Perbedaan Antara Pekerjaan dan Karir

Perbedaan antara pekerjaan dan karir, sudahkah Anda mengetahui keduanya? Kebanyakan orang mengira bahwa pekerjaan dan karir itu sama saja padahal pada faktanya keduanya serupa tapi tak sama. Persamaan antara pekerjaan dan karir sendiri adalah keduanya merupakan mata pencaharian. Namun tahukah Anda bahwa orang yang punya karir berarti sudah punya pekerjaan, namun mereka yang punya pekerjaan belum tentu punya karir.

Perbedaan Antara Pekerjaan dan Karir

Mari kita mengenal lebih dahulu definisi pekerjaan dan karir agar semakin mengenal perbedaan dan persamaannya. Pekerjaan adalah rutinitas harian yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan nafkah demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Kebutuhan yang dimaksud tersebut mencakup sandang, pangan, pernaungan, pendidikan juga kesehatan.

Baca Juga : Peluang Karir Dalam Dunia Pendidikan

Sementara itu karir merupakan pekerjaan yang punya kriteria jenjang peningkatan yang cukup jelas dalam periode yang dapat Anda prediksi. Peningkatan tersebut tentu berhubungan dengan penghasilan yang semakin meningkat pula.

Kita bisa perhatikan orang-orang yang ada di sekitar kita yang punya pekerjaan, tentu mereka memang lebih baik daripada yang sama sekali tidak punya pekerjaan sama sekali. Namun walaupun begitu, sayang sekali mereka tidak punya karir yang jelas untuk ke masa mendatang. Beberapa contoh pekerjaan yang tidak ada peningkatan karir antara lain adalah buruh tani, tukang becak, pelinting rokok, pemulung dan lainnya. Sementara itu, pekerjaan yang punya peningkatan karir adalah ahli mekanik kendaraan bermotor – yakni mulai dari pekerja magang, menjadi montir ahli, dan kemudian menjadi pemilik bengkel.

Jika kita mengerjakan pekerjaan yang sama selama bertahun-tahun tanpa ada peningkatan kerja dan itu berarti berimbas pula terhadap gaji -berarti kita tidak mengalami peningkatan karir. Penghasilan bisa jadi stagnan apabila tidak ada perubahan tanggung jawab dan kemampuan yang kita lakukan dalam sebuah pekerjaan.

Padahal sebenarnya karir dapat menjadi semakin cemerlang dengan kita punya kemauan dan usaha keras dari diri sendiri. Jadi kesuksesan dalam memiliki karir ditentukan oleh diri sendiri, bukan orang lain. Namun begitu, tetaplah menganggap bahwa semua pekerjaan yang Anda peroleh adalah sebuah anugerah terlebih dahulu.

Antara Pekerjaan dan Karir

Tidak mudah dan tidak sulit juga untuk meraih karir cemerlang. Hal ini terkait dengan semangat yang mula-mula tinggi pada awal bekerja namun hal itu mulai pudar seraya waktu berlalu Anda bekerja. Anda pun dihadapkan kepada realitas seperti misalnya atasan yang bisa saja pilih kasih, kesempatan minim untuk berkarir, dan pengaruh eksternal lainnya. Mari kita mengenal perbedaan antara pekerjaan dan karir dari segi keamanannya agar semakin siap untuk keduanya.

Baca Juga : Budaya Kerja Positif untuk Meningkatkan Karir

1. Pekerjaan

Dari segi keamanan jika kita berpangku pada pekerjaan saja maka bisa berakibat fatal. Ini dikarenakan Anda bergantung pada perusahaan dan tidak mencoba untuk berkreativitas. Anda hanya puas pada apa yang sudah Anda lakukan tanpa rencana apapun di kedepannya. Inilah yang bisa membuat situasi sangat rawan, apalagi ketika bisa saja perusahaan mengalami penurunan pamor atau bahkan harus tutup.

2. Karir

Sementara itu karir menjanjikan sesuatu yang lebih daripada sekadar pekerjaan. Karir ditentukan oleh keinginan dan kemampuan diri sendiri. Perusahaan merupakan sarana untuk menapaki karir. Jadi Anda bukan bergantung pada perusahaan.

Anda selalu melakukan pengembangan diri dan berupaya mengukir prestasi sebagai pekerja. Dengan begitu, Anda dikenal luas sebagai pekerja yang baik sehingga mampu menarik perhatian perusahaan-perusahaan lain – mungkin?

Kepercayaan diri inilah yang membantu Anda sehingga apapun yang terjadi pada perusahaan, Anda tidak akan kuatir. Malah sebaliknya bisa saja Anda merupakan kunci kembalinya pamor perusahaan? Bukankah ini menambah portofolio?

0 Komentar