Breaking News

Mengenal Tradisi Pesta Panen Birue, Berani Masuk Siap Basah!

Mengenal Tradisi Pesta Panen Birue - Kembali lagi nih dengan dengan sepenggal cerita tentang Kampung adat Birue. Setelah masyarakat Birue memanen padi di sawah, tibalah saatnya mereka menggelar Pesta yang bertajuk Pesta Panen Kampung Adat Birue sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil alam yang mereka dapatkan.

Mengenal Tradisi Pesta Panen Birue, Berani Masuk Siap Basah!
Pesta Panen Birue 2022

Dengan penuh kegembiraan setiap rumah menyajikan makanan hasil alam layaknya lebaran dimasyarakat indonesia. Kemudian para ibu-ibu berpakaian Adat membawa makanan ke tempat sumber mata air untuk di santap bersama.

Acara yang merupakan tradisi turun-temurun ini merupakan bagian yang sudah melekat bagi masyarakat Birue, tak ada yang sibuk dengan smartphone masing-masing, semua larut dengan suasana penuh khidmat.

Tak ketinggalan Ir. Suardi Saleh selaku Bupati dan drg. Hasna Syam anggota DPR RI turut bersuka cita atas keceriaan yang dihadirkan masyarakat Birue.

Salah satu prosesi yang menjadikan pesta panen ini unik adalah prosesi ma'jene-jene atau kegiatan siram-siraman membasahi badan kepada seluruh masyarakat. Ketua adatlah yang terlebih dahulu memulai menyiramkan air kepada masyarakatnya kemudian di ikuti oleh semua yang turut hadir. "Masyarakat percaya bahwa semakin banyak air yang disiramkan maka semakin banyak hujan yang turun untuk membantu kegiatan bertani mereka".

Karna ini adalah lebarannya masyarakat Birue, yah semua bisa mencicipi hidangan 2-3 rumah masyarakat Birue walaupun yang berkunjung tidak kenal satu sama lain

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close