9 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Anak atau bayi adalah salah satu berkah dan juga kebahagiaan yang diberikan oleh Allah SWT karena keturunan dan juga penerus bangsa ini telah lahir. Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya seperti pendidikannya dan tentunya kesehatannya.

9 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
9 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Memang saat masih bayi sangatlah sulit untuk merawatnya sebab kita harus berhati-hati dan supaya anak dan juga bayi kita tidak mengalami berbagai masalah saat pertumbuhannya. Saat anak atau bayi kita sakit memang akan membuat semua orang tua merasa sedih dan karena saat inilah anda sebagai orang tua diuji.

Seperti misalnya bayi yang mengalami perut kembung tentunya anda harus bisa menyembuhkannya namun bayi tidak bisa mengkonsumsi makanan dan juga minuman karena memang masih belum bisa untuk melakukannya. Beberapa tanda jika bayi anda mengalami perut kembung seperti di bawah ini:

  • Perut keras
  • Menangis
  • Sering buang angin
  • Rewel
  • Sering mengangkat kakinya

dari beberapa tanda di atas anda harus bisa mengetahui dan merasakannya karena anda adalah orang tuanya.

1. Hindari Penggunaan Dot

Penggunaan dot pada bayi bisa menyebabkan bayi sering mengalami perut kembung jadi sebaiknya anda menghindari hal semacam ini. jika bisa lebih baik suapi saja dan jika masih berumur di bawah 6 bulan tentunya lebih baik menggunakan ASI dan jangan pernah menggunakan dot jika bayi masih di bawah umur 1 atau 2 tahun.

2. Gunakan Posisi yang Tepat

Jika anda ingin memberikan ASI atau makanan untuk bayi usahakan kepala sang bayi berada di atas dan tidak sedang dalam posisi tidur. Dan jika anda menggunakan botol maka sebaiknya gunakan posisi vertikal supaya saat bayi sedang menyusu tidak mengalami masalah perut kembung dan pastinya posisi ini harus sering diterapkan untuk bayi.

3. Memijat Dengan Minyak

Tentu saja cara ini pastinya sangat sering dilakukan dan pastinya sangat manjur karena dengan memijat perut sang bayi secara perlahan dapat membuat suhu pada bagian perutnya menjadi lebih hangat dan juga bisa mengatasi masalah perut kembung pada tubuh yang harus anda perhatikan adalah penggunaan minyak yang sesuai untuk bayi dan tidak menimbulkan iritasi atau efek samping pada anak kita.

4. Menggunakan Pakaian yang Pas

Sebagai orang tua anda harus bisa memilihkan pakaian yang pas untuk bayi dan juga anak anda karena jika ukurannya terlalu kecil pastinya dapat menyebabkan berbagai masalah dan juga dapat menimbulkan perut kembung karena tekanan dari pakaian yang ketat tersebut lalu bayi akan mulai merengek dan rewel. Jadi anda harus bisa memilihkannya yang pas jangan terlalu besar juga karena tidak baik. Untuk penggunaan pampers pun harus yang pas dan tidak terlalu ketat supaya bayi tidak merasa kesakitan.

5. Menggunakan Air Hangat

Jika bayi anda mengalami masalah seperti perut kembung maka sebaiknya anda menggunakan air hangat untuk mengatasinya dan juga jika bisa mandikan bayi anda dengan air hangat supaya perut kembung bisa teratasi dan juga bayi anda terbebas dari perut kembung. Tentunya jika bayi sakit pasti akan rewel dan membuat anda merasa stress oleh sebab itu sebaiknya anda mengetahui dan bertanya pada orang tua.

6. Menepuk Secara Perlahan Punggung Bayi

Cara ini biasanya dilakukan tapi tentu saja tidak perlu dilakukan secara berlebihan karena bayi tidak memiliki kulit yang keras seperti anda dan masih sangat rawan. Sebaiknya anda menepuknya beberapa kali saja dan lebih baik memijat punggungnya secara perlahan atau dengan menurutnya supaya bayi bisa bersendawa dan terbebas dari masalah perut kembung tersebut.

7. Menghindari Makanan yang Mengandung Gas

Tiap makanan tentu saja mengandung gas jadi anda harus memilih dengan jeli mana makanan untuk bayi atau susu mana yang tidak menyebabkan perut bayi menjadi kembung. Memang biasanya susu formula yang mahal sangat cocok dengan bayi kita tapi sebaiknya cukupkan saja dengan kantong anda dan tidak perlu memaksakan namun jika anda berpikir lain boleh saja membeli yang mahal karena semua demi yang terbaik untuk anak anda.

8. Selalu Benarkan Posisi Bayi

Bayi akan selalu berguling-guling dan bisa membuat perutnya menjadi kembung karena tekanan semacam itu sebagai orang tua memang harus tanggap dan selalu sigap membenarkan posisi bayi supaya tidak salah bergerak dan juga tidak membuatnya menjadi keseleo. Tugas orang tua memang berat namun ini adalah bagian terbaik saat menjadi orang tua.

9. Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi Oleh Sang Ibu

Jika sang ibu tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya maka jelas kandungan ASI bisa membuat perut menjadi kembung oleh sebab inilah anda harus mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan dan juga makanan yang bisa membuat ASI menjadi lebih berkualitas.

Merawat bayi adalah hal yang sangat menyenangkan dan juga menjadi salah satu pengalaman terbaik menjadi seorang ibu dan pastinya bisa membuat kita menjadi lebih berpengalaman jika anda menginginkan anak kedua atau ketiga.

Salam Sehat Selalu

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak