Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Yang Perlu Dicoba

Wahai para pecinta kuliner, kali ini kita membahas terkait dengan makanan khas daerah yang memiliki keunikan tersendiri, serta memiliki kelezatan yang menggiurkan lidah. Makanan khas Jawa barat khususnya Tasikmalaya memiliki banyak pilihan makanan. Dan jangan lupa berkunjung serta mencicipinya, karena disini anda juga bisa mendapatkan Oleh-oleh khas Tasikmalaya yang lezat.

Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya
Nasi Cikur Tasikmalaya


Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

Berikut ini oleh-oleh yang bisa didapatkan ketika kita berkunjung ke tasikmalaya:

1. Nasi Cikur

Nasi cikur ini dijual di warung sederhana terletak di pertigaan jalan Penyerutan, Jalan Tentara Pelajar. Meskipun begitu soal rasa yang disajikan sungguh menggugah hati. Rasa lezatnya bisa diacungi jempol dengan harga yang relatif murah.

2. Kelontong

Rugi dong jika berkunjung ke suatu daerah tanpa membawa oleh-oleh? Oleh-oleh khas Tasikmalaya ini sangat recommended sekali, makanan bernama Kelontong ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari beras ketan yang kemudian di proses sehingga menjadi makanan camilan yang lezat dan gurih.

3. Tutug Oncom

Makanan ini merupakan makanan asli suku sunda menjadi kuliner khas Tasikmalaya. Biasanya Tutug Oncom disingkat dengan T.O. Makanan ini terbuat dari nasi yang diaduk bersama dengan tambahan oncom goreng maupun oncom bakar. Tidak perlu khawatir, Tutug Oncom juga disediakan dalam bentuk kemasan sebagai bahan oleh-oleh.

4. Rengginang

Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sunda dengan makanan ringan ini. Rengginang merupakan makanan khas yang seringkali disimpan di dalam kaleng bekas roti. Biasanya selalu hadir pada hari-hari besar seperti lebaran ataupun hari besar lainnya. Pasti banyak anda temui di sini, so jangan khawatir, akan mudah mencarinya sebagai Oleh-oleh khas Tasikmalaya untuk di bawa pulang.

5. Sale Pisang

Seperti halnya dengan sale pisang pada umumnya, namun sale pisang khas Tasikmalaya ini memiliki rasa yang khas. Perlu dicoba dan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah. Sale pisang yang di proses dengan cara disisir tipis kemudian di jemur di bawah terik matahari, setelah itu bisa langsung di konsumsi ataupun digoreng terlebih dahulu dengan tepung agar lebih nikmat.

6. Kripik Sukun

Tentunya makanan ringan yang dimiliki Tasikmalaya ini berbeda dengan yang sering kita temui. Di Tasikmalaya sukun yang telah matang lah yang dijadikan bahan untuk membuat keripik. Dengan cara dipotong-potong menjadi bagian kecil, setelah itu di goring dan diberi tambahan bumbu.

7. Martabak Ramayana

Setelah membahas makanan ringan, ternyata di Tasikmalaya juga bisa ditemui makanan yang membuat perut kenyang. Belum lengkap jika pecinta makanan manis tidak mencicipinya. Atau jika tidak ingin dinikmati di lokasi, bisa juga makanan ini dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga di rumah.

8. Payung Geulis

Seperti namanya, payung Geulis ini dalam bahasa Indonesia berarti payung cantik, yang wajib anda jadikan oleh-oleh. Jangan sampai terlewatkan jika berkunjung kesini. Payung Geulis juga merupakan Ikon kota Tasikmalaya. Dengan harga yang relatif murah dan pas di kantong. Harga mulai dari Rp.20.000 hingga Rp.50.000,- dan harga mempengaruhi ukuran.

9. Kelom Geulis

Selain Payung Geulis tersebut, salah satu Ikon Tasikmalaya adalah Kelom Geulis. Ketika anda hendak berkunjung ke Tasikmalaya jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas ini. Kelom Geulis ini dibuat secara manual karena dikerjakan langsung oleh pengrajin.

10. Mie Bakso Laksana

Siapa yang tidak kenal dengan bakso, dari kalangan anak-anak hingga orang tua mayoritas favorit terhadapnya. Di Tasikmalaya akan menemui bakso yang paling enak, yakni Bakso Laksana, bisa ditemui di jalan Pemuda no 05 Tasikmalaya. Memiliki rasa yang khas dan spesial.

Jangan lupa sejenak mampir dan menikmati kuliner Tasikmalaya yang kelezatannya dijamin menggoda lidah. Banyak pula pilihan Oleh-oleh khas Tasikmalaya yang bisa anda temui dan dibawa pulang, dari jenis makanan hingga dalam bentuk barang.

Posting Komentar untuk "10 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Yang Perlu Dicoba"