20+ Tempat Wisata Barru Terbaru yang Sedang Hits dan Instagramable

ADMIN
0
Tempat Wisata Kabupaten Barru yang Paling Menarik dan Populer Untuk Dikunjungi


Bagi Anda yang berencana liburan ke Barru, gak perlu bingung mencari tempat wisata di Kabupaten Barru yang populer dan paling menarik yang bisa Anda kunjungi beserta keluarga baik hanya untuk sekedar berlibur menghilangkan kepenatan maupun buat hunting view spot yang instagramable dan bikin ketagihan.


Sebelum menyaksikan keindahan objek wisata yang ada di Kabupaten Barru, tak ada salahnya terlebih dahulu mengenal sedikit tentang Wilayah ini. Barru atau yang dikenal dengan sebutan Kota Hibrida (Hijau, Bersih, Asri dan Indah) adalah merupakan salah satu Kabupaten dalam ruang lingkup Kepulauan Sulawesi yang secara administratif terletak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sul-Sel).


Tempat Wisata Kabupaten Barru yang Paling Menarik dan Populer


Panorama alam yang indah serta menawan di Kabupaten Barru memang tidak bisa di ragukan lagi. Selain kaya akan pesona alam, Kabupaten Barru juga dikenal memiliki beberapa objek wisata pantai Barru serta wisata buatan berupa taman wisata, waterpark dan tempat bersejarah yang wajib masuk dalam daftar tempat wisata Kabupaten Barru yang wajib Anda kunjungi.


Nah, penasaran seperti apa tempat wisata Kabupaten Barru yang paling menarik dan populer yang bisa menjadi referensi Anda ketika ingin berlibur di Kabupaten Barru bersama keluarga atau teman.


1. Diana Waterpark Barru


Diana Waterpark Barru
Diana Waterpark Barru


Diana Waterpark Barru merupakan wahana wisata air yang terletak di Dusun Bulu Dua, Desa Balusu, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.


Selengkapnya tentang Diana Waterpark Jadi Destinasi Wisata Baru yang Lagi Hits di Kabupaten Barru

2. Pulau Dutungang


Pulau dengan luas sekitar 9 Ha ini memiliki hamparan pasir putih yang indah di sisi luarnya. Dengan dikelilingi pemandangan laut yang biru anda dijamin akan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat ini. Berlokasi di Desa Cilelang sekitar 48 Km dari Kota Baru. Pulau Dutungang adalah pulau yang berada di desa Cilellang yang berjarak 48 Km dari Ibukota Kab.Barru, Luas Pulau sekitar 9 hektar dan dipadukan dengan Hamparan Pasir putih di Pesisirnya. 


Pulau Dutungang
Pulau Dutungan Palanro


Fasilitas yang ada di Objek Wisata ini cukup Menjanjikan di antaranya...Terdapatnya COTTAGE sebanyak 10 unit dengan Desain Tradisional Bugis. Jika anda yang Hobby kuliner tenang saja di sini terdapat Restoran yang Mempunyai Menu Lokal maupun Mancanegara. Pulau ini sangatlah Unik dengan Sentuhan Bercitra Klasik dipadu dengan Fasilitas yang Lengkap dan Lingkungan Serba Asri, Serta Pemandangan Laut yang menyejukkan Hati dan Mata anda yang akan Membuat kita Enggan tuk Beranjak dari Pulau Dutungan.


Selengkapnya Mengenal Pulau Dutungan Palanro, Wisata Nan Indah Di Kabupaten Barru



3. Air Terjun Waesay


Air Terjun Waesay
Air Terjun Waesay


Tempat ini memiliki potensi debit air yang cukup besar dan tidak pernah kering pada musim kemarau sekalipun, air terjun setinggi 25 meter juga didukung oleh panorama alam yang sangat indah dan udara yang dingin dan bersih. Disekitar lokasi juga terdapat situs sejarah yang memiliki artefak peralatan batu warisan sejarah masa lampau. Terletak di Kelurahan Lompo Riaja, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.



4. Pantai Wisata Ujung Batu


Keindahan pasir putih Pantai Ujung Batu sudah cukup dikenal masyarakat Barru dan sekitarnya. Ujung Batu terletak di kelurahan Sumpang Binangae, berjarak 2 Km dari ibukota Kabupaten. Lokasi ini memiliki bibir pantai yang indah dan landai dengan hamparan pasir yang luas sebagai sarana untuk berjemur. Dari lokasi ini dapat pula disaksikan perahu-perahu nelayan dengan berbagai aksesorisnya. Obyek ini selain memiliki view yang eksotis, juga didukung oleh infrastruktur jalan yang baik dan dekat dengan sentra perekonomian. 


Wisata Pantai Ujung Batu
Wisata Pantai Ujung Batu


UJUNG BATU adalah Salah satu tempat bersantai masyarakat Barru dan menjadi salah satu Pusat Nongkrong Anak Muda Kab. Barru. Eksotisme pantai ini begitu memesona. Tak heran jika setiap Sabtu dan Minggu tempat ini selalu ramai dikunjungi para penikmat wisata laut. Waktu paling ramai adalah di malam minggu. Paling Enak Nongkrong Di tempat Ini...Apalagi Ditemani jajanan Yang Khas dengan Angin Pantai... Mereka tidak hanya datang dari Barru, tapi juga kabupaten luar. Seperti Pangkep, Maros, Parepare bahkan dari Makassar. 


Selain karena keindahannya, Pantai Ujung Batu juga menjadi salah satu etape terakhir perjalanan Sandeq Race dari Majene sebelum finish di Pantai Losari Makassar. Turis mancanegara lebih sering menyaksikan Sandeq Race semalam di Ujung Batu. Meski pantai ini belum dilengkapi fasilitas penginapan dan peralatan seperti alat penyelaman, perahu , speed boat dan banana boat, namun pengunjung sangat merasakan keindahan pasir dan ketenangan ombaknya. Daya tarik Pantai Ujung Batu memang menjadi milik warga luar kota Barru di hari libur. 


Meski begitu, kalangan anak muda dan pelajar banyak yang memanfaatkan waktu senja untuk menikmati sunset sembari mengabadikan keindahannya melalui kamera. Beberapa pengunjung wisata pantai di Ujung Batu mengaku ingin berlama-lama setiap mengunjungi tempat ini. Gelombang lautnya yang tenang dan pantainya yang dangkal, membuat pengunjung bersama keluarga tidak terlalu khawatir bila membawa anak kecil sekalipun. Selain itu banyak juga pengunjung yang ingin menikmati ikan segar di sekitar pantai. Maklum, lokasi pelelangan ikan dekat dengan pantai sehingga mudah mendapatkan ikan segar. Biasanya wisata keluarga bertambah nikmat sembari menikmati ikan bakar.


5. Pantai Kupa


Pantai Kupa
Pantai Kupa

Ekotorism Mallusetasi adalah perpaduan antara beberapa obyek wisata yang berada dalam satu lokasi terletak di Desa Kupa, Lokasinya berjarak 34 Km dari Kota Barru.


6. Pantai Labuangnge


Pantai Labuangnge
Pantai Labuangnge


Pantai Labuangnge adalah salah satu tempat wisata Pantai di Barru yang terletak di Desa Bojo baru, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru.


Lokasi Pantai Labuangnge berjarak sekitar 30 Km dari Kota Barru dan 130 Km dari Kota Makassar.


7. Saoraja Lapinceng


Sulawesi Selatan selalu menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan karena potensi alamnya yang menarik dan kayanya wisata sejarah yang ada di sana. Salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi adalah Rumah Adat Saoraja Lapinceng. Rumah yang dibangun pada tahun 1895, tepatnya masa pemerintahan Andi Muhammad Saleh Dg. Parani ini menyimpan kekayaan tradisi dan sejarah masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Kerajaan Balusu di Kabupaten Barru.

Rumah Adat Saoraja Lapinceng
Rumah Adat Saoraja Lapinceng


Jika dilihat dari sejarahnya, Rumah Adat Saoraja Lapinceng merupakan saksi bisu perjuangan Kerajaan Balusu menentang penjajahan Belanda. Pada masa pemerintahan Andi Muhammad Saleh Dg. Parani, Kerajaan Balusu dikenal memiliki keadaan yang aman dan damai. Beliau juga terkenal sebagai Raja yang gagah berani yang membuatnya diberi gelar ‘Petta Sulle Datue’.


Rumah Adat Saoraja Lapinceng berada di Lapasu, Kecamatan Balusu. Letaknya sendiri berjarak sekitar 17 km kearah utara dari Kabupaten Barru. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua untuk mengunjungi lokasi objek wisata ini.


Objek wisata Rumah Adat Saoraja Lapinceng terdiri dari 6 petak dengan luas bangunan 35x12 m. Jumlah tiang yang menopang rumah ini ada 35 buah dengan ukuran masing-masing 35x35 cm. Selain itu, masih terdapat beberapa bangunan di dalam Rumah Adat Saoraja Lapinceng, seperti rumah jaga, bangunan panggung pementasan, bangunan kamar mandi dan sumur.


Baca Juga : Saoraja La Pinceng, Istana Kerajaan Balusu Saksi Perjuangan Melawan Penjajah Belanda

 

 8. The Green HighLand Lappa Laona


The Green HighLand Lappa Laona
The Green HighLand Lappa Laona 

Wisata Barru Lappa Laona adalah merupakan wisata puncak yang terletak di Desa Harapan Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Padang atau lappa laona adalah hamparan padang rumput yang hijau dan bukit serta danau.



9. Bola Pitue


Bola Pitue
Bola Pitue

Bola Pitue atau dalam bahasa Indonesianya "tujuh rumah" adalah sebuah lokasi wisata yang memiliki makna tersendiri bagi Kabupaten Barru. Bola Pitue berlokasi di Sebelah Utara Angkringan Lingkungan Padongko, Kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru Kabupaten Barru. 


Selengkapnya tentang Bola Pitue Padongko, Destinasi Wisata Baru Kabupaten Barru

 

10. Wisata Pantai Padongko 


Wisata Pantai Padongko
Pantai Padongko

Pantai Padongko berada di Lingkungan Padongko, Kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan berseberangan dengan Taman Wisata Bola Pitue.

11.  Taman Eduwisata Unhas


Taman Eduwisata Unhas
Taman Eduwisata Unhas
Taman Eduwisata ini berada di Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.


Selengkapnya tentang Taman Wisata Crab Park Barru, Berwisata Sembari Menikmati Lezatnya Kepiting Soka

 

12.  Kawasan Hutan Pinus Lajoangin


Kawasan Hutan Pinus Lajoangin
Kawasan Hutan Pinus Lajoangin


Kawasan Wisata Hutan Pinus Lajoangin ini berada di Dusun Lajoangin, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.


13. Air Terjun Wae Mabuange


Air Terjun Wae Mabuange
Air Terjun Wae Mabuange Manuba


Air Terjun Wae Mabuange berlokasi di Desa Manuba, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.


14. Monumen Paccekke Barru


Monumen Paccekke Barru
Monumen Paccekke Barru


Monumen Paccekke berada di Desa paccekke, Kecamatan Soppeng Riaja, kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.


15. Embung Paccekke


Embung Paccekke
Wisata Embung Paccekke


Embung wisata di Desa Paccekke, Kecamatan Soppeng Riaja, Barru juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di Kabupaten Barru. Tempat wisata ini berada sekitar 4 Km dari Monumen Paccekke.


16. Pantai Laguna Pucue Barru


Pantai Laguna
Pantai Laguna


Selain wisata Pantai Ujung Batu, Pantai Laguna yang berada di Desa Pao-Pao, Kecamatan Tanete Rilau juga menjadi tempat wisata Kabupaten Barru yang populer dikunjungi. Di sini Anda bisa menunggu sunsest sembari menikmati minuman Es Kelapa segar. Tiket masuk ke lokasi ini 2rb perkendaraan.


17. Wisata Mangrove Pulau Pannikiang


Wisata Mangrove Pulau Pannikiang
Wisata Mangrove Pulau Pannikiang


Wisata Mangrove ini berada di Pulau Pannikiang, Kelurahan Madello, Kecamatan Balusu, kabupaten Barru.


18. Air Terjun Sarang Burung


Air Terjun Sarang Burung
Air Terjun Sarang Burung



Air Terjun Sarang Burung ini berada di Desa Binuang, Kecamatan Balusu, kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan


19. Wisata Celebes Canyon


Wisata Celebes Canyon
Wisata Celebes Canyon


Wisata Celebes Canyon berada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.


20. Wisata Air Terjun To Magelli


Wisata Air Terjun To Magelli
Wisata Air Terjun To Magelli


Wisata Air Terjun To Magelli ini berada di Dusun Panasa, Desa Kamiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)