini. Reliefnya juga masih utuh dan terlihat jelas. Tokoh-tokoh binatang yang diperankan dalam relief tersebut berisikan nilai moral bagi masyarakat. Candi tersebut pernah dipugar beberapa kali oleh Pemerintah. Anda bisa belajar sejarah melalui Candi Mendut ini.

25. Candi Ngawen

Berada di dekat Pasar Muntilan Magelang. Terdiri dari lima candi, namun yang masih utuh hanya satu candi saja. Yang lain sudah runtuh dimakan usia. Karena jauh dari jalan utama Candi ini terasa lokasinya jauh dari jalan. Candi Ngawen berada di pemukiman penduduk dan sawah. Keadaannya masih asri sekali karena berada di lingkungan yang masih asri. Lokasinya berada di Gunung Pring Selain Candi Ngawen ada juga wisata religi para leluhur.

26. Candi Canggal

Nama lain dari Candi Canggal adalah Candi Wukir. Candi ini dinamakan Candi Wukir karena letakna di bukit Wukir. Bukit Wukir sendiri berada di lereng Merapi. Tepatnya di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lokasinya berada di dusun Canggal. Kelurahan Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Merupakan candi peninggalan agama Hindu. Dibangun oleh pemerintahan Dinasti Sanjaya dari zaman Kerajaan Mataram.

27. Candi Selogriyo

Lokasinya terletak di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Magelang. Nama Selogriyo sendiri berasal dari dua kata, Selo dan Griyo. Selo artinya adalah batu. Sedangkan Griyo artinya rumah. Jadi Candi Selogriyo diartikan sebagai rumah dari batu. Bahasa Jawanya dikenal sebagai omah watu. Candi Selogriyo terletak diantara tiga bukit yakni condong, giyanti dan Malang.Berada kira-kira antara 648 mdpl. Akses ke Candi Selo hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

28. Candi Gunung Sari

Terletak di Dusun Gulon, Salam, Magelang, Jawa Tengah. Akses jalan yang bisa ditempuh sangat mudah. Anda bisa mengikuti arah jalan Magelang Yogya km 24. Dari situ anda akan menemukan dusun Gulon. Nah dari situ anda akan menemukan arah menuju Candi Gunung Sari. Meski akses jalannya mudah namun ketika dekat dengan kawasan kendaraan tidak bisa lewat. Anda bisa menitipkan motor atau mobil anda kemudian berjalan kaki menuju lokasi candi. Keindahan Candi Gunung Sari tidak hanya karena candinya, namun juga karena lingkungan sekitarnya yang asri dan subur.

29. Candi Lumbung

Namanya yang unik bernilai historis dan memiliki kesakralan yang tinggi. Lumbung diartikan sebagai tempat penyimpanan bekal makanan atau hasil bumi. Lokasi Candi Lumbung berbeda dengan lokasinya dahulu. Karena takut terkena dampak dari lahar dingin Merapi maka Candi ini dipindahkan. Jaraknya dari lokasi lama ke lokasi baru sekitar 750 meter. Sekarang terletak di Dusun Tlatar, Krowoganan, Sawangan, Magelang. Atap yang candi yang tidak utuh lagi malah mengundang banyak wisatawan. Dilakukan penelitian terhadap reruntuhan yang ada. Jika anda memiliki rasa penasaran yang tinggi anda bisa datang mengunjungi candi ini.

30. Candi Pendem

Berada satu kawasan dengan Candi Lumbung dan Candi Asu. Jika datang kesini anda bisa menemui tiga candi sekaligus. Peninggalan agama Hindu ini masih bisa dinikmati oleh pengunjung. Letaknya berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Dukun, Magelang. Akses ke Candi Pendem agak sulit. Anda hanya bisa berjalan kaki untuk datang ke Candi Pendem. Jalan kaki menuju Candi Pendem melewati persawahan warga. Namun bukan berarti anda harus bergelut dengan lumpur. Anda hanya akan melewati pematang sawah.

31. Pemandian Kali Bening

Beralamat di Desa Payaman Kecamatan Secang. Air Pemandian ini berasal dari mata air yang luas dan jernih. Nama Kali Bening sendiri juga berhubungan dengan mata air yang jernih ini. Orang Jawa mengatakan jernih dengan bening. Kali Bening dipadati pengunjung pada hari libur dan acara adat Jawa. Seperti acara Padusan dan Syawalan. Dulunya Kali Bening menjadi pemandian paling modern di Magelang. Namun seiring waktu Pemandian ini juga terus berbenah. Fasilitas yang diperbanyak antara lain taman bermain dan kebun binatang. Walaupun hewannya sedikit namun anak-anak sudah cukup dengan fasilitas yang ada. Pemandangan sekitar yakni Bukit Sumbing menambah indah Pemandian Kali Bening.

32. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Lokasinya berada di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang. Candi Umbul sendiri adalah peninggalan purbakala. Terkenal dengan air hangat dan air panas. Pemandian Candi Umbul terbagi ke dalam dua kolam. Yakni kolam air hangat dan kolam air tawar. Konon Pemandian Candi Umbul merupakan pemandian para putri raja. Candi Umbul bukan berbentuk candi, melainkan hanya bebatuan. Air yang berasal dari mata air ini asli berunsur panas. Ada pendapat yang mengatakan bahwa pengidap penyakit kulit akan sembuh setelah berendam disini.

33. Air Terjun Kedung Kayangan

Obyek wisata satu ini berada di alur Sungai Pabelan. Alurnya berasal dari dua gunung. Yakni Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Tepatnya berada di perbatasan antara Magelang dan Boyolali. Sedangkan air dari air terjunnya berasal dari Gunung Merbabu. Tinggi air terjunnya mencapai 39 meter. Kadar airnya jernih menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Ketinggian air yang jatuh ke bawah terasa menyegarkan ketika sampai ke tubuh. Anda perlu mencoba suasana senyaman ini.

34. Gardu Pandang Babadan

Gardu Babadan adalah salah satu Tempat Wisata di Magelang yang bernuansa pegunungan. Umumnya wisatawan yang hadir datang untuk melihat gunung. Keindahan panorama pegunungan bisa dilihat melalui Gardu Pandang ini. Tempatnya juga sangat cocok untuk melihat aktifitas Gunung Merapi. Jaraknya 4 km dari Babadan membuat Gardu Pandang ini dapat menjadi tempat yang pas untuk melihat Gunung Merapi. Selain melihat pegunungan anda bisa melihat film yang disiarkan di teater. Film mengenai Volcano diputar disini. Mulai dari aktifitas gunung berapi yang aman hingga berbahaya.

35. Air Terjun Sekar Langit

Ketinggian air terjun ini kurang lebih 30 meter dari permukaan bawah. Lokasinya di Desa Telogorejo Kecamatan Grabag Magelang. Akses jalan menuju lokasi sedikit ekstrem. Jalan aspal yang berliku dan jurang yang curam harus anda lewati sebelum sampai lokasi. Anda bisa menggunakan motor atau mobil untuk mencapai lokasi ini. Setelah sampai di gerbang masuk kurang lebih 500 meter anda sampai di lokasi. Jalan setapak yang naik harus anda lewati. Anda juga harus melewati jembatan yang diitari pohon pinus.

36. Curug Silawe

Curug Silawe berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang. Objek wisata ini tempatnya cukup jauh jika anda tempuh dari Magelang. Akses jalannya juga sulit karena letaknya yang tersembunyi dan berada di lereng gunung. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 500 m dari permukaan laut. Meskipun akses jalannya sulit namun malah menjadi keunikan tersendiri. Karena sulitnya medan yang ditempuh lingkungannya masih asri. Anda akan merasa menyatu dengan alam jika datang ke tempat ini.

37. Kali Progo

Kali Progo memiliki tiga bentuk tantangan arus air. Cukup menantang bagi anda yang menyukai olahraga ekstrem arum jeram. Arus pertama Progo atas berada di belakang hotel puri asri Magelang. Arus ini cocok bagi pemula karena telah dijamin keamanannya. Jarak tempuhnya sekitar 9 km. Kedua Progo Hulu yang dimulai dari Kandangan Tembangan dan berakhir di Jembatan Payaman. Tantangannya akan melewati bebatuan dan dam dengan ketinggian 3 dan 5 meter. Ketiga Progo Bawah merupakan medan tersulit dan hanya untuk yang profesional. Dimulai dari Jembatan Klangon menuju Jembatan Dekso. Debit airnya lumayan besar karena merupakan luapan dari kali terbesar di sekitar Progo

38. Gunung Andong

Puncak Gunung Andong berada pada ketinggian 1,726 mdpl. Lokasinya berada di Kecamatan Ngablak dan Grabag. Jika anda sampai ke puncak anda bisa melihat pemandangan kota Magelang, Ambarawa dan Salatiga. Selain itu anda bisa melihat Gunung Merapi, Sindoro dan Gunung Sumbing. Gunung ini sering dijadikan sebagai latihan pendaki pemula. Karena durasi waktu pendakian sampai puncak hanya membutuhkan sekitar dua jam. Anda bisa mencapai basecamp pendakian dengan menyewa kendaraan atau bisa diantar oleh tukang ojek. Anda hanya perlu membayar Rp. 3000 untuk registrasi pendakian. Sedang jika anda membawa sepeda motor ada tambahan Rp. 3000 untuk parkir dan Rp. 1000 untuk menitipkan helm.

39. Rumah Kamera

Jika anda termasuk dari orang yang suka berfoto anda harus berkunjung kemari. Rumah Kamera merupakan spot foto terbaru di kawasan Majaksingi, Borobudur, Magelang. Pemilik Rumah Kamera adalah Bapak Tanggol Angien Jatie Kusumo. Bangunan ini dijadikan sebagai tempat pameran koleksi pemiliknya. Rumah kamera memiliki bagian bangunan yang unik. Bagian lampu flash slr yang dimanfaatkan sebagai pintu masuk. Mode Pengaturan dan LCD Kamera untuk jendela. Bangunan ini memiliki empat lantai. Ada kursi mungil sebagai tempat istirahat di masing-masing lantai untuk beristirahat. Tiket masuknya hanya Rp. 5000 untuk bisa masuk di kawasan wisata ini. Dari atas lensa anda bisa melihat pemandangan yang indah dari Bukit Menoreh.

40. Desa Candirejo

Candirejo merupakan desa yang masyarakatnya masih melakukan tradisi atau kebudayaan dahulu. Dengan mengelilingi desa Anda akan mengenal tradisi dan kebudayaannya. Dari mulai kesenian, metode pertanian dan kerajinan rakyat. Anda bisa memantau aktifitas sungai untuk menangkap ikan dan bergaul dengan masyarakat nylantrang. Metode pertanian tradisional di Menoreh bisa menjadi salah satu edukasi bagi para wisatawan. Anda bisa menempuh perjalanan ini dengan motor atau mobil. Selain itu anda juga bisa naik angkot atau delman menuju kesana.

41. Telaga Bleder

Telaga ini berada di Desa Ngasinan Kecamatan Grabag Magelang. Udaranya yang sejuk dan tanpa polusi udara akan memanjakan anda. Fasilitas lain yang bisa anda dapatkan antara lain speed boat, becak air dan sepeda air. Danau alami yang akhirnya diberi nama Telaga Bleder berukuran kecil. Asalnya dari tanah yang terisi air dari sumber mata air yang ada di sekitar danau. Wisata danau merupakan wisata yang diciptakan untuk keluarga. Pemerintah tertarik untuk mengelola wisata ini karena sumber mata airnya.

42. Kebun Strawberry

Kebun ini dekat dengan Ketep Pass. Anda akan merasakan liburan yang berbeda jika datang kesini. Kebun Strawberry mengizinkan Anda untuk memetik sendiri buah strawberry langsung dari pohonnya. Petikan Strawberry yang sudah dipetik akan ditimbang agar bisa anda bawa pulang. Namun harganya akan berbeda dengan strawberry yang telah dijual dalam bentuk kemasan. Jika anda memetik sendiri tentunya harganya akan lebih mahal. Dengan berkunjung kemari anda bisa berwisata sambil belajar bagaimana cara berkebun.

43. Bukit Grenden

Merupakan salah satu Tempat Wisata di Magelang yang sedang menjadi pusat perhatian. Kawasan ini termasuk dalam jalur pendakian baru ke Gunung Merapi. Fasilitas spot poto yang diberikan di Bukit ini akan membuat anda semakin menjadi pusat perhatian. Terkenal dengan rumah kurcacinya pengunjung banyak berkunjung disini. Keindahan Bukit Grenden juga karena adanyan hutan pinus nyang menentramkan. Anda bisa melihat sunset dan sunrise dari Bukit Grenden. Anda pasti akan sangat takjub melihat sunset dan sunrise dari ketinggian yang pas.

44. Bukit Sleker Asri

Objek wisata ini merupakan hasil pengelolaan masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Masyarakat memanfaatkan lahan hutan pinus milik perhutani sebagai tempat wisata. Fasilitas yang disediakan antara lain gazebo, jalan setapak di hutan pinus dan area perkemahan yang ada disana. Wahana lain yang disediakan yakni seperti flying fox, rumah pohon dan taman edukasi lalu lintas. Spot foto yang disediakan untuk pengunjung juga banyak. Anak muda banyak yang datang kesini untuk hanya sekedar berfoto dan menikmati kesejukan hutan pinus.

45. Sentra Kebun Durian Candimulyo

Kawasan Candimulyo merupakan kawasan yang terkenal dengan duriannya. Kalau Anda ke Magelang anda harus datang ke tempat ini. Kebun durian bisa menjadi salah satu oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Durian yang dihasilkan merupakan durian dengan kualitas tinggi. Rasanya yang mantap beserta aroma yang sedang akan semakin menggugah rasa ingin memakan durian. Jika anda ingin merasakan sensasi makan durian di pohon yang berbuah lebat maka anda bisa datang di salah satu dusun Candimulyo. Dusun Munung merupakan Dusun yang mengizinkan pengunjung untuk memakan pohon durian di atas pohonnya langsung. Pohon Durian di Candimulyo tidak terlalu tinggi namun banyak buahnya.

46. Curug Grenjengan Kembar

Letak Curug Grenjengan Kembar tersembunyi. Tepatnya di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang. Dinamakan Curug Kembar karena jumlah air terjunnya dua. Dua air terjun ini mengalir indah. Letaknya di kaki Gunung Merbabu. Air yang jatuh dari air terjun ini berasal dari Sungai Cebong. Mata air Sungai Cebong berasal dari Gunung Merbabu. Suasana curug tersebut sangat damai sekali. Bagaimana tidak, pemandangan yang asri semakin memanjakan pengunjung yang datang.

47. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu banyak menjadi pilihan para pendaki Jawa Tengah dan Jogja. Letaknya berada di antara Boyolali, Magelang dan Salatiga. Salah satu jalur pendakian yang bisa dilewati adalah jalur Wekas Magelang. Pendaki yang pernah mendaki ke Gunung Merbabu pasti bisa menjelaskan keindahan pemandangan Gunung Merbabu. Ketinggian Gunung Merbabu kurang lebih 3.145 mdpl. Jika anda seorang pendaki yang handal, anda bisa mencoba datang ke Gunung Merbabu.

48. Gardu Pandang Bukit Barade

Tiket masuk Gardu Pandang Bukit Barade adalah Rp. 5000. Tiketnya sudah termasuk ke dalam biaya parkir. Lokasinya berada di Dusun Sendaren 2 Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur Magelang. Gardu pandang banyak didirikan di Magelang karena banyaknya jajaran pegunungan. Dengan naik ke Gardu Pandang anda bisa menimati keindahan jajaran pegunungan di Magelang.

49. Gardu Pandang Ndlimas

Gardu Pandang Ndlimas berada di Dusun Kwadan Desa Girimulyo Kecamatan Windusari Magelang. Sebagai Gardu Pandang ada juga spot foto yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Spot foto tersebut berasal dari bambu yang dibentuk-bentuk sehingga menarik hati pengunjung. Tempat Wisata di Magelang ini sangat menarik pengunjung. Tiket masuk untuk yang menaiki sepeda motor Rp. 2000. Sedangkan untuk pengendara mobil dimintai biaya Rp. 5000.

50. Spot Selfie Puthuk Mongkrong

Selfie sekarang ini menjadi budaya bagi setiap orang. Tidak tua tidak muda semua suka foto selfie. Salah satu tempat selfie tersebut terletak di Dusun Mijil Desa Giritengah Kecamatan Borobudur Magelang. Tiket Masuk untuk tempat selfie ini murah. Anda hanya akan menghabiskan uang sebesar Rp. 3000 dan Rp. 2000 untuk parkir. Sudah sering ada pengunjung yang berfoto prewedding di tempat ini. Mungkin anda berminat untuk berfoto prewedding disini juga?

Itulah beberapa Tempat Wisata di Magelang yang bisa anda kunjungi ketika datang ke Magelang. Banyaknya wisata bersejarah yang ada akan membuat anda bisa menganggarkan biaya lebih sedikit dibandingkan jika kalian di kota besar. Karena tempat bersejarah dikelola langsung oleh pemerintah.


Posting Komentar untuk "50 Tempat Wisata Di Magelang Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi"