5 Tips Penting Agar Terhindar dari Kemiskinan

Daftar Isi

5 Tips Penting Agar Terhindar dari Kemiskinan - Semua orang pasti mengharapkan hidup yang kaya dan mapan. Tidak ada orang yang ingin hidup dengan menanggung kemiskinan dan sengsara. Ketika kehidupan Anda sudah baik dari segi finansial, maka Anda bisa mencukupi kebutuhan pribadi, keluarga, atau bahkan yang lebih baik lagi Anda bisa membantu orang lain yang kurang mampu. 

Baca Juga : Amalan Mujarab Lancarkan Rezeki ala Rasulullah SAW

Namun untuk menjadi kaya dan mapan tidak semudah kelihatannya. Banyak hal yang harus dilakukan dan tentunya banyak rintangan yang harus dilalui. Kesabaran, kerja keras, dan ketelatenan dibutuhkan setiap orang untuk mencapai tujuannya ini. Jadi, sampai di sini tentunya semua setuju jika setiap orang pasti ingin sukses, dan berusaha mencari tahu bagaimana solusi terbaik untuk menangkal miskin dan sekaligus agar kesuksesan yang sudah di raih bisa bertahan selamanya.

5 Tips Penting Agar Terhindar dari Kemiskinan


5 Tips Penting Agar Terhindar dari Kemiskinan

1.  Menabung

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda adalah dengan cara menabung. Tidak peduli berapapun gaji Anda sisihkanlah uang tersebut untuk menabung. Jangan sekali – sekali mengambil uang tabungan ini untuk kebutuhan sehari - hari.

Baca Juga : Jemputlah Rezeki Yang Telah Diberikan Allah SWT

Orang yang rajin menabung cenderung memiliki kondisi finansial yang bagus karena mereka tidak pernah kekurangan ketika muncul kebutuhan yang mendadak. Selain itu orang yang gemar menabung juga memiliki jaminan masa depan. Mereka lebih siap menyambut segala kebutuhan di masa depan seperti biaya sekolah anak, kehamilan istri, atau renovasi rumah.

2. Jangan berhutang untuk hal tidak perlu

Berhutang bukanlah hal yang salah. Bahkan di dunia usaha saat ini hutang sudah menjadi hal wajar entah itu untuk modal usaha, atau yang lainnya. Hutang yang seperti ini terhitung hutang yang positif karena selain ada jaminan untuk membayarnya, usaha juga menjadi berkembang.

Berbeda halnya dengan hutang – hutang yang tidak perlu. Seperti hutang kartu kredit atau membeli barang mewah yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini justru bisa membunuh kondisi finansial Anda. Tidak ada jaminan yang bisa memastikan Anda bisa membayar hutang tersebut. Jika Anda tidak bisa membayar, Anda bisa malah kehilangan barang berharga atau bahkan rumah yang sudah dijadikan jaminan sebelumnya.

Baca Juga : Diskusi Bisnis : Adakah Hutang Untuk Usaha?

3. Selalu sedia dana darurat

Tidak ada orang yang bisa memprediksi masa depan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu menyediakan dana darurat jika sewaktu – waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Misalnya, jika suatu saat tiba – tiba salah satu anggota keluarga Anda sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Dalam kondisi seperti ini, dana darurat bisa menyelamatkan finansial Anda. Jika Anda tidak menyiapkannya, hal tersebut malah bisa membawa Anda ke jurang hutang.

4. Rencanakan pengeluaran keuangan dengan cermat

Merencanakan keuangan selama periode tertentu juga bisa menyelamatkan kondisi finansial Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih memonitoring setiap pengeluaran yang terjadi. Selain itu dengan begini Anda juga bisa lebih mengerem pengeluaran untuk hal yang tidak perlu.

Baca Juga : Cara Cepat Mengubah Nasib Dalam 40 Hari Atau Kurang

5. Buat skala prioritas

Sebagai pribadi yang dewasa, menentukan skala prioritas adalah hal yang amat penting. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, sudah bukan waktunya lagi memikirkan tentang gaya dan gengsi, utamakan semua kebutuhan rumah tangga Anda. Begitu pula bagi yang masih singel ataupun mahasiswa. Masa depan adalah hal yang patut untuk diprioritaskan.

Itulah 5 hal yang bisa sebagai wasilah agar terhindar dari kemiskinan. Semoga bermanfaat.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar