9 Software SEO Terbaik Saat Ini

Daftar Isi

Mungkin banyak dari kita yang belum begitu memahami fungsi dan cara pengoperasian software SEO. Secara umum, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimalisasi mesin pencari. Dengan teknik SEO, kita dapat menyiasati mesin pencari seperti Google, MSN, Bing, dan lainnya untuk menampilkan situs tertentu agar tampil di halaman pertama mesin pencari tersebut.


9 Software SEO Terbaik Saat Ini

Semakin banyak orang yang mengunjungi situs tersebut, maka trafik dan keuntungan yang didapat pun akan semakin tinggi. Nah, itulah fungsi dasar SEO yang harus diketahui semua orang, khususnya bagi Anda yang terbiasa melakukan bisnis online. Agar dapat mempermudah para pelaku bisnis digital, maka dibuatlah berbagai jenis perangkat atau tools SEO.


Perangkat SEO tentunya sudah menjadi barang wajib bagi para penggiat bisnis online. Software atau perangkat SEO dapat membantu blog atau situs Anda untuk mendapatkan klik, perhatian masyarakat dunia maya, atau bahkan tampil di halaman pertama mesin pencarian. Tanpa adanya software SEO, segala pekerjaan yang berkaitan dengan pemasaran di dunia maya akan rumit dan merepotkan. Lantas, software SEO apa saja yang banyak digemari para penggiat industri online? Simak ulasan lengkapnya berikut ini


SEMrush


SEMrush banyak diandalkan para pemilik blog dan website berkat keandalannya dalam mendeteksi kata kunci yang banyak dipakai blog kompetitor. Cara kerjanya pun cukup cepat dan praktis. Jadi, daripada Anda harus bekerja secara manual dengan Google Keyword Planner, Anda cukup menyalin URL blog kompetitor ke mesin pencari SEMrush. Dalam hitungan detik, SEMrush akan menunjukkan setiap kata kunci yang digunakan blog kompetitor Anda. Menarik, bukan?


Di samping itu, SEMrush pun punya sejumlah fitur menarik yang membuat para penggunanya ogah mencari pengganti. Salah satu fitur andalan SEMrush adalah Pages. Dengan menu ini, Anda dapat “mengintip” halaman pada blog kompetitor yang paling banyak menghasilkan trafik di mesin pencari.


Selain mampu mendeteksi kata kunci yang paling banyak dipakai blog kompetitor, SEMrush pun dapat membantu Anda membuat kata kunci baru yang potensial melalui menu Phrase match report dan Related Keywords Report.


SEMrush dapat menjadi “dewa penolong” bagi para pemilik blog yang menerapkan sistem monetisasi. Dengan bantuan SEMrush, Anda dapat memperoleh gambaran langkah apa saja yang dinilai efektif dan tidak untuk mengoptimalkan blog demi menghindari trik ataupun usaha yang justru akan membahayakan bisnis Anda. Fitur andalan SEMrush pun terbukti efektif mampu meningkatkan trafik dan keuntungan jangka panjang berkat cara kerjanya yang mampu mendeteksi kata kunci yang orang lain masukkan ke dalam mesin pencari


MOZ


Moz merupakan software SEO berbayar yang juga banyak diandalkan para pelaku bisnis online. Beberapa fitur andalan yang ditawarkan Moz di antaranya: Open Site Explorer, On-Page Optimization, dan Keyword Research.


Salah satu faktor yang membuat Moz banyak digemari adalah keunggulannya dalam menyediakan banyak pilihan perangkat pencari kata kunci. Pada dasarnya, Moz merupakan perangkat yang menggabungkan sejumlah software SEO ternama dalam satu aplikasi. Karena keunggulannya tersebut, pengguna dapat memperoleh banyak trik dan pengetahuan dalam mengoptimalisasi blog ataupun websitenya.


Moz menawarkan banyak fitur dan akses ke berbagai komunitas SEO di dunia maya. Beberapa fitur yang ditawarkan Moz di antaranya:


Notifikasi Mingguan


Setiap minggunya, Moz akan memberi tahu peringkat kata kunci yang sering digunakan pengunjung blog Anda. Di samping itu, Moz pun selalu memberikan informasi mengenai kendala teknis yang dapat menghambat kegiatan operasional blog Anda.


On-Page Optimization


Fitur ini dapat memberikan gambaran langkah apa yang harus Anda tempuh untuk menghindari kesalahan. Moz juga tidak lupa memberikan instruksi bagaimana untuk mengatasi isu-isu teknis yang dapat terjadi pada blog Anda.


Keyword Difficulty Tool


Moz menawarkan analisis mendalam terhadap konten dengan trafik tertinggi di blog Anda. Dengan informasi tersebut, Anda dapat merancang strategi selanjutnya demi memperbaiki kualitas konten dan kata kunci sasaran Anda


Ahrefs


Ahrefs bisa dibilang pemain baru di dunia SEO. Meski masih terbilang baru, software SEO yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Ahrefs memiliki bot dan indeks terbesar yang diklaim berasal dari informasi yang diperoleh melalui triliunan koneksi website. Ahref juga mengklaim bahwa perangkatnya mampu membaharui indeks tersebut setiap 30 menit, sehingga pengguna dapat selalu memperoleh data baru setiap mengakses Ahrefs.


Di samping itu, Ahrefs juga memiliki database peringkat 45 juta kata kunci yang berasal dari 9 negara. Beberapa fitur yang dapat dinikmati para pengguna premium di antaranya:


Site Explorer


Cara kerja Site Explorer Ahrefs pada dasarnya sama dengan fitur serupa yang dimiliki Majestic dan SeoMoz. Anda dapat memilih URL secara spesifik, domain tanpa subdomain, maupun domain yang mencakup seluruh subdomainnya.


New Link


Fitur New Link dapat membantu Anda menemukan tautan bulan sebelumnya ataupun yang baru menjadi tren belakangan ini. New Link dapat memberikan gambaran performa blog Anda pada periode tertentu dan perbandingannya dengan kompetitor Anda.


Lost Link


Dengan fitur Lost Link, Anda dapat mendeteksi link atau tautan yang tidak lagi dimiliki oleh kompetitor Anda. Setelah mendapat laporan mengenai tautan kompetitor tersebut, Anda dapat menghubungi webmaster apakah Anda diizinkan untuk menggunakan tautan tersebut dan mengakuisisinya untuk website Anda


Long Tail Pro


Long Tail Pro bisa jadi merupakan software SEO yang paling mudah dioperasikan. Cukup masukkan kata kunci yang ingin Anda cari, dan Long Tail Pro akan menampilkan sejumlah kata kunci sesuai dengan yang Anda cari. Tampilan antarmukanya pun sederhana, sehingga sangat membantu para pengguna yang baru pertama kali menggunakannya.


Jika dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Market Samurai, Long Tail Pro jauh lebih unggul dalam segi kecepatan pencariannya. Hanya dalam hitungan detik, Long Tail Pro sudah mampu menampilkan hasil pencarian dan analisis kata kunci sesuai dengan yang Anda inginkan.


Salah satu fitur menarik yang dimiliki Long Tail Pro adalah fitur filter research-nya. Dengan fitur ini, Long Tail Pro hanya akan menampilkan hasil pencarian kata kunci yang benar-benar Anda inginkan, contohnya berdasarkan volume pencarian.


Long Tail Pro pun dinilai lebih efektif dalam mencari kata kunci dari beberapa topik sekaligus. Contohnya, Anda dapat memasukkan lima kata kunci berbeda hanya dengan memilih opsi Generate Keywords. Fitur utama yang dimiliki Long Tail Pro pun sangat berjasa dalam membantu jutaan para pemiliki blog dan website. Fitur-fitur unggulan tersebut di antaranya Keyword Research, Rank Checker, dan Competitor Analysis.


Dilihat dari segi harga, Long Tail Pro termasuk salah satu software SEO yang ramah di kantong dan tidak memerlukan biaya tambahan bulanan.


Itulah beberapa software SEO yang banyak digemari saat ini. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menentukan software mana yang paling cocok untuk membantu usaha Anda.

EDY SYAM
EDY SYAM Seorang yang Suka Online, Kuliner dan Travelling.

Posting Komentar