Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Artikel

Tips Memakan Buah dengan Kulitnya

| Juli 14, 2022 WIB

Buah dikenal dengan paket nutrisi yang sangat lengkap, terutama jika Anda mengonsumsi buah tersebut dalam keadaan segar. Warna buah biasanya cerah-cerah dan punya rasa manis yang menyegarkan.


Kemudian secara alami buah rendah akan lemak dan sodium sehingga tidak membuat berat tubuh bertambah, tetapi kita akan mendapatkan segala kandungan seperti vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah secara sempurna terserap ke dalam tubuh.


Buah yang punya kulit keras biasanya memang harus dikupas kemudian dipotong-potong. Tetapi beberapa buah lainnya justru tidak harus dikupas dan malah tidak dianjurkan untuk dikupas. Hal ini dikarenakan nutrisi buah tersebut lebih banyak disimpan di bawah kulit buahnya. Namun mengingat ada sedikit rasa khawatir dalam mengonsumsi buah langsung dengan kulitnya apakah karena merasa tidak bersih dan sebagainya. Berikut beberapa tips memakan buah langsung dengan kulitnya yang bisa Anda coba:


Tips Memakan Buah dengan Kulitnya


Mencuci buah-buahan yang akan dikonsumsi


Satu hal yang pertama dan terutama untuk dilakukan ketika mengonsumsi buah dengan kulitnya adalah mencucinya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu, pestisida, dan bakteri yang menempel di kulit buah tersebut.


Buah organik


Buah organik atau pun non organik sama-sama membuat tubuh sehat, tidak masalah. Namun buah organik akan lebih sedikit terkontaminasi oleh pestisida dalam proses pertumbuhannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memakan buah dengan kulitnya maka pilihlah buah organik.


Makan kulit buah-buahan tertentu


Ada beberapa buah yang justru akan lebih baik lagi jika dikonsumsi dengan kulitnya juga. Salah satu buah tersebut adalah buah apel yang memiliki kandungan serat alami pada kulit buahnya yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan.


Memakan buah segar ketika perut kosong


Memakan buah segar paling baik jika perut masih dalam keadaan kosong, sehingga buah tidak bakal difermentasikan oleh tubuh menjadi asam. Gula buah dan airnya pun akan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.


Tiga porsi setiap harinya


Makan buah segar idealnya adalah dengan batas 2-3 porsi setiap harinya. Ukuran yang dikonsumsi setiap harinya adalah sekitar 80 gram. Ukuran ini sendiri sama dengan satu buah pisang, satu buah apel atau pun satu buah jeruk.


Kandungan nutrisi yang lebih banyak justru ada di jaringan kulit bawah buah ini, untuk itu kita jangan sampai melewatkan bagian ini. Buah pun akan terasa lebih bermanfaat bagi tubuh karena kita tidak kehilangan vitamin dan kandungan lainnya yang terdapat di dalamnya.


Sayang sekali jika mengonsumsi buah namun ternyata kandungan gizinya sudah berkurang atau mungkin sudah tidak ada. Dengan tips memakan buah yang benar maka nutrisi yang Anda dapatkan pun akan sempurna.


Biasanya buah yang dikonsumsi langsung dengan kulitnya adalah buah yang punya kulit tipis. Sebagai contoh buah yang cocok untuk dimakan langsung dengan kulitnya ialah buah anggur, pir, mentimun, dan apel.


Namun tentu perlu diperhatikan beberapa poin yang telah disebutkan di atas agar konsumsi buah tersebut aman dan tidak membahayakan Anda.


Buah yang seharusnya menghasilkan vitamin dan nutrisi penting bagi tubuh, akan tetapi karena Anda tidak tepat dalam mengonsumsinya malah berujung sakit. Memang cukup dimaklumi karena sekarang tidaklah seperti dulu lagi di mana semuanya memang benar-benar segar tanpa pestisida dan sebagainya.

×
Berita Terbaru Update