Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami – Apakah sobat pernah mendengar istilah “Senyum itu sedekah yang paling mudah”, nah tentunya jika tersenyum elemen yang sering kali jadi pusat perhatian adalah gigi, mengapa demikian?.

Menurut penelitian, gigi adalah salah satu elemen yang memancarkan energi positif ketika tersenyum dan sungguh disayangkan jika gigi kita terlihat kurang menarik dipandang mata. Untuk itu pada kesempatan kali ini Pustakawan Barru akan coba membahas mengenai tips “Cara Memutihkan Gigi Secara Alami“.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

12 Tips Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

#1. Cara Memutihkan gigi dengan Berkumur Air Putih

Memutihkan gigi tidaklah sesulit yang kita kira kebiasaan berkumur dengan menggunakan air putih ketika sehabis menkonsumsi minuman berwarna, minuman bersoda, teh ataupun kopi dapat membantu mengurangi tinggalnya elemen-elemen pewarna yang dapat merubah warna alami gigi.

#2. Memutihkan gigi dengan Menkonsumsi Banyak Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Tips kedua yang cukup mudah yaitu konsumsilah buah-buahan serta sayur-sayuran yang berperan sebagai pemutih gigi alami seperti wortel, seledri, apel dan buah-buahan lainnya. Untuk mencegah terbentuknya plak pada gigi salah satunya dengan menkonsumsi selada, bayam atau daun seledri, dengan mengunyah buah-buahan dan sayuran di atas dapat membantu menghilangkan plak dan memutihkan gigi.

Baca Juga : 5 Manfaat Wortel Untuk Wajah Dan Kesehatan

#3. Memutihkan gigi dengan menggunakan Apel

Buah Apel adalah salah satu alternatif murah yang bisa digunakan untuk orang yang malas untuk menyikat gigi, buah apel ini dapat bekerja layaknya sikat gigi alami dan serta dapat digunakan sebagai pemutih gigi alami. Gesekan yang dialami oleh gigi dan buah apel dapat mengangkat noda secara alami tanpa merusak gigi.

#4. Memutihkan gigi dengan Menggunakan Stroberi

Mungkin ada sedikit rasa heran pada diri anda mengapa stroberi dapat memutihkan gigi? namun demikian hal ini terbukti secara nyata bahwa buah-buahan jenis ini dapat memutihkan gigi secara alami.

Tata caranya juga cukup sederhana, hanya dengan menggigit buah stroberi dan jika ingin lebih baik ditambahkan dengan menggosok-gosokkan buah ini kebagian gigi kita lalu berkumur air putih untuk menghilangkan rasa manis sisa dari buah stroberi tersebut, sebagai catatan kecil bahwa menkonsumsi buah stroberi terlalu banyak juga dapat membuat enamel gigi rusak karena kandungan zat asam yang cukup tinggi pada buah ini.

#5. Memutihkan gigi dengan Menggunakan Kulit Jeruk Lemon

Buah Lemon juga merupakan salah satu alternative buah selain dari pada stroberi, buah ini sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit sehingga dapat membuatnya menjadi sehat dan kencang, namun demikian buah ini ternyata juga mengandung manfaat untuk gigi yakni dengan mengambil sedikit kulit lemon yang telah terpisah dari daging buahnya lalu kemudian kulit buah ini digosok-gosokan pada gigi kita akan membantu memutihkan gigi secara alami lama waktu peggosokannya kurang lebih 5-7 menit, lalu kemudian berkumur dengan air putih.

#6. Cara Memutihkan gigi dengan menggunakan Baking Soda

Baking soda juga ternyata adalah tips yang ampuh untuk menghilangkan plak dan warna kekuningan pada gigi, menyiapkan Baking soda secukupnya dan mengoleskannya pada permukaan gigi dengan merata dan kemudian dicuci dengan air putih.

Namun perlu diketahui bahwa dalam menggunakan baking soda agar diusahakan tidak terlalu sering, ini dikarenakan baking soda dapat merusak gigi anda, penggunaan baking soda disarankan hanya 1 sampai 2 kali saja dalam kurun waktu sebulan.

#7. Cara Memutihkan gigi dengan menggunakan Keju

Keju merupakan hasil dari proses susu murni yang difermentasi, terkadang keju dikonsumsi oleh seseorang setelah makan makanan berat, fermentasi susu ini (keju) kaya akan kandungan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi.

Karena kebutuhan utama gigi adalah kalsium maka tentulah regenerasi sel-sel gigi membutuhkan kalsium, sehingga penarikan kesimpulan bahwa sel-sel baru gigi yang tumbuh tentu akan lebih putih dibanding sel-sel gigi yang sudah lama (terkena plak ataupun sel-sel yang akan terganti oleh sel-sel yang baru) ini memberikan kesimpulan secara umum bahwa kalsium membuat gigi yang kita miliki akan menjadi kuat dan putih.

#8. Cara Memutihkan gigi dengan menggunakan Siwak

Kandungan kimia kayu siwak yakni pottasium, klorida, sodium bicarbonate, silika, sulfur, fluoride, vitamin C, trimethyl amine, tannins dan beberapa mineral lain dipercaya mampu membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Kandungan kimiawi siwak yang lain serta dipercaya cukup bermanfaat yakni Antibacterial acids, seperti contoh : detergents, abrasive dan astringents, minyak aroma untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut, enzim yang mencegah terbentuknya plak yang berakibat pada radang gusi , dan Anti decay agent (zat anti pembusukan).

Dapat menurunkan jumlah bakteri berbahaya pada mulut yang dimana bakteri ini bisa mempercepat proses pembusukan makanan yang dapat membuat gigi rusak, siwak juga dapat merangsang produksi saliva (air liur) dimana air liur ini merupakan senyawa organik alami mulut yang membantu melindungi dan membersihkan mulut.

Baca Juga : Hati-Hati… Ini Manfaat dan Bahaya Soda/Baking Soda Kue Untuk Wajah

#9. Menggunakan Sedotan saat Meminum minuman yang dapat mengubah warna gigi

Mungkin anda menyangka bahwa kita akan menggunakan sedotan untuk menggosoknya pada gigi kita, namun ternyata sedotan adalah salah satu alternative agar cairan yang dapat beresiko membuat gigi menguning dan berplak adalah salah satu tips manjur untuk menghindari agar cairan tersebut tidak langsung mengenai gigi, penggunaan sedotan saat minum minuman bersoda, teh dan kopi akan dapat membantu menghindari plak pada gigi karena minuman tersebut tidak langsung sampai terkena pada gigi.

#10. Menyikat gigi minimal dua kali sehari

Menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari adalah saran dokter yang sering kali di tampilkan di televise, saran ini adalah saran paling mujarab untuk membuat gigi putih dan cemerlang.

#11. Cara Memutihkan gigi dengan Berhenti Merokok, minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol dapat membuat gigi menjadi kuning, karena zat dalam yang ada dalam keduanya dapat memberikan efek yang sangat besar pada warna dan kualitas gigi kita.

#12. Cara Memutihkan gigi dengan menggunakan Permen karet

Pasti beberapa diantara anda tidak percaya kalau ternyata mengunyah permen karet dapat membuat gigi kita menjadi putih. Yah, betul sekali sebetulnya permen karet dapat memutihkan gigi, akan tetapi tidak semua permen karet dapat memutikan gigi, hanya beberapa jenis permen karet saja, tentunya yang mengandung Xylitol.

Demikianlah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang cukup penting admin Artikel Terkait yang merupakan tips yang telah dicoba berdasarkan pengalaman dan pendapat rekan-rekan.

Namun demikian satu tips akhir yang mungkin tergolong perlu yakni memeriksakan gigi ke dokter adalah salah satu bagian yang perlu untuk melihat perkembangan kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut kita. Dokter gigi juga mampu memberikan tips lain yang mungkin dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memutihkan Gigi Secara Alami"