Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Artikel

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

| Juli 08, 2022 WIB

Salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang di kala musim hujan biasanya adalah diare. Ini bisa dikarenakan oleh makanan kurang higienis. Pada waktu Anda diserang penyakit diare maka pada umumnya makanan yang tidak disarankan untuk Anda konsumsi adalah makanan pedas. Namun sebenarnya tidak hanya itu, ada beragam makanan lainnya pula yang sebaiknya Anda harus hindari supaya penyakit diare yang Anda derita tidak semakin parah.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Oleh karena itu, pada saat Anda mengalami penyakit diare, penting bagi Anda untuk memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan agar penyakit diare Anda tidak semakin parah dan menambah runyam keadaan.


Penyakit diare pastinya akan mengganggu aktivitas Anda dan badan cenderung lemas. Anda pun harus menghabiskan waktu hanya untuk bolak-balik ke kamar mandi. Untuk itu, bantu penyembuhan diare Anda selain dengan obat tetapi juga dengan pola makan yang baik. Makanan yang harus dihindari saat diare adalah yang tidak memperburuk sistem kontraksi usus yakni sebagai berikut:


Produk olahan susu


Sudah bukan rahasia lagi jika susu atau produk olahan susu sering kali malah membuat perut mulas, bahkan ketika kita tidak sedang mengalami diare. Diare sendiri mengakibatkan penurunan jumlah enzim laktase yang berguna untuk mencerna laktosa . Nah, laktosa sendiri terkandung di dalam produk susu. Laktosa tentunya akan sulit dicerna yang akhirnya akan menimbulkan gas di perut, perut kembung, mual, serta diare. Maka dari itu, tidak bijaksana untuk mengonsumsi susu selama diare, begitu juga dengan mentega, es krim, dan keju.


Makanan tinggi lemak


Makanan yang mengandung lemak terlalu banyak bisa mempercepat kontraksi pada usus dan mengakibatkan reaksi pada sistem yang sudah sensitif karena diare. Oleh karena itu, sebaiknya saat diare Anda menghindari makanan yang berminyak, bersantan atau pun digoreng.


Makanan yang mengandung gas


Ketika diare maka perut kita akan kembung karena gas, oleh karena itu sebaiknya tidak memperburuknya lagi dengan makanan yang mengandung gas. Makanan-makanan itu antara lain adalah ubi, brokoli, kacang merah, kol, dan sawi yang dikenal dapat menimbulkan gas di dalam usus.


Makanan dengan pemanis buatan


Makanan dengan pemanis buatan atau dikenal juga sebagai makanan bebas gula. Bahan makanan tersebut akan memberikan efek layaknya obat pencahar serta menimbulkan gas serta perut kembung. Anda hanya akan memperparah penyakit diare yang Anda alami dengan mengonsumsinya. Untuk itu sebaiknya berpantang dulu mengonsumsi permen karet bebas gula, soda diet, cokelat atau pun gula pengganti untuk kopi dan teh.


Pada saat diare memang banyak makanan yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan perut dan saluran pencernaan Anda terlalu sensitif untuk menanggapi berbagai makanan yang masuk. Jika Anda tidak memerhatikan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh, yang ada penyakit diare Anda malah semakin buruk dan parah. Untuk itu selain mengonsumsi obat untuk meredakan diare Anda sebaiknya hindari makanan-makanan pemicu ini.


Diare sendiri sebenarnya adalah proses tubuh bereaksi atas ‘kesalahan Anda’ karena mengonsumsi makanan yang tidak bersih atau hal lainnya yang meradangi pencernaan Anda. Jadi, bersabar dan mengendalikan diri terhadap makanan-makanan yang telah disebutkan apalagi jika Anda selama ini menyukainya. Akan sangat baik dalam proses penyembuhan penyakit diare yang Anda alami. Dengan begitu, penyakit diare Anda akan lebih cepat sembuh, bukan malah semakin parah.

×
Berita Terbaru Update