Kiat Cari Kerja Sesuai Potensi Diri

Kita semua tentu tidak berpikir untuk terus-menerus bersekolah, bukan? Ada saatnya untuk cari kerja, membuat lamaran, mengirim ke perusahaan yang diharapkan, dan kemudian menunggu hasilnya. Prosesnya memang kelihatan gampang, namun menjalaninya ternyata cukup penuh tantangan.

Baca Juga : 4 Tips Ampuh Dalam Menyesuaikan Diri dengan Suasana Kerja

Mencari lowongan pekerjaan membutuhkan semangat dan usaha yang rutin dilakukan, seperti mencari informasi setiap harinya mengenai lowongan yang terbuka, terlebih jika berkesempatan untuk langsung melakukan wawancara.

Lowongan disampaikan dari satu perusahaan hingga perusahaan-perusahaan lainnya. Terus berusaha demi menuai hasil dari pendidikan yang selama ini telah diperjuangkan. Meskipun demikian, seringkali kesempatan yang sudah dimanfaatkan sebaik mungkin tidak memberikan hasil yang sesuai keinginan. Bagaimana Anda dapat menanggapi hal tersebut?

Kiat Cari Kerja Sesuai Potensi Diri
Kiat Cari Kerja Sesuai Potensi Diri

Faktor Penting yang Wajib Dipertimbangkan Saat Cari Kerja

1. Faktor Kompetensi

Seseorang yang memang dinilai berkompeten pada suatu lowongan pekerjaan pastilah kemungkinan besar diterima. Perusahaan tentu mencari orang yang layak untuk menduduki posisi tersebut dan bukannya yang hanya sekedar mencoba saja. Di sinilah persaingan ketat berlangsung.

2. Faktor Keberuntungan

Terkadang kita melihat bahwa ada seseorang yang lebih unggul namun justru tidak diterima dan sebaliknya diraih oleh orang yang berkemampuan standar. Fakta ini dapat terjadi berdasarkan keberuntungan yang dimiliki seseorang. Kehendak Tuhan tentu lebih berkuasa ketimbang kehebatan manusia. Pertahankan keikhlasan dan kesabaran seraya berjuang menemukan jalan kesuksesan karena keberuntungan tidak dapat bertahan selama-lamanya. Jadi, apa yang harus Anda lakukan agar upaya cari kerja tersebut tidak berakhir sia-sia? Menggali potensi diri sendiri. Banyak orang yang tidak menemukan potensi sesungguhnya dalam diri mereka karena tidak berusaha menggalinya.

Baca Juga : Belajar Mencari Penghasilan Lewat Google

Mencari kelebihan diri sendiri bukan berarti menyombongkan diri. Seringkali orang mengaitkan antara kelebihan dengan kesombongan sehingga seseorang tersebut hanya terfokus pada kekurangan. Kebiasaan seperti ini tanpa disadari telah menjadi kendala menuju keberhasilan. Mulailah mencari kelebihan Anda. Mulailah menggali potensi dalam diri Anda. Bagaimana caranya?

3. Minat dan Hobi

Potensi diri pada umumnya berkaitan dengan minat dan hobi. Apa hubungannya? Hobi merupakan suatu kegiatan yang tentunya sangat Anda minati dan rela melakukan meski tanpa imbalan. Kegiatan yang dianggap sebagai hobi juga pastilah dilakukan semaksimal mungkin. Nah, di situlah letak potensi diri Anda. Anda dapat berpotensi dalam kegiatan yang memang Anda minati atau bahkan Anda jadikan sebagai hobi.

Salah satu contohnya adalah menjadi pemain sepak bola. Jika Anda memang hobi dalam kegiatan tersebut, Anda akan berupaya sebisa mungkin memiliki perlengkapan seperti sepatu, bola, dan alat keamanan lainnya. Anda juga senang untuk berlatih secara rutin hingga benar-benar menguasainya.

Begitu juga halnya dengan pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan dengan perasaan bahagia dan senang dapat lebih mudah diselesaikan secara maksimal. Bekerja dengan perasaan terpaksa sangat tidak efektif dan meskipun terkadang bagus hasilnya, tidak akan bertahan lama.

Tidak heran jika terdapat istilah 4E, yaitu enjoy, easy, excellent, dan earn. Ketika Anda dapat menikmati pekerjaan, Anda bisa melakukan dan menyelesaikannya dengan lebih mudah. Kemudahan tersebut membuat pekerjaan selesai dengan maksimal dan akhirnya menghasilkan pendapatan yang memuaskan pula. Jadi, temukanlah apa yang sesungguhnya menjadi minat dan hobi Anda sebelum memulai cari kerja.

Baca Juga : Peluang Usaha Menjanjikan Modal Kecil Minim Pesaing

4. Membaca dan Merasakan

Wawasan yang dimiliki sangat menentukan potensi diri. Bagaimana mungkin Anda dapat memaksimalkan potensi Anda jika sama sekali tidak membuka diri terhadap wawasan? Bisa jadi semakin banyak membaca dan melihat, Anda dapat semakin merasakan apakah Anda mampu di dalamnya. Pertahankanlah kebiasaan membaca dan gali informasi dari berbagai media seperti internet, televisi, radio, surat kabar, dan sebagainya.

5. Berani Mencoba

Anda tidak akan pernah bisa melakukan sesuatu sebelum benar-benar mencobanya. Teori saja tidak cukup. Jadi, jangan batasi diri Anda hanya sekedar tahu saja, tetapi juga berani mencoba hal-hal baru.

Menggali potensi diri sendiri memang tidak mudah. Sebaiknya, hal ini juga Anda bicarakan dengan orang-orang terdekat. Kita mungkin tidak sadar akan potensi tersebut, namun orang lain dapat melihatnya. Dengan memaksimalkan kemampuan dan potensi, Anda akan siap untuk cari kerja.

0 Komentar